Berita
- VADS
- Berita
- Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran
Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran
08 Februari 2022
Media sosial menawarkan sejumlah besar konsumen yang siap berkomunikasi dengan merek. Media sosial merupakan tempat bagi konsumen dan merek atau perusahaan untuk saling terhubung. Media sosial juga memberikan kesan pertama dan terakhir bagi sebuah merek sehingga harus dapat membentuk persepsi yang baik kepada para konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan social media analytics untuk mengetahui respon dan kebutuhan market terkait dengan masing-masing brand supaya pesan yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik dan menciptakan kesan yang baik bagi para konsumen.
Social Media Analytics atau analisis media social adalah metode analisa untuk melihat respon dan opini pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan untuk meningkatkan keputusan bisnis strategi organisasi dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data audiens yang dibagikan di jejaring sosial. Online selalu dalam keadaan berubah-ubah, sehingga dibutuhkan analitik media sosial yang berkelanjutan untuk memperhitungkan fluktuasi pada media yang berkembang sangat cepat. Social media analytics yang efektif adalah yang dapat mengejar dan mengetahui keinginan pasar, mengetahui kompetitif dan konsumennya, serta pemantauan yang konsisten dalam melacak fluktuasi percakapan dari waktu ke waktu.
Media sosial sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melihat tren perilaku konsumen yang relevan untuk perusahaan. Kegunaan social media analytics adalah:
- Mengukur ROI dari marketer yang menggunakan media sosial
Social media analytics juga dapat mendukung kampanye yang dilakukan oleh marketer dengan menyediakan data untuk mengukur return of investment (ROI) berdasarkan traffic yang diperoleh dari berbagai saluran media sosial.
- Meningkatkan pengambilan keputusan strategis
Social media analytics juga dapat digunakan para marketer untuk menganalisis kinerja masing-masing platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram untuk menentukan pesan yang akan disampaikan dan juga topik apa yang sesuai dengan target audiens nya. Ini juga dapat memberikan informasi demografis tentang audiens yang memungkinkan dapat meningkatkan upaya marketer dapat menargetkan di sektor tertentu dan secara efektif dapat meningkatkan brand awareness.
- Bisa membandingkan kinerja media sosial kita dengan pesaing
Social media analytics bisa membantu perusahaan untuk mengetahui kinerja pesaing sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang depat untuk merebut hati konsumen. Perusahaan harus membandingkan diri mereka dengan pesaingnya dan juga rata-rata kinerja industri di bidangnya. Memiliki tolak ukur akan memberikan wawasan dan memungkinkan perusahaan untuk bisa melihat kinerja nya dengan rata-rata industri di bidangnya dan juga pada wilayah target pasarnya.
- Memberikan efisiensi kinerja pada tim pemasaran
Dengan menggunakan social media analytics, tim pemasaran dapat menyederhanakan alur kerja mereka sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan tim untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat sesuai dengan target pasar. Selain itu, social media analytics dapat memberikan informasi analitik yang baik dengan melaporkan berbagai macam metrik yang dibutuhkan untuk meninjau operas pemasaran dan melihat data penting serta menemukan tren yang diperlukan untuk membuat strategi oleh tim pemasaran.
Dalam mengukur media sosial, ada beberapa metrik yang harus diperhatikan dalam social media analytics, seperti:
- Performance Metrics
Dalam performance metrics ini yang dilacak meliputi interaksi lintas platform dan juga dari waktu ke waktu untuk menentukan apakah konten yang diposting benar-benar sudah melibatkan audiens, melihat apakah jumlah followers meningkat dari waktu ke waktu untuk memverifikasi peningkatan yang konsisten di seluruh platform, melihat rasio click through rate pada postingan.
- Analisa Audiens
Hal ini sangat penting dalam memahami dan mengetahui taget audiens karena ini merupakan elemen terpenting dalam membuat strategi media sosial. Memahami audiens dapat membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dengan membuat konten yang sesuai dengan target yang diinginkan dan dicari oleh pelanggan. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya iklan dan biaya yang dapat dioptimalkan apabila target audiens bisa dilakukan dengan tepat.
- Analisa Kompetitor
Untuk mendapatkan performance metrics yang baik, perusahaan juga harus bisa menganalisis kinerja kompetitor. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan bisa membandingkan kinerja media sosialnya dengan kinerja pesaing untuk mengukur efektivitas dan menentukan apa saja yang harus ditingkatkan.
- Analisa Iklan Berbayar
Apabila perusahaan tidak mengetahui target audiens yang tepat serta pembuatan kontennya juga tidak tepat, maka penggunaan iklan berbayar akan sangat mahal. Social media analytics dapat memberikan analisis mengenai konten mana yang akan bekerja dengan baik. Analisa iklan berbayar ini juga dapat membandingkan dengan pengeluaran competitor sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa penggunaan budget iklan sesuai dengan peluang dan target audiens.
- Analisa Influencer
Saat ini banyak brand melakukan kolaborasi dengan para influencer sebagai bagian dari kampanye pemasaran perusahaan. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan akan mendapatkan wawasan mengenai metrik yang tepat dalam memilih influencer sehingga kampanye pemasaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam mempertimbangkan influencer, perusahaan bisa melihat dari total interaksi dibandingkan dengan followers influencer tersebut, jumlah postingan yang buat secara teratur, dan juga kolaborasi yang influencer tersebut pernah lakukan.
- Analisa Sentimen
Mengumpulkan dan menganalisis sentimen pelanggan dapat membantu menghindari dugaan dalam membuat strategi pemasaran dan membuat konten apa saja yang paling sesuai dengan audiens. Analisa ini juga dapat menunjukkan jenis konten apa saja yang akan mendapatkan respons positif pada pelanggan. Jika terdapat sentiment negatif, tim pemasar harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi dan memperbaikinya sebelum menjadi lebih buruk.
Apakah Anda seorang pemasar media sosial yang ingin lebih memfokuskan waktu, tenaga, dan anggaran Anda? Anda memerlukan alat analisis media sosial. PT VADS Indonesia menyediakan social media analytics untuk membantu Anda dalam melihat respons atau opini pelanggan dan juga mengukur campaign yang sedang dilakukan perusahaan Anda dengan cara menarik data dari semua channel baik dari media cetak maupun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya sesuai kebutuhan perusahaan Anda dengan tujuan memberikan laporan secara komprehensif mengenai brand sentiment, analisa kompetitor, customer insight, dan sebagainya. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut.
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020