Berita
- VADS
- Berita
- CRM Adalah Salah Satu Strategi Digital Marketing, Apa Saja Manfaatnya?
CRM Adalah Salah Satu Strategi Digital Marketing, Apa Saja Manfaatnya?
16 Februari 2022
Customer Relationship Management atau CRM adalah salah satu strategi digital marketing yang mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Menggabungkan proses antara manusia dan teknologi, CRM membantu menarik prospek penjualan, melakukan konversi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Jadi, penggunaan CRM utamanya bertujuan memuaskan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap perusahaan. Mari simak artikel di bawah ini untuk mengetahui ulasan lebih lengkap seputar CRM!
Apa itu CRM?
CRM adalah strategi bisnis perusahaan yang berguna meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Strategi ini mengedepankan kepentingan pelanggan sehingga bisnis dapat memberikan pengalaman lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.
Contoh CRM adalah penambahan form pada website berisi pertanyaan seputar bantuan yang bisa diberikan kepada pelanggan, subscription atau email langganan untuk mengumumkan informasi yang dapat menarik atensi pelanggan, hingga fitur rating dan kolom komen yang bisa diisi oleh konsumen pada aplikasi. Implementasi CRM yang sukses dapat memberikan perusahaan informasi tentang peluang untuk mengembangkan bisnis dengan setiap pelanggan.
Apa itu digital marketing?
CRM sendiri merupakan bagian dari digital marketing. Digital marketing merupakan penggunaan media digital atau internet untuk melakukan kegiatan pemasaran brand atau produk. Perusahaan memakai digital marketing untuk secara cepat menarik konsumen dan calon konsumen. Pemasaran secara digital dipilih mengingat penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sekarang sangat luas sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Untuk mengikuti perkembangan yang ada, perusahaan harus siap bersaing membuat konten menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran digital. Contoh teknik pemasaran dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online melalui media sosial seperti Facebook, email marketing, mobile marketing, dan sebagainya.
Manfaat menggunakan CRM untuk digital marketing
Anda dapat menerapkan CRM dalam rangkaian digital marketing bisnis Anda. Berikut ini manfaat CRM dalam digital marketing:
- Strategi digital marketing berhubungan dengan CRM
Salah satu strategi digital marketing paling efektif adalah mengumpulkan data tentang pelanggan ketika mereka browsing dan mencari barang tertentu. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk memunculkan iklan penjualan tentang item tersebut di media sosial. Iklan penjualan akan mengingatkan pelanggan tentang barang yang mereka lihat dan mengarahkan pelanggan kembali ke situs tempat barang itu dijual.
- Membangun koneksi digital dengan pelanggan
CRM mampu membangun koneksi digital sehingga akan menghasilkan data pelanggan. Dari sini, perusahaan dapat memberikan informasi prospek kepada pelanggan lain. Koneksi dengan pelanggan yang dibangun perusahaan melalui preferensi pelanggan idealnya dapat bertahan lebih lama. Koneksi digital dengan pelanggan ini bisa dibangun dengan beberapa cara, di antaranya:
- Mengirimkan email
- Memberi rekomendasi produk maupun layanan tertentu
- Membuat blog dan artikel menarik bagi pelanggan
- CRM personalisasi kampanye digital marketing
CRM adalah strategi yang mampu mempersonalisasi kampanye digital marketing karena dapat mengumpulkan data tentang apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat menargetkan item tertentu kepada pelanggan sesuai minat mereka. Sejumlah data yang dikumpulkan CRM di antaranya adalah:
- Item yang dibeli pelanggan di masa lalu
- Apa yang ditelusuri pelanggan saat sedang online
- Kelompok usia pelanggan
- Jenis kelamin
- Wilayah pelanggan tinggal
Berbagai data pribadi pelanggan yang diperoleh melalui CRM bisa digunakan untuk kampanye digital. Personalisasi kampanye digital marketing berpotensi lebih besar menarik minat konsumen dibanding melakukan kampanye tanpa target yang jelas. Kampanye digital marketing yang dipersonalisasi menjamin bahwa ada audiens yang tertarik setelah melihat item tersebut.
- Menjamin kepuasan pelanggan
CRM juga menjamin kepuasan pelanggan karena salah satu manfaat CRM adalah membuat database yang berisi panggilan layanan pelanggan. Perusahaan yang lebih dekat dengan pelanggan bisa lebih mengerti apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. CRM dapat menjamin kepuasan pelanggan dengan cara:
- Memperhatikan panggilan layanan pelanggan
- Mencari informasi untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan
- Mengidentifikasi berbagai hal yang bisa dilakukan untuk memuaskan pelanggan
CRM adalah salah satu strategi digital marketing yang dapat membantu perusahaan Anda membangun koneksi lebih baik dengan pelanggan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa CRM yang bisa diandalkan, Anda bisa mempertimbangkan layanan CRM yang disediakan oleh VADS Indonesia. Semoga bermanfaat!
Berita Terkait
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020