Berita
- VADS
- Berita
- Kenali Tanggung Jawab dan Tugas Call Center
Kenali Tanggung Jawab dan Tugas Call Center
25 Oktober 2021
Dalam pasar yang sangat kompetitif di mana brand terus bersaing mendapatkan loyalitas pelanggan, peran call center dalam mendukung pelanggan pun semakin menonjol. Call center menjadi solusi untuk memberikan layanan pelanggan yang efektif. Setiap bisnis tidak dapat mengabaikan penting dan efektifnya call center dalam menyediakan dan memberikan layanan pelanggan yang efisien untuk brand.
Mengingat pentingnya call center, penting bagi bisnis untuk mengenali tugas dan tanggung jawab call center agar Anda bisa menjalankannya dengan baik. Mulai dari agen, manajer, hingga supervisor call center memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Mari kenali lebih mendetail soal tugas call center berikut ini!
Tugas dan tanggung jawab agen call center
Agen call center memiliki dampak besar terhadap persepsi pelanggan tentang perusahaan pada umumnya. Para agen ini melayani di garis depan bisnis, menangani keluhan, menyelesaikan masalah, dan memastikan kepuasan di setiap titik perjalanan pelanggan. Adapun daftar tugas dan tanggung jawab umum agen call center meliputi:
- Menjawab panggilan masuk dengan tepat waktu dan ramah.
- Mengevaluasi masalah dan keluhan penelepon serta memberikan solusi yang tepat.
- Menanggapi kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan yang dipersonalisasi.
- Memberikan informasi produk atau layanan dan membangkitkan minat pada penawaran.
- Upsell produk dan layanan.
- Meneliti informasi yang dibutuhkan menggunakan sumber daya yang tersedia.
- Memproses pesanan, formulir, dan aplikasi.
- Merutekan panggilan ke anggota tim lain saat diperlukan.
- Membuat catatan relevan dari interaksi pelanggan.
- Mengidentifikasi masalah apa pun yang mungkin dihadapi pelanggan.
- Melaporkan feedback
- Melengkapi log panggilan dan laporan.
- Mengelola dan memperbarui basis data pelanggan.
- Menindaklanjuti panggilan pelanggan.
- Meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menawarkan pengalaman yang tepat melalui telepon.
Tugas dan tanggung jawab supervisor call center
Agen call center melakukan banyak pekerjaan berat di dalam call center. Sementara tugas call center berfokus pada pelanggan, supervisor call center berfokus pada agen untuk memastikan setiap profesional terlatih dan termotivasi untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Untuk mendukung tugas call center dalam perannya sebagai agen, supervisor call center perlu melakukan beberapa hal ini:
- Mempekerjakan, melatih, dan menyiapkan agen call center untuk memecahkan masalah pelanggan atau mempromosikan produk dan layanan perusahaan.
- Memastikan agen dibekali kemampuan untuk mencapai tujuan dan sasaran call center.
- Menjawab pertanyaan agen dan membantu mereka menangani panggilan yang menantang.
- Mengidentifikasi masalah operasional call center dan menyarankan perbaikan.
- Menyiapkan laporan operasional dan menganalisis data untuk membantu dan memberi saran kepada manajemen.
Tugas dan tanggung jawab manajer call center
Manajer memiliki lebih banyak tanggung jawab daripada supervisor dan agen call center. Sementara supervisor mungkin hanya memiliki tim agen yang harus dijaga, manajer biasanya punya beban seluruh organisasi call center untuk diawasi. Beberapa tugas dan tanggung jawab call center manager secara umum adalah:
- Membentuk strategi operasional call center melalui penilaian kebutuhan, tinjauan kinerja, perencanaan kapasitas, dan analisis biaya/manfaat.
- Mengevaluasi teknologi call center, standar layanan pelanggan, dan struktur organisasi.
- Memantau kinerja pusat panggilan untuk mengidentifikasi masalah dan solusi operasional.
- Memenuhi tujuan keuangan call center dan mencari peluang untuk menambah nilai.
Aplikasi customer service bisa mempermudah tugas dan tanggung jawab call center
Produk dan layanan berkualitas bukan satu-satunya faktor untuk mengamankan loyalitas pelanggan. Sebagai seorang pengusaha, Anda tahu bahwa sangat penting bagi perusahaan untuk memberi pelanggan customer service yang bisa diandalkan. Masalahnya, permintaan antrian, menampung pertanyaan, dan menyelesaikan masalah bisa menjadi sulit jika Anda menanganinya secara manual.
Itulah mengapa aplikasi customer service bisa mempermudah tugas dan tanggung jawab call center. Aplikasi customer service membantu mengelola pertanyaan dan masalah pelanggan serta menyimpan informasi kontak dan data pelanggan. Ini berfungsi sebagai jaringan organisasi yang membantu Anda memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Dengan mengenali tanggung jawab dan tugas call center, Anda bisa membangun bisnis dengan call center terbaik. Agar prosesnya efisien dan kinerjanya optimal, gunakan layanan customer service dari VADS Indonesia yang bisa membawa customer experience ke level lebih tinggi. Semoga bermanfaat!
Berita Terkait
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020