Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Trend Keamanan yang Harus Diperhatikan di Tahun 2021

5 Trend Keamanan yang Harus Diperhatikan di Tahun 2021

05 Januari 2021

Image of 5 Trend Keamanan yang Harus Diperhatikan di Tahun 2021

Teknologi selalu memiliki trend yang semakin berkembang. Dibalik perkembangan tersebut, keamanan merupakan perhatian utama terutama dalam perusahaan teknologi dan infromasi. Inilah hal yang harus ada diantara pertimbangan dan strategi perusahaan Anda di tahun 2021 ini dalam hal keamanan informasi :

  1. New Normal untuk Arsitektur Keamanan

Perusahaan harus kembali fokus pada penyesuaian pedoman keamanan perusahaan untuk perubahan yang lebih tahan lama dan bagaimana perusahaan dapat beroperasi bahkan dengan tenaga kerja jarak jauh ataupun karyawan sedang work from home. Dengan transisi perubahan new normal ini, keamanan akan mendapatkan fokus perhatian lebih utama terutama mengenai kerja jarak jauh dan perubahan jangka panjang lainnya yang terdampak pada perusahaan. Peran arsitek keamanan menjadi lebih dibutuhkan karena kebutuhan akan adanya cloud hybrid dan multi cloud yang semakin berkembang sehingga tidak hanya menyediakan platform dan cloud, namun mementingkan keamanan juga.

  1. Otomatisasi Diperlukan dalam Mengutamakan Keamanan

Perusahaan terus mencari metode untuk berinovasi dan membangun software dengan kecepatan yang lebih cepat. Untuk mengamankan pekerjaan yang dilakukan dengan cepat, organisasi perusahaan akan mengejar integrasi dan otomatisasi alur kerja sistem keamanan siber. Berbagai sekuritas keamanan siber secara fungsional akan diintegrasikan untuk mengidentifikasi serangan dengan alur kerja yang otomatis.

  1. Ransomware : Lebih Besar, Lebih Kejam, dan Lebih Pintar

Cybercriminals akan semakin oportunis terutama dengan adanya panddemi yang membuat organisasi menjadi lebih rentan sehingga di tahun 2020 lalu menjadi tahun yang semakin banyak perusahaan terkena serangan ransomware. Attackers saat ini semakin pintar dalam mengubah taktik untuk meningkatkan taruhan kepada korbannya. Seperti meningkatkan sistem enkripsi mereka sehingga membuatnya lebih sulit dibobol. Attackers tersebut saat inii sudah mencuri data sensitif dan mengancam akan merilisnya jika uang tebusan tidak segera dibayarkan. Meningkatnya tekanan ancaman tersebut dan taktik mempersulit pemulihan data yang terenkripsi akan menjadikan ransomware sebagai jalur bisnis menguntungkan bagi cybercriminals pada tahun 2021 dan merupakan ancaman terbesar bagi seluruh perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk memastikan mereka mengikuti perkembangan dari praktek terbaik untuk mengurangi resiko terkena ransomware di tahun mendatang.

  1. Implementasi 5G di Seluruh Dunia

Kita hidup di dunia yang semakin berbasis cloud dalam hal transfer data, penyimpanan, dan SAAS. Seluruh sektor industri akan memiliki peluang untuk beralih ke teknologi manajemen data 5G. Teknologi ini pastinya akan membuat hidup menjadi lebih mudah, dan akan membuka pintu bagi munculnya ancaman siber yang baru. Peretas akan memiliki kempuan untuk menginfeksi paket data atau melakukan spionase perusahaan tanpa disadari. Tingkat keamanan dan pemantauan yang jauh lebih tinggi akan diperlukan setelah 5G menjadi bentuk standar transfer data dan komunikasi berbasis cloud.

  1. Penggunaan Multi Factor Authentications akan Berkembang

Dalam hal otentikasi, Multi Factor Authentication harus diterapkan mengingat bagaimana pelaku ancaman melewati metode yang digunakan untuk mengautentikasi terutama yang dilakukan melalui SMS dan panggilan telepon. Penting perusahaan untuk mempertimbangkan terkait keamanan melalui Multi Factor Authentication. (Cek bagaimana Blockchain Secure Authentications dapat membantu keamanan data perusahaan Anda)

Investasi dalam keamanan dunia maya menjadi prioritas utama untuk perusahaan di tahun 2021. Meskipun pelanggaran data baru-baru ini terdengar dan marak terjadi terutama dalam hal pencurian PIN dan otentikasi, ada sejumlah langkah proaktif yang dapat perusahaan lakukan untuk mengurangi dan mencegah serangan dunia maya.

VADS Indonesia hadir untuk membantu memberikan rencana yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda terutama dalam hal keamanan informasi dan privasi pelanggan Anda salah satunya adalah dengan solusi Blockchain Secure Authentication. Hubungi marketing@vads.co.id sekarang juga dan konsultasikan bisnis Anda dengan ahlinya.

 

Source :

Enterprisersproject.com

Csoonline.com



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik