Berita
- VADS
- Berita
- Pentingnya Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik terhadap Kemajuan Perusahaan
Pentingnya Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik terhadap Kemajuan Perusahaan
22 Oktober 2021
Pentingnya memiliki kemampuan customer service sama dengan pentingnya profit untuk perusahaan. Customer service yang baik mendukung kemajuan perusahaan dengan cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan.
Banyak brand seperti seperti Amazon, Apple, Disney, atau Starbucks yang lebih dikenal karena cara mereka memperlakukan pelanggan daripada apa yang mereka jual. Jadi, customer service memegang peranan sangat penting bagi kemajuan bisnis. Mari simak informasi tentang pentingnya memiliki kemampuan customer service berikut ini!
Mengidentifikasi masalah yang dialami pelanggan
Pelanggan yang merasa tidak puas terhadap layanan bisnis Anda biasanya kecil kemungkinannya untuk kembali. Pengalaman buruk satu pelanggan menyebar jauh lebih cepat daripada pengalaman positif, jadi penting bagi bisnis untuk memiliki kemampuan customer service yang baik.
Jika ingin mendorong kemajuan perusahaan, Anda harus mampu mengidentifikasi masalah yang dialami pelanggan. Ada banyak cara mengidentifikasi masalah tersebut selain menerima keluhan langsung, bisa dengan bertanya kepada pelanggan atau memeriksa feedback yang diberikan.
Dengan melakukan identifikasi masalah dengan tepat, maka Anda akan bisa membantu pelanggan menyediakan solusi yang dibutuhkan. Pelanggan yang merasa puas dengan customer service karena masalahnya dipecahkan dengan baik akan membuat mereka loyal sehingga berkontribusi besar terhadap kemajuan bisnis Anda.
Mengedukasi pelanggan seputar produk
Kemampuan customer service yang baik juga penting karena dapat membantu mengedukasi pelanggan seputar produk yang ditawarkan. Mengedukasi pelanggan seputar produk adalah bagian penting dari pemasaran, terutama untuk produk inovatif atau baru di pasar. Lewat edukasi, pelanggan jadi lebih kenal dan familiar dengan bisnis Anda.
Edukasi pelanggan memastikan bahwa pelanggan memahami manfaat dan nilai produk bisnis Anda yang didasarkan pada pemahaman tentang kebutuhan nyata. Edukasi pelanggan juga meningkatkan pengalaman produk yang membantu meningkatkan engagement. Tingginya tingkat engagement membuat pelanggan lebih cenderung memperbarui atau membeli kembali produk Anda.
Menjadi brand image perusahaan
Brand image (citra merek) adalah persepsi pelanggan terhadap brand Anda berdasarkan interaksi mereka. Brand image perusahaan dapat berubah dari waktu ke waktu dan tidak selalu berhubungan dengan pelanggan yang melakukan pembelian atau menggunakan produk dan layanan Anda. Sebagai contoh, bahkan jika Anda bukan pengguna iPhone, Anda mungkin memiliki pandangan positif terhadap brand Apple.
Anda harus mampu membangun brand image yang positif karena brand image yang negatif dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Lebih dari 50% bisnis gagal dalam waktu lima tahun, utamanya karena reputasi bisnis yang tidak ditangani dengan benar. Berinvestasilah pada pengelolaan brand image, salah satunya dengan memiliki kemampuan customer service yang baik. Customer service mencerminkan nilai-nilai perusahaan sehingga penting diprioritaskan.
Menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda
Memiliki kemampuan customer service yang baik juga mencakup menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Sebagian besar pelanggan mengaku dengan senang hati akan merekomendasikan suatu brand kepada orang lain jika memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut.
Tak hanya membantu menghasilkan berita positif dari mulut ke mulut, kepercayaan juga menciptakan loyalitas pelanggan yang membantu bisnis Anda berkembang pesat. Pasalnya, returning customers biasanya akan belanja lebih banyak daripada pelanggan baru.
Kepercayaan dan loyalitas pelanggan berjalan beriringan dan keduanya merupakan faktor penting dalam kemajuan perusahaan serta kesuksesan jangka panjang suatu brand. Banyak cara membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, salah satunya dengan memperlakukan customer service layaknya sebuah persahabatan.
Seperti kebanyakan hubungan, persahabatan membutuhkan waktu dan dibangun di atas kepercayaan dan rasa hormat. Jadi, hubungan bisnis dengan pelanggan seharusnya tidak jauh berbeda. Dengan memperlakukan pelanggan Anda seperti layaknya seorang teman, Anda dapat membangun fondasi kepercayaan secara kuat dengan pelanggan, yang akan memberi mereka alasan untuk tetap setia pada bisnis Anda.
Menampung saran dan kritik dari pelanggan
Banyak pemilik bisnis yang hanya ingin melihat ulasan dan komentar positif tentang bisnis mereka. Namun, kenyataannya, Anda akan tetap mendapatkan feedback negatif terlepas dari betapa kerasnya usaha Anda mencoba untuk menyenangkan pelanggan.
Ulasan negatif tentang bisnis memang bisa menyakitkan, baik secara emosional maupun finansial. Namun, kemampuan menampung saran dan kritik dari pelanggan sangat krusial bagi kemajuan perusahaan karena dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan bisnis.
Lewat kemampuan customer service yang baik, bisnis Anda akan mampu menampung saran dan kritik dari pelanggan secara konstruktif untuk perbaikan bisnis ke depan. Memanfaatkan feedback pelanggan bisa membantu Anda mengelola kepuasan dan loyalitas pelanggan serta meningkatkan produk dan layanan bisnis.
Berbagai poin di atas membuktikan bahwa kemampuan customer service yang baik dapat berpengaruh positif terhadap kemajuan perusahaan. Itulah mengapa sudah saatnya Anda mulai berinvestasi untuk meningkatkan performa tim customer service. Bekali mereka dengan perangkat penunjang kerja seperti software khusus customers service yang disediakan oleh VADS Indonesia.
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020