Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan Perusahaan dengan Pelanggan?

Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan Perusahaan dengan Pelanggan?

09 Maret 2021

Image of Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan Perusahaan dengan Pelanggan?

Pict by Unsplash

Di era yang sudah serba maju saat ini, teknologi dan juga layanan yang diberikan oleh setiap perusahaan merupakan “senjata” utama untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Setiap perusahaan selalu berlomba-lomba untuk menyediakan layanan terbaiknya agar perusahaan yang dijalankan selalu berkembang dan menjadi pilihan utama dari para pelanggan.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga menjadikan faktor utama dalam menjadikannya setiap informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah dan juga fleksibel. Informasi yang dapat diperoleh juga menjadikan point utama agar layanan yang diberikan oleh setiap perusahaan dapat diketahui dengan cepat dan dapat di seleksi oleh  para calon pelanggan untuk dijadikan pilihan utama mereka. Dengan begitu, Contact Center merupakan “jembatan” utama akan terjadinya interaksi dengan para calon pelanggan apabila mereka ingin menanyakan tentang bisnis yang disediakan oleh perusahaan.

Setiap calon pelanggan tentunya ingin mendapatkan kesan pertama yang baik dalam memperoleh layanan yang mereka inginkan. Disinilah peran Contact Center sangatlah penting agar setiap calon customer mendapatkan customer experience yang sempurna. Contact Center harus bisa memberikan pelayanan yang memuaskan seperti menjelaskan dan menjawab pertanyaan seputar produk & layanan yang diberikan, dan tentunya mendengarkan segala keluhan yang dimiliki oleh para pelanggan tersebut. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan Contact Center tanpa batas waktu dan melalui berbagai macam media. Dengan memiliki layanan Contact Center yang baik, pastinya akan meningkatkan segala hubungan dengan para pelanggan dan mungkin para pelanggan akan memberikan feedback berupa mempromosikan secara tidak langsung kepada kerabat terdekatnnya terkait dengan pelayanan Contact Center yang sudah mereka rasakan.

Definisi Contact Center

Contact Center sering kali didefinisikan sebagai suatu “titik kumpul” dimana semua interaksi yang dimiliki dan dilakukan antara perusahaan dengan pelanggan dikelola dalam suatu bisnis yang dilakukan. Contact Center sendiri memiliki kewenangan untuk selalu menjawab panggilan yang dilakukan oleh customer dan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang mereka miliki. Contact Center diketahui menggunakan suatu sistem layanan yang memungkinkan para customer berinteraksi melalui banyak saluran seperti Media Sosial, Email, Website, dan tentunya melalui Telepon. Dalam suatu perusahaan sendiri peran Contact Center amatlah penting. Dengan memiliki pelayanan yang memuaskan dan selalu menyampaikan nilai atau value secara teratur kepada pelanggan, dipastikan pelanggan akan merasa puas terhadap layanan yang diberikan dan tentunya dapat meningkatkan loyalitas dari para pelanggan tersebut.

Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan ?

Dalam suatu bisnis yang dijalankan, tentunya hubungan dengan para pelanggan merupakan salah satu aspek utama untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam bisnis tersebut. Dengan begitu Contact Center mejadi point utama untuk mencapai keberhasilan ini.

  • Memberikan Solusi melalui Variasi Media

Kelebihan dalam penggunaan Contact Center yaitu para customer dapat berinteraksi apabila ingin menanyakan tentang layanan yang diberikan ataupun meminta solusi melalui berbagai macam media. Mereka diberikan banyak pilihan seperti mengirimkan email, melalui direct message sosial media ataupun melalui layanan Chatbot. Dengan begitu para pelanggan dapat lebih mudah untuk berinteraksi kapanpun dan dimanapun serta perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan para pelanggannya atau dengan kata lain dapat terciptanya hubungan dua arah antara perusahaan dengan pelanggan.

  • Mempermudah Mengetahui Riwayat Informasi Pelanggan

Banyaknya media sebagai tempat untuk berinteraksi dengan para pelanggan menjadikan perusahaan akan lebih mudah mengetahui lebih lanjut apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pelanggan. Dengan Contact Center yang sudah dilengkapi oleh sistem yang canggih, sangat mempermudah untuk mengumpulkan segala informasi mengenai segala keluhan yang dimiliki oleh pelanggan dan riwayat mengenai interaksi yang sudah pernah mereka lakukan. Alhasil segala keluhan tersebut akan lebih mudah diselesaikan oleh para agen contact center yang menanganinya dan agen contact center akan lebih mudah menawarkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dari para pelanggan.

Dari manfaat Contact Center diatas, diketahui akan menjadikan segala hubungan yang dimiliki oleh para pelanggan menjadi lebih baik dan tentunya meningkat. VADS Indonesia sendiri menawarkan layanan Contact Center yang terintegrasi dengan berbagai macam media dan juga agen contact center yang selalu menyediakan pelayanan yang dapat meningkatkan hubungan perusahaan Anda dengan para pelanggan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui segala informasi mengenai solusi Contact Center yang kami miliki.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik