Berita
- VADS
- Berita
- Apa itu AI Contact Center?
Apa itu AI Contact Center?
12 Mei 2023
Tingginya harapan konsumen terhadap perusahaan, membuat perusahaan harus melakukan inovasi untuk memberikan customer experience yang baik. Artificial Intelligence atau AI memiliki potensi besar terutama dalam inovasi contact center dengan mengotomatisasi tugas-tugas rutin yang dilakukan oleh para agen dan meningkatkan efisiensi. Berbagai industri seperti ritel, layanan kesehatan, perbankan, dan travel sudah mulai menggunakan teknologi ini.
Apa itu AI Contact Center?
AI atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer melakukan tugas-tugas customer experience yang biasa dilakukan oleh manusia. Dalam konteks ini, AI diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan dukungan pelanggan. Hal ini dicapai dengan membantu agen dalam membantu pelanggan melalui pertanyaan umum dan pelacakan pesan, membimbing pelanggan dalam proses pembelian, membuat janji temu dan reservasi, dan membantu mengarahkan permintaan pelanggan ke agen yang tepat.
Apakah AI akan menggantikan agen contact center?
Tujuan hadirnya teknologi AI dalam contact center merupakan bagian pelengkap dari contact center dan membuatnya menjadi lebih efisien. Teknologi AI dapat membantu interaksi pelanggan secara self service, namun teknologi tersebut masih belum bisa menggantikan tingkat empati, kecerdasan emosional, dan inisiatif yang dimiliki oleh agen contact center. Cara yang tepat memanfaatkan teknologi ini adalah menggabungkan antara teknologi AI dengan agen contact center. Walaupun teknologi AI dapat mengotamatiskan secara cerdas tugas-tugas yang repetitif dan memakan waktu, agen contact center tetap menjadi orang terbaik dalam memberikan layanan pelanggan terutama kepada klien potensial yang bernilai tinggi.
Apa saja fungsi AI Contact Center?
AI tidak hanya meningkatkan customer experience, tetapi juga pengalaman karyawan yang menjadi lebih produktif. Sehingga agen dapat menyederhanakan pekerjaannya dan dapat fokus pada permasalahan yang lebih kompleks. Penggunaan AI contact center bukan hanya sebagai penghematan dan efisiensi budget saja namun juga sebagai alat untuk menghasilkan pendapatan bisnis seperti pemasaran dan penjualan, memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan, melakukan pembelian, dan membangun percakapan yang dapat disesuaikan dengan niat konsumen. Beirkut ini merupakan fungsi AI contact center lainnya:
1. Peningkatan efisiensi
AI dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin dan repetitif, seperti menjawab pertanyaan umum pelanggan dan melakukan pemrosesan data. Hal ini memungkinkan agen contact center untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan bernilai tinggi, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi keseluruhan.
2. Perbaikan pengalaman pelanggan
Dengan menggunakan AI, contact center dapat memberikan dukungan pelanggan yang lebih cepat dan lebih responsif. AI dapat memberikan solusi instan untuk pertanyaan umum pelanggan melalui chatbot atau sistem self-service, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
3. Personalisasi yang lebih baik
Dengan kemampuan analitiknya, AI dapat menganalisis data pelanggan secara real-time dan memberikan informasi yang relevan dan personal. Hal ini memungkinkan contact center untuk memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu pelanggan, meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan.
4. Prediksi dan analisis
AI dapat menganalisis data historis dan pola perilaku pelanggan untuk memberikan insight yang baik untuk contact center. Dengan pemodelan prediktif dan analisis data yang canggih, AI dapat membantu mengidentifikasi tren, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan mengoptimalkan strategi layanan pelanggan.
5. Biaya yang lebih murah
Dengan mengotomatiskan sejumlah tugas dan proses, penggunaan AI dapat mengurangi biaya operasional contact center. AI juga dapat membantu mengoptimalkan alokasi sumber daya dan mengurangi kesalahan manusia, yang dapat mengurangi biaya penanganan dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.
Secara keseluruhan, penggunaan AI dalam contact center dapat meningkatkan kinerja operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih baik. PT VADS Indonesia menyediakan layanan AI contact center dengan 24/7 dukungan penuh untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelangan Anda. Diskusikan layanan AI contact center Anda sekarang juga!
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020