Berita
- VADS
- Berita
- Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing, Apa Saja?
Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing, Apa Saja?
14 Oktober 2021
Sikap Kerja Seorang Telemarketing
Tugas seorang telemarketing adalah menjual produk atau layanan melalui telepon. Umumnya, telemarketer hanya memiliki beberapa detik untuk meyakinkan seseorang agar tetap mendengarkan penawaran, jadi penting mengetahui sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing untuk mengembangkan seperangkat keterampilan penjualan.
Telemarketer terbaik mengetahui produk yang dijual dan dapat menjawab pertanyaan mendetail tentang produk tersebut. Mereka menyelesaikan kursus pelatihan ekstra dan tahu bagaimana menjaga sikap optimis saat berbicara di telepon. Mari simak informasi tentang sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing di bawah ini.
Komunikasi dengan nada positif
Salah satu sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing adalah komunikasi dengan nada positif. Ketika suara dan kata-kata Anda menjadi satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, memahami dan mempertahankan komunikasi dengan nada positif sangatlah penting.
Nada adalah kualitas suara Anda yang dapat dikelola dengan konsentrasi dan latihan. Saat menangani panggilan, ingatlah untuk selalu bersikap sopan dan berbicara secara positif. Sapalah pelanggan dengan cara yang mereka sukai, gunakan sapaan “Pak” atau “Bu” sebagaimana mestinya. Lalu, dalam keadaan apa pun, Anda tidak boleh berkata kasar. Ingatlah bahwa Anda adalah wajah profesional perusahaan Anda dan juga tenaga penjualan profesional yang punya etika.
Memahami target konsumen
Memahami target konsumen bisa dilakukan dengan cara melakukan riset sebelum melakukan panggilan telepon. Kegiatan telemarketing sering kali membuat kebanyakan orang merasa terganggu karena merasa tidak membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga tidak familiar dengan tenaga telemarketing yang menghubungi mereka.
Sebagai solusi, Anda harus meluangkan waktu memahami target konsumen agar komunikasi bisa tepat sasaran. Contohnya, jika ingin menawarkan produk tabungan bank, carilah informasi mengenai usia, nama, jenis tabungan apa saja yang mungkin sudah dimiliki target konsumen. Dengan melakukan riset, Anda bisa memberi penawaran yang sesuai kebutuhan target konsumen sehingga mereka akan lebih welcome dan merasa tidak asing dengan penawaran yang Anda berikan.
Manajemen waktu secara efisien
Seorang telemarketing juga harus mampu melakukan manajemen waktu secara efisien. Inilah sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing. Hal ini berhubungan dengan banyaknya tugas yang perlu dilakukan, mulai dari mengecek email, mencatat data pelanggan, dan melakukan panggilan telepon. Banyaknya tugas hanya bisa diselesaikan dengan baik jika Anda bisa memanajemen waktu secara efisien.
Mengetahui waktu-waktu tertentu yang tepat untuk menghubungi pelanggan lewat telepon juga sangat penting. Setiap bisnis biasanya punya demografi pelanggan yang menyediakan informasi tentang jam-jam sibuk pelanggan, sehingga seorang telemarketing bisa melakukan panggilan di luar jam-jam sibuk. Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan panggilan bisa membantu Anda mendapatkan respons yang lebih baik dari target pelanggan.
Pendengar yang baik
Seorang telemarketing juga harus punya kemampuan sebagai pendengar yang baik karena pelanggan ingin didengarkan. Meskipun telemarketing pada dasarnya terdiri dari pesan pemasaran atau promosi yang disampaikan melalui telepon kepada pelanggan atau calon pelanggan, target konsumen mungkin punya pertanyaan, keluhan, atau masukan yang perlu didengarkan.
Telemarketing bertujuan mempromosikan atau mengiklankan barang atau jasa perusahaan. Kemampuan mendengarkan pelanggan bisa berdampak terhadap kesuksesan seorang telemarketing dalam merealisasikan prospek potensial lewat promosi yang dilakukan.
Pemahaman menyeluruh tentang produk
Pemahaman menyeluruh tentang produk menjadi salah satu sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing. Dengan pemahaman produk yang baik, maka seorang agen telemarketing dapat meyakinkan pelanggan secara lebih baik.
Informasi yang benar tentang produk digunakan oleh seorang telemarketing untuk menindaklanjuti prospek. Sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing satu ini mendorong strategi pemasaran yang efektif karena pelanggan bisa mendapatkan informasi secara detail dari produk yang ditawarkan sehingga bisa jadi bahan pertimbangan.
Helpful menjawab setiap pertanyaan
Target konsumen mungkin akan memiliki pertanyaan, itulah kenapa seorang telemarketing harus helpful dalam menjawab setiap pertanyaan. Anda harus siap untuk membicarakan masalah atau kekhawatiran apa pun yang target konsumen miliki. Telemarketing bukan hanya soal "menelepon, mendapatkan jawaban, dan menutup telepon".
Walau mungkin sejumlah orang merasa kurang senang mendapat telepon dari telemarketing, bisa jadi beberapa orang lainnya justru akan memberikan respons positif. Itulah kenapa Anda perlu menguasai kemampuan menjawab pertanyaan secara maksimal.
Itulah informasi mengenai beberapa sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing yang perlu Anda ketahui. Menjadi seorang telemarketing yang sukses tidak sulit jika Anda mau terus belajar dan berusaha. Tentunya tidak lupa dibekali dengan software penunjang aktivitas telemarketing seperti yang disediakan oleh VADS Indonesia. Sukses untuk Anda!
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020