Berita
- VADS
- Berita
- 4 Keunggulan Teknologi Chatbot untuk Meningkatkan Bisnis
4 Keunggulan Teknologi Chatbot untuk Meningkatkan Bisnis
20 Februari 2020
Chatbot VADS Indonesia, Vanesa
Dunia saat ini sudah semakin maju. Modernisasi dan kemajuan teknologi berkembang pesat. Peranan teknologi kian penting dalam memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, teknologi tak lekang dalam kehidupan manusia.
Pentingnya teknologi ini juga berpengaruh pada dunia bisnis karena mendapatkan dampak positif yang bermanfaat. Dengan hadirnya teknologi, bisnis dapat melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat sehingga mampu beradaptasi dengan keinginan dan kebiasaan konsumen modern yang ingin mendapatkan respons cepat dan dinamis. Perkembangan teknologi tersebut merubah pola perilaku konsumen terutama dalam pola berinteraksi dengan perusahaan. Dalam menanggapi perubahan interaksi konsumen, perusahaan tidak lagi hanya mengunggulkan produknya namun harus mampu memberikan customer experience yang baik dan memberikan dampak yang positif.
Beberapa dari dampak positif tersebut salah satunya adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan, yaitu chatbot. Chatbot adalah teknologi yang dirancang untuk memiliki layanan obrolan dengan tujuan memiliki suatu fungsi atau memberikan informasi melalui voice ataupun teks. Bahkan untuk saat ini, teknologi chatbot sudah memiliki fitur untuk video call. “Bot” yang merupakan kependekan dari internet robot didalamnya disisipkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) seperti Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP) yang mengikuti pola kerja manusia dan dapat melakukan analitik serta menjawab pertanyaan dan memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa dari sebuah pertanyaan. Sehingga chatbot dapat melakukan respons secara otomatis dan cepat ketika ada orang yang berbicara dengan chatbot tersebut. Dengan menggunakan chatbot, perusahaan dapat melakukan work efficiency sehingga menciptakan customer experience yang baik.
Banyak perusahaan mengalami kendala terkait dengan hal yang berhubungan dengan konsumen. Misalnya dalam meningkatkan brand awareness dibutuhkan biaya yang besar hingga konsumen dapat mengenal brand perusahaan tersebut. Contoh lain adalah ketika mempromosikan produk dan kampanye, hal tersebut juga memakan cost yang tidak sedikit. Dengan hadirnya chatbot, perusahaan dapat terbantu dalam meningkatkan brand awareness melalui strategi digital marketing serta promosi dan kampanye salah satunya menggunakan Facebook Messenger chatbot dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah dan lebih efektif. Hal ini dikarenakan chatbot dapat menyasar target audience yang tepat sesuai dengan brand. Keuntungan teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot lainnya seperti customer survey, customer database, buying process, customer retention, customer loyalty, dan juga customer support.
Chatbot memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan dalam penggunaannya untuk diterapkan dalam perusahaan atau bisnis. Berikut adalah kelebihan dari teknologi chatbot :
- Mengurangi Beban Kerja Operasional. Chatbot dapat menjawab pertanyaan berulang (repeatable queries) sehingga dapat memudahkan menjawab untuk pertanyaan yang sama dengan lebih cepat.
- Meningkatkan Customer Engagement dan Customer Experience. Chatbot dapat menjawab kebutuhan konsumen dalam 24/7, sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.
- Menghemat Biaya Operasional. Dengan menggunakan chatbot, perusahaan hanya perlu membuat satu chatbot yang dapat dihubungkan ke berbagai aplikasi chatting, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat dari segi manpower.
- Dapat Memberikan Insight Tentang Konsumen. Chatbot dapat memahami bagaimana konsumen berbicara sehingga dapat merespon sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk dapat mengetahui pola konsumen (consumer behaviour) terhadap produk/brand. Analisis tersebut tentunya untuk meningkatkan pelayanan produk/brand kepada konsumen.
Dengan teknologi chatbot, semua pertanyaan dapat dijawab secara otomatis selama 24/7. Perusahaan dapat lebih mudah dalam mengelola bisnisnya dari mengurangi biaya hingga menaikan revenue. Kedepannya chatbot pasti akan semakin banyak digunakan karena kemudahan dan penggunaannya yang dapat menekan biaya bisnis.
VADS Indonesia menyediakan solusi chatbot untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, VADS Indonesia juga dapat menyediakan solusi chatbot bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang tersedia dalam chatbot tersebut adalah :
- Memberikan reward/point kepada pelanggan
- Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
- Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
- Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
- Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
- Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement
Informasi lebih lengkap, silahkan klik www.vads.co.id atau email ke marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan perusahaan Anda.
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020