Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Intip Media Sosial Trend yang Harus Anda Tahu!

Intip Media Sosial Trend yang Harus Anda Tahu!

07 Januari 2021

Image of Intip Media Sosial Trend yang Harus Anda Tahu!

Pandemi COVID-19 membatasi orang untuk berkumpul dan bertemu dalam jumlah banya. Terdapat peralihan aktivitas dari offline menjadi online salah satunya adalah dalam penggunakan media sosial. Jika perusahaan Anda mengelola akun media sosial, pastinya akan merasa bahwa saatnya Anda menggunakan media sosial lebih intens untuk melayani kebutuhan para pelanggan dan juga audiens dengan tepat dan efisien. Beberapa hal ini merupakan tren yang diperkirakan akan digunakan terutama dalam hal media sosial pada tahun 2021 :

  1. Social Commerce

Di tahun 2021, kompetisi antar pemasar akan menggunakan rangkaian iklan media sosial lebih luas untuk menghubungkan produk dan layanan yang dimiliki ke para pelanggan. Pelanggan dapat melakukan pembelian baru dalam postingan, melalui story, dan juga streaming. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Hootsuite, 73% responden menunjukkan bahwa peningkatan akuisisi pelanggan baru adalah tujuan terpenting dari penggunaan media sosial oleh perusahaan. Sehingga penting menetapkan strategi penjualan melalui media sosial perusahaan.

  1. Live Streaming akan menjadi New Normal

Situasi pandemi COVID-19 membuat semua orang harus bisa menggunakan dan terbiasa dengan kegiatan online sehari-harinya. Meskipun pandemi ini diperkirakan akan membaik di tahun 2021, live streaming akan tetap ada. Pelanggan terbiasa berinteraksi dengan merek secara online dan real time. Mereka bisa melihat produk dan merasakan layanan yang diberikan oleh perusahaan tanpa meninggalkan rumah. Saat ini juga sudah semakin banyak layanan pelanggan yang dilakukan dengan live streaming dan video call seperti pembukaan rekening bank yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

  1. Augmented Reality Semakin Berkembang

Saat ini adopsi Augmented Reality atau AR sudah dikembangkan dibeberapa platform utama seperti Snapgram dan Instagram. Hal ini digunakan untuk meningkatkana konten visual yang dibagikan di media sosial. Teknologi ini mulai dimanfaatkan dan terus dikembangkan. Saat ini tidak terbatas untuk filter foto dan posting serta story yang menarik, perusahaan juga bisa memanfaatkan AR ini untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik kepada para pelanggannya. Tren ini akan terus didorong untuk berkembang  di platform media sosial untuk menambahkan lebih banyak fungsi AR yang bisa digunakan.

  1. Media Sosial sebagai Customer Service

Media sosial sekarang sudah menjadi platform ritel, penemuan produk, dan juga layanan pelanggan. Banyak perusahaan sudah mulai menggunakan media sosial sebagai platform untuk memberikan layanan pelanggan. Perilaku ini dimulai ketika banyak pelanggan mencoba menjangkau perusahaan melalui media sosial karena mungkin kurang tanggapnya melalui saluran lain sehingga cara yang lebih langsung menjangkau perusahaan adalah dengan kontak melalui media sosial.

  1. Disinformasi Digital Semakin Meningkat

Banyak orang yang mengandalkan media sosial sebagai sumber berita, namun hal ini justru berpotensi berbahaya. Talkwalker dalam risetnya mengatakan bahwa disinformasi digital di media sosial terus meningkat sejak Februari 2020 terutama mengenai pandemi COVID-19 dan semakin banyak yang mengakses media sosial sehingga memunculkan peluang untuk penyebaran berita bohong. Selain kesalahan informasi, terdapat pula karangan mengenai teori konspirasi yang meningkat. Berbagai platform media sosial memiliki langkah untuk melawan penyebaran informasi yang salah seperti memberikan label peringatan. Pengendalian disinformasi digital akan terus meningkat sampai tahun 2021 ini.

  1. Semakin Meningkatnya Komunitas di Media Sosial

Walaupun komunitas di media sosial bukan hal yang baru namun akan tetap menjadi lebih populer dibanding dengan tahun sebelumnya. Komunitas media sosial pada dasarnya adalah grup sosial yang dibuat oleh perusahaan atau brand untuk menyediakan platform jaringan bagi pelanggan mereka. Ini biasanya adalah grup pribadi yang dapat diikuti oleh orang-orang yang berpikiran sama untuk membicarakan minat bersama mereka. Perusahaan atau brand juga dapat memanfaatkan komunitas media sosial mereka untuk meluncurkan produk baru, mencari umpan balik dari pelanggan, dan mendapatkan wawasan pelanggan yang berharga.

Apakah perusahaan Anda ingin mengubah strategi media sosial Anda atau hanya mengikuti tren media sosial, beberapa tren tersebut bisa dipertimbangkan untuk membantu Anda dan perusahaan memahami bagaimana pelanggan Anda terlibat dengan media sosial. Tren media sosial akan terus berkembang. Perusahaan harus tetap memastikan bahwa mengikuti tren media sosial terbaru sehingga perusahaan Anda dapat selangkah lebih maju dalam persaingan bisnis. Hubungi marketing@vads.co.id untuk berdiskusi terkait penggunaan media sosial sebagai layanan pelanggan di perusahaan Anda.

 

 

Source :

Cmswire.com

Influencemarketinghub.com

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik