Berita
- VADS
- Berita
- Chatbot vs Voicebot
Chatbot vs Voicebot
15 Desember 2020
Chatbot dan voicebot keduanya memiliki peran yang sangat penting untuk perusahaan terutama dalam berkomunikasi dengan para pelanggan. Komunikasi yang dilakukan oleh chatbot dan voicebot dapat dilakukan kapan saja dan pelanggan dapat merasa puas karena berkomunikasi dengan mudah dan nyaman kepada perusahaan. Saat ini memang penggunaan chatbot dan voicebot merupakan tren teknologi yang berkembang pesat belakangan ini. Berdasarkan laporan dari Acquire.io dalam website CZentrix pada tahun 2018, 40% responden yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengobrol dengan chatbot setiap hari, laporan lainnya menunjukkan bahwa 64% pengguna internet mengatakan layanan 24 jam adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh chatbot. Kedua solusi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Mari kita ulas masing –masing mengenai chatbot dan voicebot.
Apa itu Chatbot?
Chatbot adlaah software kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan dengan pelanggan dalam bahasa manusia dengan menggunakan pesan teks. Kecerdasan buatan didalamnya memastikan bahwa pengalaman yang diberikan chatbot dalam berkomunikasi mendekati seperti sedang melakukan percakapan dengan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai situs aplikasi perpesanan seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Live Chat, dan lainnya.
Apa saja manfaat Chatbot?
Chatbot memiliki peran penting dalam berinteraksi dengan pelanggan. Berbagai keuntungan lainnya yang dimiliki chatbot diantaranya adalah :
- Standby 24/7 : chatbot dapat menghemat banyak waktu karena responsnya yang cepat dan juga selalu siap kapanpun pelanggan menanyakan informasi dan meminta bantuan.
- Kepuasan pelanggan meningkat : karena dukungan pelanggan yang cepat dan chatbot dapat merespons sepanjang waktu, pelanggan akan sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan mereka sehingga pelanggan akan lebih puas karena dapat terbantu oleh layanan pelanggan kapanpun.
- Membantu agen contact center : chatbot dapat dengan mudah mengambil alih tugas agen yang dilakukan secara biasa dan berulang. Hal ini dapat mengefisiensikan bisnis perusahaan anda dan juga hemat biaya karena chatbot dapat membantu agen contact center dalam menangani pertanyaan umum selama jam sibuk, sehingga agen contact center akan terfokuskan pada permasalahan pelanggan yang lebih kompleks.
Apa itu Voicebot?
Voicebot adalah saluran suara berbasis kecerdasan buatan dan pemahaman bahasa alami untuk berkomunikasi dengan para pelanggan dengan cara audio. Teknologi AI didalamnya dapat membantu voicebot untuk mengidentifikasi kata kunci dalam percakapan dan menyimpulkan respons terbaik untuk sebuah dialog dan kemudian mesin text to speech (TTS) kemudian mengubah respons menjadi audio untuk menyelesaikan interaksi. Voicebot dilatih untuk menyelesaikan seluruh percakapan dengan proses respons yang mirip dengan cara manusia berinteraksi. Voicebot dapat diintegrasikan ke berbagai perangkat layanan seperti IVR, chatbot, layanan mandiri, dan lainnya.
Apa saja manfaat voicebot?
Voicebot memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu pekerjaan manusia terutama dalam layanan pelanggan sebagai berikut :
- Menggunakan suara : voicebot akan mengeluarkan suara sebagai mode komunikasi kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa didengarkan terkait keluhan dan pertanyaannya karena menggunakan suara sehingga pelanggan lebih mudah dalam menyampaikan keluahan atau pertanyaannya.
- Dapat diintegrasikan : voicebot dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan seperti CRM atau device lainnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk penjualan ataupun mendukung kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.
Voicebot juga dapat digunakan untuk otentikasi. Industri yang membutuhkan otentikasi penting seperti perbankan dan asuransi sangat penting dan merupakan suatu kebutuhan dalam menyediakan otentikasi yang tepat. Voicebot dapat dilatih untuk memahami frekuensi dalam otentikasi penelepon seperti menyebutkan nomor telepon, ID pribadi, dan otentikasi lainnya.
VADS Indonesia dapat membantu perusahan Anda untuk menyediakan Smart Outreach (stand alone bot) baik itu chatbot maupun voicebot. VADS Indonesia juga dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020