Berita
- VADS
- Berita
- Bagaimana Transformasi Digital Meningkatkan Contact Center?
Bagaimana Transformasi Digital Meningkatkan Contact Center?
23 Maret 2021
Transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke semua area bisnis, menghasilkan perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan nilai yang perusahaan berikan kepada pelanggan. Transformasi digital mengubah cara perusahaan mengelola contact center nya. Teknologi memberikan wawasan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara terbaru dan juga untuk meningkatkan produktivitas kinerja operasional contact center. Faktor utama perusahaan harus memanfaatkan transformasi digital ini adalah karena pelanggan yang juga mulai beralih ke digital dalam melakukan kegiatan nya sehari-hari. Pelanggan diharapkan dapat menghubungi perusahaan kapan saja, dimana saja, dan dengan menggunakan platform apapun yang mereka inginkan. Sehingga penting bagi perusahaan untuk menentukan strategi contact center nya agar lebih bermanfaat untuk para pelanggannya.
Contact center perusahaan harus bisa mengikuti transformasi teknologi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga harus memiliki strategi yang berpusat pada pelayanan pelanggan. Perusahaan harus memikirkan teknologi apa yang digunakan oleh pelanggan untuk efisiensi budget dan juga efisiensi waktu dalam memberikan layanan, meningkatkan interaksi dengan pelanggan serta untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa manfaat yang dirasakan dengan adanya transformasi digital dalam dunia contact center diantaranya adalah :
1. Percakapan dilakukan secara otomatis
Otomatisasi adalah bagian dari proses transformasi digital sehingga dalam contact center melakukan otomasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas agen contact center dan juga untuk mengurangi biaya. Selain itu otomatisasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan salah satunya adalah dengan menggunakan chatbot ataupun voicebot.
2. Memanfaatkan saluran omnichannel
Contact center yang baik idealnya memberikan layanan secara 360 derajat dari pelanggan sehingga dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga dapat membuat pelanggan puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Transformasi digital dapat dimanfaatkan contact center untuk mengintegrasikan seluruh saluran yang dimiliki untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, namun tentunya perusahaan harus bisa mengidentifikasi saluran yang disukai oleh pelanggan perusahaan tersebut. Sinkronisasi dalam setiap saluran juga harus diperhatikan supaya pelanggan tidak mengeluhkan sesuatu yang harus ia ceritakan secara berulang.
3. Memanfaatkan data
Dengan transformasi digital memungkinkan perusahaan Anda akan mendapatkan data yang diperoleh dari para pelanggan Anda. Transformasi digital membantu perusahaan mendapatkan data yang berharga untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Teknologi tersebut dapat memberikan data mengenai perilaku pelanggan, persepsi perusahaan, dan layanan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Sehingga dengan mengetahui data tersebut, perusahaan dapat fokus meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga meningkatkan layanan dan memperbaiki produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Tentunya, akan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai dengan masing-masing pelanggan.
4. Penghematan biaya
Dengan menggunakan transformasi digital, memang benar perusahaan Anda akan menginvestasikan beberapa teknologi untuk dapat dimanfaatkan, namun dengan peningkatan produktivitas dan mengurangi biaya perangkat keras lainnya misal dengan dapat beroperasi dimana saja sehingga dapat menghemat budget operasional perusahaan Anda.
Harapan pelanggan saat ini semakin tinggi, mereka membutuhkan layanan pelanggan atau contact center yang lebih personal, tepat waktu, dan selalu ada di seluruh saluran terutama dalam saluran digital. Itulah pentingnya transformasi digital dapat terintegrasi dan memberikan layanan secara menyeluruh kepada pelanggan. Pada tahun 2021 dan seterusnya, otomatisasi contact center semakin cepat, sehingga penting bagi perusahaan untuk menerapkan praktik terbaik, atau berisiko tertinggal dalam persaingan. Kemajuan teknologi dalam otomatisasi proses robotik (RPA), AI, dan pembelajaran mesin (ML) benar-benar mengubah wajah layanan pelanggan.
Diskusikan kebutuhan contact center digital Anda bersama VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera konsultasikan di marketing@vads.co.id untuk contact center digital perusahaan Anda yang bertujuan untuk meningkatkan layanan contact center dan mengoptimalkan layanan contact center perusahaan Anda.
Berita Terkait
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020