Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Tujuan AI dan Perannya dalam Dunia Bisnis Digital

Tujuan AI dan Perannya dalam Dunia Bisnis Digital

21 Februari 2022

Image of Tujuan AI dan Perannya dalam Dunia Bisnis Digital

AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan dapat meningkatkan atau mengautomasikan keputusan dan tugas yang dilakukan oleh manusia, sehingga sangat diperlukan untuk transformasi bisnis digital. Dengan AI, perusahaan dapat mengurangi biaya tenaga kerja, menghasilkan model bisnis baru, dan meningkatkan proses atau layanan pelanggan. Mari simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tujuan AI dan perannya dalam dunia bisnis digital!

Tujuan AI

Dalam dunia bisnis digital, tujuan AI tidak terlepas dari kemudahan yang ditawarkannya dalam membantu pekerjaan Anda dan tim. Berikut beberapa tujuan AI dalam dunia bisnis digital:

  1. Membantu pekerjaan manusia

Salah satu tujuan AI yang utama adalah membantu pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan yang dulunya dilakukan secara manual oleh manusia kini bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan sistem AI. Contohnya seperti membalas email atau chat dari pelanggan. Dengan begitu, Anda dan tim jadi punya lebih banyak waktu untuk fokus pada hal lain yang lebih krusial dalam bisnis, misalnya menyusun strategi marketing.

  1. Membantu menyelesaikan masalah dalam pekerjaan

AI juga dapat membantu menyelesaikan masalah dalam pekerjaan. Salah satu contoh sederhananya adalah komputer dengan program kalkulator yang bisa memecahkan masalah perhitungan. AI semacam ini sangat berguna bagi banyak orang karena manfaatnya yang luas.

  1. Membuat mesin lebih pintar

Tujuan AI juga membuat mesin lebih pintar sehingga dapat meningkatkan manfaatnya dalam memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya, komputer yang dulu hanya dipakai untuk mengetik kini juga bisa digunakan untuk chatting, bermain game, dan berbagai kegiatan lainnya.

Peran AI dalam dunia bisnis

Di samping tujuan AI, peran AI pun tak kalah penting dalam mendukung keberlangsungan bisnis digital. Sejumlah peran AI dalam dunia bisnis di antaranya adalah:

  1. Membantu proses promosi

Salah satu peran AI dalam dunia bisnis digital adalah membantu bisnis menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis. Sistem AI bisa melakukan hal ini karena mempunyai akses terhadap data yang luas. Bisnis dapat memanfaatkannya untuk menggali potensi lebih besar melalui berbagai data online pelanggan, seperti pencarian kata kunci, profil pengguna, dan sebagainya.

  1. Menganalisis data bisnis

Dalam dunia bisnis, sistem AI digunakan untuk menganalisis berbagai macam data karena adanya susunan algoritma yang sangat tepat dan saling terkoneksi. Contohnya, saat Anda ingin mencari produk tertentu di mesin pencari Google, sistem AI secara otomatis akan mengumpulkan semua data yang terkait dan kemudian dianalisis. 

Itulah mengapa saat Anda membuka media sosial seperti Facebook, Instagram, atau TikTok, Anda akan menemukan iklan-iklan yang menjual produk yang Anda cari tersebut. Hal ini pastinya sangat menguntungkan bagi dunia bisnis karena memudahkan pemilik bisnis dalam menjangkau dan menemukan target pasar yang tepat.

  1. Mempererat hubungan dengan konsumen

Peran AI juga dapat mempererat hubungan Anda dengan konsumen karena waktu yang dibutuhkan bagi sistem AI untuk menjawab pertanyaan konsumen sangatlah cepat. Kecepatan ini pastinya berkontribusi terhadap kepuasan konsumen sehingga dapat menciptakan hubungan yang baik. Alhasil, konsumen akan merasa puas sehingga loyalitas mereka meningkat.

  1. Mampu memberi layanan 24 jam 

Peran AI dalam dunia bisnis digital yang selanjutnya adalah mampu memberi layanan 24 jam. Dengan demikian, bisnis dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan karena pelayanan bisa didapatkan kapan saja pelanggan membutuhkan.

Pelanggan yang memperoleh layanan secara real-time selama 24 jam penuh melalui sistem AI tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan masalah atau memperoleh jawaban yang diinginkan. Jadi, bisnis tidak hanya memberikan kualitas produk atau jasa yang baik, namun juga pelayanan yang memuaskan.

Di samping itu, peran AI juga cukup signifikan dalam menghemat anggaran perusahaan. Sistem AI, seperti layanan Smart Chat Assistant dari VADS Indonesia yang mampu memberi layanan 24 jam, membuat perusahaan tidak perlu menggaji karyawan untuk melayani pelanggan 24/7 setiap harinya.

  1. Meningkatkan penjualan produk

Bisnis melakukan banyak strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan AI pada proses penjualan. Dengan menggunakan AI, perusahaan akan sangat terbantu dalam menciptakan iklan yang efektif sehingga bisa mempromosikan produk pada target pasar yang tepat untuk meningkatkan pendapatan. 

 

Itulah tadi penjelasan mengenai tujuan AI dan perannya dalam dunia digital bisnis yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa peran AI dalam dunia digital bisnis sangatlah besar. AI dapat mentransformasi bisnis Anda menjadi lebih besar dengan menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan layanan terbaik.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik