Berita
- VADS
- Berita
- Pentingnya Omnichannel untuk Memajukan Bisnis B2C
Pentingnya Omnichannel untuk Memajukan Bisnis B2C
09 Februari 2023
Melalui berbagai perkembangan teknologi yang saat ini ada, para pelaku bisnis dimudahkan untuk bisa menjual langsung produknya ke konsumen (end user). Baik bisnis besar maupun kecil, penerapan model business to consumer atau B2C sudah menjadi hal yang lazim.
Tak terkecuali untuk bisnis Anda, model ini juga sangat mungkin untuk dilakukan dengan memanfaatkan berbagai channel penjualan digital yang saat ini tersedia.
Untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik dan kemudahan integrasi antar-channel penjualan, biasanya para pebisnis menggunakan strategi omnichannel. Sudah pernah dengar istilah tersebut sebelumnya? Simak pembahasan lengkap soal omnichannel marketing berikut ini!
Memahami apa itu omnichannel
Sebelum memahami apa itu omnichannel, kita perlu mundur sebentar dan memahami beberapa konsep berikut ini.
Setiap bisnis pasti memiliki channel penjualannya masing-masing. Bisnis Anda mungkin melakukan penjualan melalui toko fisik, toko online, atau keduanya. Nah, kalau bisnis Anda saat ini menjual produk hanya melalui toko fisik atau toko online saja, itu dinamakan dengan channel penjualan. Atau jika lebih spesifik lagi, Anda hanya menjual produk melalui Instagram atau e-commerce. Instagram dan e-commerce inilah yang dinamakan channel.
Namun, jika Anda memiliki toko di beberapa platform sekaligus, seperti Instagram, Facebook, dan e-commerce, itu dinamakan multichannel. Sedangkan jika Anda bisa saling mengintegrasikan berbagai channel penjualan tersebut, maka istilah yang dipakai adalah omnichannel.
Jadi, secara sederhana, omnichannel bisa dimaknai sebagai strategi untuk mengintegrasikan setiap channel penjualan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari mencari informasi produk hingga melakukan pemesanan.
Pentingnya omnichannel untuk memajukan bisnis B2C
Dengan model bisnis B2C yang harus menjangkau langsung konsumen akhir, strategi omnichannel tentu sangat penting untuk dilakukan. Beberapa alasannya adalah seperti berikut ini.
- Memperluas jangkauan bisnis
Melalui strategi omnichannel, bisnis Anda bisa muncul di setiap tempat yang potensial. Ketika calon pelanggan mencari informasi melalui mesin pencari, media sosial, maupun e-commerce, bisnis Anda bisa ditemukan dengan mudah. Karena hal tersebut, jangkauan bisnis Anda juga bisa semakin luas dan tidak terbatas hanya pada beberapa channel saja.
- Meningkatkan segmentasi pelanggan
Perlu diketahui bahwa setiap channel penjualan memiliki karakteristik dan segmentasinya masing-masing. Memposisikan brand di setiap tempat dengan optimal dapat memperluas segmentasi pelanggan Anda. Berkat bantuan konten yang dipersonalisasi, Anda bisa terhubung dengan lebih dekat dengan calon pelanggan yang potensial. Semakin banyaknya pengguna yang berinteraksi dan terhubung dengan bisnis Anda, maka semakin luas juga segmentasi pelanggan yang bisa bisnis Anda miliki. Dengan begitu, ke depannya berbagai strategi marketing bisa dilakukan dengan lebih optimal. Tidak sulit juga nantinya untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal dalam jangka waktu panjang.
- Berbagai media berjalan secara terintegrasi
Omnichannel marketing tidak berbicara soal seberapa banyak channel penjualan yang Anda miliki, tapi juga mencakup seberapa baik channel tersebut saling terintegrasi. Misalnya, ketika pengguna menemukan produk Anda melalui media sosial, mereka bisa menemukan website resmi di bagian bio atau caption. Lalu, ketika mereka menemukan produk Anda melalui mesin pencari, calon pelanggan juga bisa melakukan pembelian di dalam website atau mengunjungi toko online Anda di e-commerce dengan mudah. Integrasi semacam itu memungkinkan Anda untuk memantau performa bisnis dalam satu sistem yang solid dan akurat.
- Mendorong kepuasan pelanggan
Berbagai kemudahan untuk mengakses informasi produk, melakukan transaksi, dan menghubungi Anda dengan cepat menjadi poin plus yang bisa didapatkan dari strategi omnichannel. Melalui berbagai keunggulan tersebut, pelanggan akan mendapatkan kepuasan layanan yang tinggi. Dengan pengalaman pengguna yang maksimal, tidak sulit untuk bisnis Anda berkembang dan mendapatkan kepercayaan mereka dalam jangka waktu panjang. Jadi, pastikan kalau kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi poin utama yang harus selalu ditingkatkan.
- Meningkatkan keuntungan
Lebih banyak channel yang digunakan artinya ada lebih banyak calon pelanggan potensial yang dijangkau. Dalam kondisi tersebu,t maka semakin besar juga peluang penjualan yang bisa Anda dapatkan. Jika dilakukan dengan optimal, maka strategi omnichannel marketing bisa menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan keuntungan. Bukan tidak mungkin, ke depannya Anda tidak perlu keluar biaya tinggi lagi demi mendapatkan pelanggan baru, mengingat brand Anda sudah tersebar dari mulut ke mulut.
Namun, tentu saja beberapa manfaat yang ditawarkan oleh omnichannel tersebut tidak bisa Anda dapatkan secara instan. Perlu effort tinggi dan konsistensi untuk bisa mencapai semua keuntungan tersebut. Nah, supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan layanan omnichannel yang disediakan oleh PT VADS Indonesia.
Selain praktis, VADS juga sudah dipercaya selama lebih dari satu dekade oleh berbagai perusahaan raksasa untuk membantu mengurus omnichannel layanan pelanggannya. Dengan sumber daya profesional yang mumpuni, strategi marketing dan layanan pelanggan Anda akan berjalan lebih optimal dan hemat biaya. Tertarik untuk menerapkan strategi omnichannel marketing pada bisnis Anda? Hubungi VADS sekarang juga!
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020