Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Simak Tips Omnichannel Berikut Agar Sukses Dapatkan Pelanggan!

Simak Tips Omnichannel Berikut Agar Sukses Dapatkan Pelanggan!

08 Mei 2023

Image of Simak Tips Omnichannel Berikut Agar Sukses Dapatkan Pelanggan!

Di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, sudah selayaknya sebuah brand membuat channel penjualan di setiap tempat yang potensial. Terlebih, saat ini kita bisa menjual produk bukan hanya melalui toko fisik, tetapi juga banyak sekali channel lain yang dapat dimanfaatkan di ranah online.

Walau begitu, omnichannel tidak hanya berbicara soal seberapa banyak channel yang Anda gunakan untuk menghasilkan penjualan produk. Ini semua mencakup integrasi, personalisasi, dan kemampuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang maksimal kepada calon pelanggan. Penasaran apa saja tips omnichannel agar Anda bisa mendapatkan pelanggan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian omnichannel

Secara sederhana, omnichannel adalah bentuk integrasi beberapa channel sekaligus dalam satu sistem. Dibandingkan bekerja masing-masing, omnichannel memungkinkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda di setiap tempat yang potensial.

Ketika mereka mencari produk Anda di mesin pencari seperti Google, akan muncul website bisnis Anda. Saat mereka mengunjungi website Anda, akan ada link menuju channel lain seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Begitu juga ketika mereka melihat profil akun Instagram bisnis Anda, terdapat link menuju website yang bisa di-klik dengan mudah. Intinya, seluruh channel yang Anda gunakan saling terhubung dengan baik.

Dengan penerapan omnichannel, pengguna dapat dengan mudah berpindah ke setiap channel penjualan yang Anda miliki. Hal-hal seperti itulah yang berkaitan dengan pengertian dari omnichannel.

Manfaat omnichannel

Banyaknya bisnis yang menggunakan metode omnichannel tentu bukan tanpa alasan. Selain dapat meningkatkan penjualan, cara ini terbukti ampuh untuk menghasilkan sejumlah manfaat pada bisnis yang sedang Anda garap, seperti berikut ini.

  1. Memberikan pengalaman positif bagi konsumen

Melalui omnichannel, Anda dapat menjawab semua kebutuhan calon pelanggan dengan baik di setiap tempat yang potensial. Mereka dapat menemukan berbagai informasi hingga melakukan transaksi dengan mudah antara satu channel dengan yang lainnya.

Kemudahan ini tentu menjadi pengalaman positif tersendiri bagi pelanggan, mereka bisa melakukan pembelian dengan cepat tanpa perlu sulit pindah channel. Dengan cara seperti ini juga, Anda akan lebih mudah untuk membangun basis pelanggan yang setia.

  1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Karena informasi soal bisnis atau produk Anda dapat diakses di semua tempat, orang akan lebih mudah mempercayai produk-produk yang Anda tawarkan. Jika kredibilitas perusahaan sudah tinggi, tidak sulit untuk membujuk calon pelanggan potensial untuk membeli produk yang bisnis Anda jual.

  1. Mempermudah pekerjaan

Selain memudahkan pelanggan, strategi omnichannel juga mempermudah Anda sebagai pemilik bisnis untuk memantau performa penjualan dalam satu sistem yang sama.. Dengan begitu, Anda tidak perlu memeriksa setiap channel penjualan satu per satu sehingga aktivitas operasional Anda menjadi lebih efisien.

 

4 Tips sukses menggunakan omnichannel

Meski memiliki sejumlah manfaat yang menguntungkan, hal tersebut tidak akan didapatkan jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Untuk hasil yang maksimal, simak beberapa tips omnichannel sukses di bawah ini terlebih dahulu.

  1. Kenali konsumen

Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu mengenali konsumen terlebih dahulu. Coba analisis bagaimana demografi pembeli di setiap channel penjualan, atau perhatikan apa metode pembayaran yang paling banyak digunakan pada masing-masing channel, kategori produk yang paling banyak dibeli, dan masih banyak lagi.

Dengan memahami konsumen, Anda akan lebih mudah menyesuaikan kampanye marketing dengan kebutuhan dan perilaku konsumen Anda.

  1. Gunakan platform yang tepat

Tidak semua produk bisa dijual di semua tempat. Agar kampanye penjualan yang dilakukan lebih optimal, maka lakukanlah di tempat-tempat yang potensial. Ketahui juga bahwa setiap tempat memiliki karakteristik penggunanya masing-masing, sehingga penting untuk memahami dan menyesuaikan strategi dengan tempat yang Anda pilih.

  1. Kumpulkan tanggapan pelanggan

Demi keperluan pengembangan dan riset pasar, sangat penting bagi bisnis Anda untuk meminta tanggapan pelanggan atas pengalaman, kepuasan, serta kritik dan saran dalam melakukan pembelian produk yang Anda jual. Jangan sungkan membaca review atau bahkan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan feedback sebanyak mungkin dari pelanggan.

  1. Optimasi konten melalui personalisasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap channel punya karakteristik dan demografi penggunanya masing-masing. Jika bisnis Anda tidak menyesuaikannya, maka besar kemungkinan keberadaannya akan diabaikan di platform tersebut.

Misalnya, pengguna di TikTok lebih tertarik dengan konten hiburan, pengguna di Instagram lebih suka dengan konten visual, blog lebih mengutamakan konten tulisan, dan masih banyak lagi. Buatlah konten yang dipersonalisasi untuk setiap channel, namun tidak menghilangkan ciri khas brand yang Anda miliki.

 

Nah, itu dia beberapa tips omnichannel yang perlu Anda ketahui. Jika dilakukan dengan benar, omnichannel akan menjadi salah satu strategi yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Apabila perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola omnichannel,  segera hubungi VADS Indonesia yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari satu dekade melayani berbagai kebutuhan pelanggan. Berpengalaman selama lebih dari satu dekade dalam melayani berbagai kebutuhan pelanggan, VADS Indonesia dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dengan praktis.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik