Berita
- VADS
- Berita
- 3 Tahapan Social Media Analytic untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran Digital
3 Tahapan Social Media Analytic untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran Digital
06 April 2023
Memasarkan produk melalui social media saat ini sudah sangat umum Pasalnya, pemasaran digital memang sudah menguasai dunia bisnis. Supaya kiat pemasaran bisnis Anda lebih efektif, maka Anda perlu mendalami tentang social media analytic (SCA) yang merupakan sebuah proses untuk menganalisis data target audiens di jejaring media sosial. Hal ini mempunyai dampak yang positif untuk perkembangan branding dan iklan produk bisnis Anda, apa saja? Berikut dua fungsi utama social media analytics:
- Sebagai bentuk tanggung jawab
Social media analytic membantu bisnis Anda mempunyai riwayat dan laporan nyata pemasaran digital. Sehingga, pada tahap selanjutnya laporan ini akan dimanfaatkan oleh divisi marketing untuk tahap evaluasi dan pengembangan iklan. Laporan ini adalah bentuk tanggung jawab dari proses dan evaluasi kinerja divisi marketing yang nantinya dilaporkan ke manajer.
- Sebagai dasar pengambilan keputusan
Dari evaluasi dan laporan social media analytic yang sudah tersusun, divisi marketing dapat menentukan gambaran besar keadaan konten media sosial sementara, sudahkah sesuai target atau belum? Dengan begitu, pengambilan keputusan untuk social media marketing selanjutnya dapat segera disusun.
Dalam menyusun strategi social media marketing yang runtut, diperlukan keterlibatan social media analytic sebagai tools untuk membantu menganalisis perkembangan kualitas konten. Dengan strategi yang sudah baik dan disesuaikan dengan target pasar, maka waktu produktif Anda tidak akan sia-sia. Ada dua tahapan utama social media analytics yang biasa digunakan dalam proses pengembangan strategi pemasaran digital, diantaranya:
- Tetapkan tujuan dengan metode SMART
SMART adalah formula atau metode yang terbukti efektif dan efisien diaplikasikan dalam dunia pemasaran digital. SMART berdiri dari 5 komponen utama, yaitu specific, measurable, attainable, relevant, dan, time-bound. Dalam menyusun strategi pemasaran, Anda harus spesifik tidak boleh terlalu umum. Supaya konten yang Anda buat include dalam algoritma social media yang sesuai, sehingga kontenmu tayang di timeline target pasar tujuan.
Selain itu, tetapkan indikator yang konkrit dan measurable dari tujuan pemasaran Anda agar total reach dan impression yang diterima mencapai atau bahkan melebihi target. Penyusunan strategi pemasaran haruslah realistis atau attainable, disesuaikan kembali dengan kondisi bisnis Anda. Setelah paham dengan kondisi bisnis Anda saat ini, Anda bisa menetapkan target audiens yang relevant. Selain target audiensnya, Anda juga perlu menentukan jangka waktu penetapan strategi mulai dari rencana, eksekusi sampai finishing.
- Tracking social media analytics secara rutin
Setelah tahap pertama dijalankan dengan baik, maka Anda perlu mengestimasi aktivitas media sosial secara konstan. Ada dua teknik pengukuran yang bisa Anda adaptasi, yaitu ongoing analytics dan campaign-focused metric. Ongoing analysis adalah proses memonitor aktivitas media sosial secara kontinu atau berkelanjutan dari waktu ke waktu. Sementara, campaign-focused metrics memonitor dengan batasan awal dan akhir yang spesifik.
Teknik memonitor atau mengukur media sosial yang paling efektif dalam social media analytics adalah dengan melibatkan kedua teknik. Dengan begitu, hasil pengukurannya akan lebih akurat. Di samping itu, gambaran menyeluruh traffic media sosial Anda jelas, sehingga Anda akan lebih paham kebutuhan konten media sosial Anda dan strategi marketingnya.
- Buat laporan di akhir periode
Setiap pekerjaan yang melibatkan sebuah tugas resmi pastinya selalu dilengkapi dengan penyusunan laporan. Laporan social media analytic ini berisikan performa dan hasil dari aktivitas social media marketing dalam periode waktu tertentu, baik dalam laporan kuantitatif maupun kualitatif. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain berguna untuk evaluasi, laporan ini juga merupakan bentuk konkrit dari tanggung jawab selama proses kerja pada social media analytics.
Supaya hasil social media analytic di perusahaan ataupun bisnis Anda menjadi lebih optimal, manfaatkan layanan social media analytic dari PT VADS Indonesia yang mampu menyajikan laporan kuantitatif dan kualitatif akurat. Dukungan ini dapat membantu Anda memahami gambaran menyeluruh kebutuhan social media marketing secara praktis dan tentunya efisien. Dengan demikian, mencapai keberhasilan konten pemasaran digital bukanlah hal yang rumit lagi untuk pengembangan bisnis Anda. Langsung cek detail layanannya di sini!
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020