Berita
- VADS
- Berita
- Manajemen Kecerdasan Emosional yang Baik untuk Contact Center
Manajemen Kecerdasan Emosional yang Baik untuk Contact Center
19 Februari 2021
Contact center customer service adalah salah satu wajah perusahaan Anda. Contact center merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam memelihara hubungan yang ada antara perusahaan dengan pelanggan sehingga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan atau publik mengenai perusahaan. Sebagai contoh apabila permasalahan yang dialami pelanggan tidak ditangani dengan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan maka pelanggan akan merasa tidak nyaman sehingga persepsi nya kepada perusahaan akan berubah secara keseluruhan dan berdampak pada mempangaruhi keputusan mereka untuk meninggalkan produk atau layanan perusahaan. Sehingga dibutuhkan contact center sebagai wajah perusahaan karena dalam realita operasionalnya, mereka yang sering kali menangani dan juga berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung.
Pandemi ini dengan jelas memperlihatkan bahwa perusahaan yang peduli dengan pelanggan mereka dan memberika keunggulan layanan pelanggan membuat perusahaan tersebut dapat bertahan di tengah pandemi ini. Pelanggan mengharapkan mendapatkan respons cepat dari perusahaan dan tidak hanya itu, perusahaan juga harus menemukan solusi alternatif seperti mengatur panggilan atau menyediakan staf yang memadai saat pelanggan membutuhkan dukungan tersebut. Dalam hal ini tidak dipungkiri bahwa peran agen contact center sangat penting dalam perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan layanan pelanggan kepada para pelanggan perusahaan. Selain menjadi garda terdepan, agen contact center juga menjadi brand image bagi perusahaan sehingga, agen contact center harus menguasai beberapa skill tertentu dalam berhadapan langsung dengan pelanggan, salah satunya adalah dalam pengelolaan emosional. Apabila agen contact center tidak memiliki kemampuan ini, maka akan berisiko kehilangan pelanggan karena layanan yang diterima oleh pelanggan mengecewakan.
Diperlukan agen contact center yang professional dengan sikap mental, pengetahuan, dan juga keterampilan yang baik dalam melayani pelanggan terutama melalui telpon agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Agen contact center harus memiliki manajemen emosi yang baik karena dalam sehari, seorang agen contact center menerima berbagai panggilan telepon dari pelanggan yang tidak hanya membutuhkan informasi, namun juga menyampaikan keluhan dengan berbagai emosi seperti terburu-buru, teriak, memarahi, atau bahkan kesal. Dalam situasi tersebut, tentunya agen contact center yang baik harus tetap tenang dan professional dalam melayani pelanggan. Kemampuan seperti ini juga termasuk bagaimana caranya seorang petugas contact center tetap terdengar ramah ditengah-tengah pelanggan yang terus meminta dilayani dengan cepat sehingga sebagai agen contact center harus bisa menjaga supaya tidak terpancing emosi juga.
Diperlukan pendengar yang baik untuk meredakan potensi masalah supaya masalah yang dialami oleh para pelanggan tidak semakin meningkat. Pelanggan ingin dipahami dan dalam hal ini dibutuhkan perasaan empati yang nyata dari petugas contact center untuk membagikan pengalaman pelanggan yang baik. Sebagai contoh, ketika pelanggan kesal terhadap perusahaan atau agen contact center karena mereka melakukan kesalahan, sangat penting bagi agen contact center dapat meredakan ketegangan emosional dari hubungan tersebut dengan sabar dan tentunya menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan tersebut. Agen contact center harus dapat mengetahui kapan harus melanjutkan ke topik berikutnya atau kapan harus kembali ke topik sebelumnya. Agen contact center harus bisa memastikan bahwa pelanggan memahami informasi yang dia berikan sehingga pelanggan merasa nyaman dengan komentar dan penjelasan yang diberikan oleh agen contact center tersebut.
Dengan memiliki manajemen emosi yang baik, agen contact center dapat memberikan solusi dan memberikan informasi yang tepat bagi pelanggan. Beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh agen contact center seperti nada bicara, berbicara dengan hati-hati, dan juga kecepatan bicara yang tepat serta penggunaan bahasa yang tepat agar tidak terjadi kesalah pahaman pesan yang diterima oleh pelanggan.
Berbagai hal tersebut tentunya juga diperhatikan oleh VADS Indonesia. VADS Indonesia menyediakan agen contact center terbaik karena berpengalaman dan terlatih. VADS Indonesia juga menyediakan pelatihan dari trainer berpengalaman dan tersertifikasi di dunia contact center sehingga agen contact center yang disediakan oleh VADS Indonesia telah siap untuk mulai bekerja. Selain memenuhi kriteria skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda , agen contact center VADS Indonesia juga memiliki keahlian multi language sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Tagalog dan bahasa lainnya. Background pendidikan agen contact center di VADS Indonesia juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan industri perusahaan Anda.
Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendapatkan agen contact center yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan dapat mengembangkan bisnis Anda. Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan contact center baik secara full outsource maupun managed service. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lengkap.
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020