Berita
- VADS
- Berita
- Cek 5 Trend Customer Experience di Tahun 2021!
Cek 5 Trend Customer Experience di Tahun 2021!
19 Januari 2021
Saat ini, perusahaan harus bisa menempatkan pelanggannya menjadi prioritas utama dalam sebuah bisnis. Ketika perusahaan menempatkan customer experiencenya dalam prioritas utama, maka pelanggannya merasa didengar dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan dan juga mendapatkan hati para pelanggannya. Kunci keberhasilan dalam mendapatkan perhatian konsumen tidak hanya kualitas produk dan layanan yang diberikan, namun juga proses interaksi yang mudah dan menarik pelanggan juga merupakan hal terpenting. Hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan juga indikator bahwa perusahaan semakin berkembang. Berikut ini merupakan tren customer experience yang dapat diterapkan sebagai strategi dalam meningkatkan layanan pelanggan perusahaan :
- Transformasi Digital
Dalam mengimbangi transformasi digital ini, perusahaan harus bisa mengadopsi strategi secara terpusat dengan menempatkan pesan pribadi di inti nya untuk menyesuaikan dengan perubahan perilaku konsumen. Penggunakan saluran digital akan membuat pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Setidaknya 70% dari hubungan antara perusahaan dan pelanggan terhadi secara digital dan berpotensi lebih banyak setelah hampir satu tahun adanya pandemi ini. Dengan adanya pandemi ini, pekerjaan jarak jauh seperti berbasis cloud dan layanan digital semakin banyak dterapkan sebagai respons cepat dalam menanggapi kebutuhan pelanggan. Di tahun 2021 ini, insiatif transformasi digital harus segera dilaksanakan. Kuncinya adalah memetakan contact center dan customer experience secara digital.
- Layanan Lebih Penting dari Harga dan Kualitas
Berdasarkan laporan dari Conversocial’s State of Customer Experience Trends 2020, ditemukan bahwa 25% konsumen menghargai CX dengan kualitas yang baik, tidak jauh berbeda dengan pemilihan kualitas produk sebanyak 29% dan bahkan mengalahkan konsumen yang mempertimbangkan mengenai harga sebanyak 22%. Hal tersebut akan memprediksi bahwa pengalaman pelanggan akan menjadi pembeda antara perusahaan dengan kompetitornya di tahun 2021.
- Real-Time
Tahun 2021, real-time insight akan menjadi kunci dalam menentukan strategi customer experience yang baik. Informasi yang disajikan secara real time dapat memberikan masukan kepada perusahaan mengenai pelanggan, membantu perusahaan memahami kebutuhan, mengatasi masalah, dan juga mengoptimalkan customer experience perusahaan. Itulah mengapa Real Time Interaction Management akan menjadi salah satu tren yang terpenting di tahun 2021 karena perusahaan mendapatkan insight lebih jauh untuk mengenali pelanggan, menyelidiki kebutuhan mereka, dan menyediakan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
- Artificial Intelligence
Zendesk menemukan bahwa 67% pelanggan lebih menyukai interaksi mereka diselesaikan dengan bot yang dirancang sempurna dibanding dengan interaksi manusia. Namun, perusahaan dapat menggunakan bot yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence yang tentunya dilengkapi pula dengan agen manusia secara bersamaan (Human Augmented Bot) yang bekerja dalam skala besar untuk dapat lebih proaktif dalam menanggapi pesan dari pelanggan serta dapat lebih cepat dalam merespons karena penggunaan otomatisasi tanpa kehilangan kemampuan dalam menggunakan rasa empati manusia yang masih akan tetap diperlukan dalam layanan pelanggan.
Bukan rahasia lagi bahwa kecerdasan buatan atau Artficial Intelligence dapat mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. Perusahaan dapat tersedia dalam 24/7 dan juga dalam setiap journey pelanggan. Perusahaan akan banyak menggunakan teknologi ini dalam menyatukan data pelanggan dan memberikan customer experience yang dipersonalisasi dan juga menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi, kepuasan pelanggan yang lebih baik, dan juga peningkatan loyalitas pelanggan.
- Personalisasi
Tidak mengherankan jika 2021 nanti akan membawa lebih banyak fokus pada personalisasi di bidang customer experience. Konsumen memiliki harapan untuk personalisasi yang lebih baik. Saat ini sudah tidak bisa lagi bisnis menyamaratakan kebutuhan para pelanggannya. Konsumen lebih menyadari bagaimana interaksi mereka dengan perusahaan sehingga penting adanya diferensiasi dan personalisasi terhadap masing-masing pelanggan tanpa mengganggu privasi. Contoh personalisasi adalah dengan menggunakan nama depan pelanggan dan menyapa nya sehingga pelanggan merasa dipersonalisasi terhadap komunikasi tersebut. Tidak sampai disitu, untuk dapat menciptakan momen, perusahaan harus fokus pada pelanggan sebagai individu dan dapat memprediksi kebutuhan mereka serta dapat berinteraksi secara real time. 70% pelanggan membeli berdasarkan bagaimana mereka merasa diperlakukan oleh sebuah perusahaan tidak lagi pada hal-hal berupa harga dan kenyamanan, Sehingga perusahaan harus memiliki kendali atas personalisasi dan teknologi yang digunakan dalam customer experience perusahaan.
Dalam perkembangannya, sebuah perusahaan harus selalu update terhadap tren terutama dalam hal customer experience supaya tidak tertinggal dan tidak kehilangan loyalitas dari para konsumen yang dimiliki. Perusahaan yang dapat memahami pelanggannya serta memanfaatkan perkembangan teknologi akan mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan pelanggan dengan hubungan yang lebih personal sehingga akan meningkatkan jumlah pelanggan dan juga loyalitas para pelanggannya. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan layanan customer experience perusahaan Anda melalui marketing@vads.co.id sekarang juga.
Source :
Customerthink.com
Engagehub.com
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020