Berita
- VADS
- Berita
- 10 Skill Call Center yang Wajib Dimiliki
10 Skill Call Center yang Wajib Dimiliki
02 Oktober 2020
Layanan Call Center VADS Indonesia
Di era serba digital dan serba cepat seperti saat ini tidak dipungkiri bahwa peran agen call center penting dalam setiap perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan layanan bisnis kepada para pelanggan. Agen call center bisa menjadi kontributor revenue dan brand image bagi perusahaan karena call center merupaan garda terdepan perusahaan yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan melayani pelanggan agar memperoleh kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, agen call center harus menguasai beberapa skill tertentu untuk berhadapan langsung dengan pelanggan. Apabila agen call center tidak memiliki kemampuan ini maka akan berisiko kehilangan pelanggan karena layanan yang diterima oleh pelanggan mengecewakan. Diperlukan call center yang profesional dengan sikap mental, pengetahuan, dan keterampilan dalam melayani pelanggan melalui telepon agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Berikut ini 10 skill yang harus dimiliki agen call center :
- Selalu Tersenyum (Smile). Sebagai agen call center, senyum adalah salah satu layanan terpenting, karena dengan senyum memberikan arti bahwa agen call center siap untuk membantu dan memberikan solusi kepada pelanggan.
- Keterampilan Berkomunikasi (Communication). Seorang agen call center harus pandai berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pelanggan datang karena membutuhkan informasi detail terkait produk dan layanan perusahaan sehingga agen call center harus bisa memberikan penjelasan yang dapat dimengerti oleh pelanggan sehingga pelanggan dapat tertarik dengan produk atau layanan perusahaan.
- Persuasi (Persuasion). Agen call center yang berpengalaman harus menguasai keterampilan persuasi atau membujuk calon pelanggan untuk tertarik dan semakin yakin bahwa produk dan layanan perusahaan cocok untuk pelanggan tersebut sehingga pelanggan akan membeli produk dan layanan perusahaan.
- Kemampuan Memahami Pelanggan (Ability to “Read” Customer). Agen call center dituntut untuk mampu memahami beberapa kondisi dan prinsip psikologi perilaku dan emosi pelanggan. Hal ini penting untuk proses personalisasi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Sehingga penting untuk mengenal pelanggan karena agen call center tidak boleh salah membaca keinginan pelanggan yang akan berakibat fatal.
- Mengelola Waktu (Time Management). Agen call center harus mampu untuk membantu pelanggan, salah satunya adalah menghubungi di waktu yang tepat. Agen call center harus memastikan bahwa pelanggan sedang tidak sibuk dan membantu agar tidak terlalu lama menghubungi karena menyita waktu pelanggan. Sehingga penting untuk agen call center mengelola waktu yang tepat dan durasi yang dibutuhkan dalam menghubungi pelanggan.
- Pengetahuan tentang Produk (Product Knowledge). Agen call center dituntut untuk mengetahui secara mendalam tentang produk dan layanan yang dijual oleh perusahaan. Tanpa mengetahui produk dan layanan yang dijual perusahaan, agen call center tidak akan mengerti bagaimana membantu pelanggan ketika sedang menghadapi masalah. Selain itu, agen call center harus meng-update informasi dan pengetahuannya terhadap produk dan lauanan perusahaan sehingga apabila ada pengembangan produk dan fitur terbarunya, agen call center dapat memberikan informasi yang tepat kepada para pelanggan.
- Kemampuan Mendengar yang Baik (Good Listener). Seorang agen call center harus memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik. Kemampuan mendengar yang kurang baik akan memberikan kesan yang buruk kepada pelayanan yang diberikan perusahaan. Pelanggan akan merasa kesal apabila agen call center meminta mengulangi perkataannya.
- Kesabaran (Patience). Agen call center harus memiliki sifat sabar, hal ini penting untuk memberikan pelayanan yang baik dan cepat. Apabila ada pelanggan yang menelpon dengan perasaan jengkel atau kesal terhadap produk ataupun layanan dari perusahaan yang kurang memuaskan pelanggan, maka agen call center harus bisa sabar dalam menghadapi pelanggan dan tetap memberikan pelayanan yang optimal. Agen call center taetap harus merespons dengan kepala dingin, hati yang lapang, dan intonasi suara terjaga agar pelanggan tidak semakin kesal, lalu kabur dan berpindah ke perusahaan pesaing.
- Cepat Tanggap (Fast Respons). Seorang agen call center harus bisa cepat tanggap dalam merespons kebutuhan pelanggan. Mereka harus bisa bekerja cepat tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Kadang suatu yang tidak terduga menjadi permasalahan yang dialami oleh pelanggan sehingga agen call center harus selalu siap dalam keadaan dan kondisi apapun untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan.
- Serba Bisa (Multitasking). Seorang agen call center harus dapat bekerja secara terorganisir dan harus bisa menghandle banyak tugas sambil memperhatikan apa yang pelanggan butuhkan. Seorang agen call center harus bisa mendengarkan kebutuhan pelanggan sambil mencatat pertanyaan atau keluhan dari pelanggan dengan cepat, disaat yang bersamaan agen call center harus bisa mencari data apa saja yang dibutuhkan dan disampaikan kepada pelanggan dengan baik.
Selain sejumlah skill diatas, seorang agen call center juga harus memiliki sifat kesediaan untuk belajar. Apapun yang didapat janganlah merasa puas dan harus terus belajar. Salah satu cara untuk belajar menjadi lebih baik adalah dengan menatap cermin sehingga kita dapat melihat perubahan ekspresi atau raut muka ketika sedang menerima keluhan pelanggan melalui telepon. Sehingga akan tertanam dalam jiwa bahwa agen call center harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan perusahaan. Selain itu seorang agen call center juga harus memiliki sifat fleksibel dan kreatif dalam menghadapi pelanggan untuk memberikan solusi yang bisa diterapkan ke masing-masing pelanggan yang memiliki permasalahan yang berbeda.
Jangan lupa juga untuk memberikan ketenangan kepada pelanggan terkait permasalahan yang dihadapi apabila tidak selesai saat itu juga, agen call center harus bisa memberikan pengertian dan berjanji akan segera menghubungi pelanggan untuk menyelesaikan permasalahannya karena yang dibutuhkan oleh pelanggan adalah masalah yang dialami harus segera diatasi dengan waktu yang cepat.
VADS Indonesia menyediakan agen call center terbaik karena berpengalaman dan terlatih. VADS Indonesia juga menyediakan pelatihan dari trainer berpengalaman dan tersertifikasi di dunia call center sehingga agen call center yang disediakan oleh VADS Indonesia telah siap untuk mulai bekerja. Selain memenuhi kriteria skill diatas, agen call center VADS Indonesia juga memiliki keahlian multi language sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Tagalog dan bahasa lainnya. Background pendidikan agen call center di VADS Indonesia juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan industri perusahaan Anda.
Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendapatkan agen call center yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan dapat mengembangkan bisnis Anda. Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan call center baik secara full outsource maupun managed service. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lengkap.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020