Berita
- VADS
- Berita
- Strategi Meningkatkan Customer Experience Menggunakan Media Sosial
Strategi Meningkatkan Customer Experience Menggunakan Media Sosial
10 November 2020
Pelanggan merupakan salah satu faktor penting dalam dunia bisnis suatu perusahaan. Pelanggan bukan hanya sebagai sumber penghasilan dan pendapatan perusahaan namun juga berkontribusi dalam berkembangnya suatu perusahaan. Di era yang serba cepat dan semakin canggihnya teknologi seperti saat ini, pelanggan juga semakin banyak mengakses teknologi tersebut untuk mendapatkan informasi yang update. Di sisi lain, perusahaan harus bisa menjangkau pelanggan nya yang lebih luas untuk dapat berkomunikasi dan memberikan update seputar produk dan jasanya ke lebih banyak khalayak. Salah satu cara dalam menjangkau pelanggan yang lebih luas adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan customer experience.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai salah satu channel dalam meningkatkan customer experience terutama dalam customer service dan contact center sebagai channel dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pelanggan tidak hanya membutuhkan produk atau jasa dengan harga yang murah saja namun juga butuh layanan pelanggan dan pengalaman yang memuaskan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas para pelanggan. Pelanggan membutuhan channel yang dapat merespons kebutuhan dan kendalanya dengan cepat dan juga yang sesuai dengan personal para pelanggan tersebut, salah satunya adalah menggunakan berbagai macam media sosial. Berikut ini merupakan strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan customer experience menggunakan media sosial :
- Memahami Ekspektasi Pelanggan
Perusahaan harus dapat memahami apa keinginan dan kebutuhan para pelanggan. Selain itu, perusahaan juga harus dapat memahami harapan pelanggan terhadap produk dan layanan yang kita berikan kepada mereka. Dengan begitu, perusahaan sudah memiliki langkah yang baik dalam menciptakan customer experience yang berkualitas dengan memahami dan tentunya memenuhi ekspektasi pelanggannya.
- Aktif dan Responsif
Pelanggan yang memberikan komentar ataupun pertanyaan di media sosial perusahaan harus dapat ditangani secepatnya. Perusahaan harus menyediakan waktu khusus setiap hari dalam memantau apa saja yang di share dan didiskusikan oleh para pelanggan dan publik mengenai produk dan layanannya dan menanggapi dengan bijak. Pelanggan akan merasa diperhatikan dan akan merekomendasikan perusahaan yang dapat memberikan pelayanan dengan respons cepat dan solutif.
- Meningkatkan Engagement Secara Personal
Perusahaan harus memiliki kedekatan emosional dengan para pelanggannya. Semakin dekat perusahaan dengan para pelanggannya, maka semakin mudah pula perusahaan dapat menggali informasi mengenai kebutuhan para pelanggannya sehingga dapat melakukan inovasi terkait pembaruan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Selain itu, dengan memiliki kedekatan secara emosional, pelanggan merasa didengar dan diperhatikan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan yang baik dan juga customer experience yang baik.
- Personalisasi Respons
Dalam melayani pelanggan, perusahaan harus memiliki upaya menjawab umpan balik yang dilakukan secara personal untuk memberikan engagement dan menghargai atas masukan dan respons dari pelanggan. Mengucapkan terima kasih atau memberikan diskon kepada para pelanggan membuat interaksi seperti itu akan meningkatkan customer experience yang baik dan juga menciptakan loyalitas pelanggan di media sosial dalam jangka waktu yang panjang.
Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan dan bisnis untuk beralih dari penggunaan saluran tradisional menjadi ke media sosial sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan customer experience. Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melayani pelanggan serta meningkatkan pengalaman membeli pelanggan secara keseluruhan, sangatlah penting untuk perusahaan di masa depan.
VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda dalam menyediakan media sosial sebagai platform untuk meningkatkan customer experience di perusahaan Anda dengan berbagai channel media sosial yangs sesuai kebutuhan market perusahan Anda. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh VADS Indonesia dan portfolio kami dalam menghandle beberapa klien dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa dan layanan yang ditawarkan oleh VADS Indonesia. Keunggulan lainnya adalah :
- Menyediakan site di 3 kota di Indonesia : Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang
- Memperoleh berbagai penghargaan dari beberapa kategori baik secara corporate, individual, maupun kerja sama dengan klien
- VADS Indonesia memberikan solusi end to end dengan menyediakan seluruh resources, tenaga kerja, dan sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan
- Memiliki talent pool sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang banyak dalam waktu yang singkat
- Memiliki berbagai sertifikas seperti ISO 27001:2013, COPC, BCCP, IPMA, PMP, Sales Forse, dsb.
Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait media sosial sebagai startegi meningkatkan customer experience perusahaan Anda.
Berita Terkait
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020