Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa Itu BPO: Definisi, Tujuan, Jenis, dan Keunggulannya

Apa Itu BPO: Definisi, Tujuan, Jenis, dan Keunggulannya

18 Oktober 2021

Image of Apa Itu BPO: Definisi, Tujuan, Jenis, dan Keunggulannya

Business Process Outsourcing (BPO) adalah jenis outsourcing di mana penyedia layanan pihak ketiga dipekerjakan untuk menjalankan satu atau lebih fungsi bisnis di perusahaan. Pihak ketiga ini bertanggung jawab untuk menjalankan semua operasi yang terkait dengan fungsi bisnis. BPO juga dikenal sebagai subkontrak atau eksternalisasi yang awalnya digunakan dalam industri manufaktur, tapi sekarang juga telah digunakan untuk berbagai proses bisnis. Mari ketahui apa itu BPO, tujuan, jenis, dan keunggulannya melalui ulasan berikut ini.

Mengenal apa itu BPO

Untuk mengenal apa itu BPO, Anda perlu tahu bahwa kontrak bisnis dengan vendor BPO dilakukan untuk dua bidang utama, yaitu:

  • Operasi back office - mencakup pemrosesan pembayaran, layanan teknologi informasi, jaminan kualitas, dan sebagainya.
  • Operasi front office - mencakup pemasaran, penjualan, hubungan pelanggan, dan penanganan keluhan.

Dalam banyak kasus, bisnis melakukan outsourcing untuk satu atau lebih fungsi. Misalnya, alih-alih mengalihdayakan semua fungsi SDM, perusahaan hanya akan melakukan outsourcing untuk proses penggajian. Namun, kini industri BPO telah berkembang pesat sehingga mampu menawarkan berbagai layanan dan fungsi untuk bisnis dan organisasi.

Jenis BPO

Perusahaan Business Process outsourcing dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasinya. Berikut ini penjelasannya.

  • Onshore outsourcing - Ketika sebuah bisnis menyewa penyedia layanan yang berlokasi di negara yang sama. Ini juga disebut outsourcing
  • Nearshore outsourcing - Ketika sebuah bisnis menyewa penyedia layanan dari negara tetangga.
  • Offshore outsourcing - Ketika sebuah bisnis menyewa penyedia layanan di negara yang berbeda. Ini juga disebut offshoring.

Keunggulan melakukan BPO

Sampai sini, Anda telah mengetahui apa itu BPO dan jenis-jenisnya yang terbagi berdasarkan lokasi. Lalu, apa saja keunggulan menerapkan sistem Business Process Outsourcing untuk perusahaan Anda? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Meningkatkan kualitas layanan

Kebanyakan perusahaan, terutama start-up, biasanya akan kewalahan jika harus melakukan berbagai kegiatan bisnis tambahan. Mengalihkan pekerjaan non-inti ke perusahaan BPO dapat membuat bisnis memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada kegiatan bisnis utamanya, sekaligus meningkatkan kualitas layanan yang ditangani BPO profesional.

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

Perusahaan BPO idealnya berpengalaman di berbagai bidang dan berkinerja di level tertinggi, sekaligus mengadopsi praktik terbaik dan menggunakan teknologi terbaru. Berbagai keunggulan ini secara alami menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi dan produktivitas kerja yang lebih besar.

  1. Efisiensi waktu dan biaya

Soal efisiensi waktu dan biaya, salah satu alasan utama banyak bisnis melakukan Business Process Outsourcing adalah pengurangan biaya. Alih-alih membeli peralatan IT dan mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk melakukan tugas berbeda, mereka dapat melakukan outsourcing tugas ke penyedia layanan, mengurangi, atau bahkan menghilangkan biaya overhead.

Aktivitas bisnis yang dapat terbantu dengan BPO

Setelah mengetahui apa itu BPO, jenis, dan berbagai keunggulannya, kini Anda juga perlu tahu aktivitas bisnis apa saja yang dapat terbantu dengan Business Process Outsourcing. Ini dia beberapa bidang yang kerap dikerjakan oleh para profesional BPO.

  1. Perpajakan

Waktu yang dihabiskan untuk pengisian dan pelaporan pajak cukup besar dan diperlukan satu set keahlian khusus yang umumnya hanya dimiliki konsultan pajak. Proses perpajakan bisa lebih mudah dengan BPO sehingga Anda terhindar dari beban pajak signifikan dan bisa menghemat biaya dalam jumlah besar. Ini juga memungkinkan karyawan in-house punya kesempatan untuk lebih fokus pada aktivitas bisnis lain.

  1. Rekrutmen

Semakin tinggi kebutuhan bisnis untuk mempekerjakan banyak orang, maka proses rekrutmen akan menjadi lebih kompleks dan memakan waktu. Berbagai proses, mulai dari seleksi, interview, pemilihan, pemeriksaan latar belakang, negosiasi gaji, hingga persiapan kontrak karyawan, akan memakan waktu begitu panjang. Anda bisa menghemat waktu dengan memanfaatkan apa itu BPO yang punya ready database agar bisa memilih kandidat tepat untuk proses selanjutnya.

  1. Akunting

Hindari pengeluaran biaya yang percuma hanya karena kesalahan-kesalahan kecil akunting yang terkumpul seiring waktu. Kabar baiknya, Business Process Outsourcing bisa membantu Anda membuat semua akun tetap terorganisasi sehingga menjelang akhir tahun, keuangan bisnis Anda tidak perlu bingung soal pembukuan. BPO juga akan memastikan semua transaksi keuangan akurat.

  1. Hal-hal terkait teknologi

Tidak semua bisnis bisa langsung merekrut tim teknologi yang kuat, seperti spesialis IT, untuk menangani kebutuhan bisnis. Sementara banyak hal-hal terkait teknologi yang harus diselesaikan, melatih karyawan yang tidak punya keahlian di bidang teknologi untuk menangani aktivitas IT bisa jadi jauh lebih mahal dibandingkan outsourcing.

  1. Layanan Pelanggan

Perusahaan dapat melakukan pengalihdayaan untuk hal yang terkait dengan pelayanan pelanggan dalam menangani kebeutuhan bisnis, sehingga perusahaan dapat lebih fokus terhadap inti bisnis mereka. Business Process Outsourcing dapat membantu perusahaan Anda untuk mengelola layanan pelanggan Anda seperti call center, contact center, layanan telemarketing, dan layanan pelanggan lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. BPO akan memastikan perusahaan Anda dapat terus terhubung dengan pelanggan Anda dengan layanan terbaiknya.

 

Itu tadi berbagai informasi mengenai apa itu BPO, mulai dari definisi, tujuan, jenis, dan keunggulannya yang perlu Anda ketahui. VADS Indonesia dengan BPO sebagai main business-nya bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda yang membutuhkan jasa outsourcing sekarang, terutama untuk Anda yang membutuhkan layanan pelanggan. Yuk, cari tahu informasi lebih lengkap mengenai VADS Indonesia dengan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik