Berita
- VADS
- Berita
- Keuntungan Menggunakan Automated Customer Service
Keuntungan Menggunakan Automated Customer Service
05 April 2021
Penggunaan teknologi automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai macam manfaatnya. Automation dapat digunakan untuk berbagai industri salah satunya adalah pelayanan pelanggan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IBM pada tahun 2020, 85% dari semua interaksi pelanggan ditangani tanpa agen manusia. Penggunaan chatbot dan kecerdasan buatan dapat membantu agent contact center untuk dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih kompleks sehingga pekerjaan customer service dapat lebih efektif.
Apa itu Automated Customer Service?
Automated Customer Service adalah metode dukungan konsumen yang disediakan oleh sistem secara otomatis seperti chatbot, voicebot, ataupun kecerdasan buatan lainnya dengan menggunakan alat untuk mengotomatiskan alur kerja atau tugas. Automated customer service dapat memberikan layanan selama 24/7 dan digunakan untuk membantu agent contact center dalam menerima panggilan dari pelanggan dan juga menanggapi kebutuhan pelanggan secara efektif dan efisien. Layanan pelanggan berarti memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.
Dengan mengotomatiskan layanan pelanggan, menciptakan peluang untuk memindahkan atau menghilangkan poin kontak dari manusia ke manusia jika tidak efisien atau tidak diperlukan. Otomatisasi tidak untuk menggantikan kebutuhan untuk membangun hubungan dengan pelanggan, namun otomatisasi seharusnya membuatnya lebih mudah untuk melakukan hubungan baik dengan pelanggan.
Salah satu bentuk automated customer service adalah asisten virtual seperti chatbot dan voicebot yang populer digunakan dan menggunakan aturan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya dengan cepat. Automated Customer Service dapat digunakan di seluruh saluran komunikasi pilihan pelanggan perusahaan sehingga perusahaan dapat menyesuaikan saluran yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.
Dengan menggunakan automated customer service, pertanyaan yang lebih kompleks dapat diteruskan ke agent contact center sehingga agent contact center dapat lebih membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan dengan lebih solutif, lebih cepat, dan juga akurat. Selain itu, perusahaan dapat lebih fokus untuk membangun hubungan dengan pelanggan perusahaan.
Kebutuhan untuk mengotomatiskan proses layanan pelanggan merupakan preferensi dan harapan konsumen untuk mendatkan informasi dan layanan yang lebih cepat. Di era digital, pelanggan mengharapkan bantuan 24/7 untuk masalah dan pertanyaan namun juga dibutuhkan pengalaman yang lebih spesifik dan juga personalisasi. Contoh teknologi automated customer service adalah pengguanaan chatbot untuk layanan pelanggan, otomatisasi melalui proses CRM, tanggapan otomatis melalui emai, pemantauan media sosial, percakapan melalui IVR ataupun voicebot.
Berbagai manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan automated customer service diantaranya adalah :
- Waktu respons yang lebih cepat
- Efisiensi budget karena biaya operasional yang lebih rendah
- Meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan
- Mengurangi terjadinya human error
- Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan
- Mengoptimalkan pengalaman layanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan
- Meningkatkan produktivitas agent contact center
Artificial intelligence sekarang menjadi bagian dari tenaga kerja sehingga membantu perusahaan menciptakan kepuasan pelanggan untuk dukungan yang cepat dan berkualitas tinggi. Automated customer service yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan agent contact center akan memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kecerdasan buatan dapat digunakan dalam skenario yang berulang dan sederhana seperti live chat sehingga permasalahan yang lebih kompleks akan dibantu oleh agent contact center.
Automated customer service menjadi langkah penting dalam memberikan layanan kepada pelanggan. VADS Indonesia memiliki solusi automated customer service seperti smart chat assistant dan juga voicebot yang dapat melakukan fungsi layanan pelanggan lebih optimal dan produktif. Automated customer service membuat layanan pelanggan menjadi cepat, efisien, dan dapat terintegrasi dengan sistem yang dimiliki oleh perusahaan. Perpaduan antara saluran digital , otomatisasi, AI, dan keterlibatan manusia menjadikan automated customer service menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan layanan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. VADS Indonesia mengetahui dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman dukungan dengan menggunakan automated customer service yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda. Hubungi kami, dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana automated customer service dapat meningkatkan upaya dukungan layanan pelanggan Anda. Yakin dengan berbagai manfaat dari automated customer service tapi bingung mau mulai dari mana? Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020