Berita
- VADS
- Berita
- Pahami Apa Itu Outsourcing Contact Center Berbasis Cloud
Pahami Apa Itu Outsourcing Contact Center Berbasis Cloud
15 April 2022
Layanan customer support yang baik dimulai dengan memahami kebutuhan dan harapan pelanggan Anda. Bisnis Anda perlu mencari cara yang lebih baik secara sistematis dan berkelanjutan dalam menggunakan teknologi, data, dan operasi. Jadi, sementara contact center tradisional melayani kebutuhan penting panggilan telepon masuk atau keluar, coba pastikan lagi apakah fasilitas ini benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggan Anda? Keterbatasan pada contact center tradisional memicu munculnya outsourcing contact center berbasis cloud. Berikut penjelasannya!
Pengertian cloud contact center
Cloud contact center adalah fasilitas berbasis internet yang menangani semua komunikasi pelanggan masuk dan keluar untuk sebuah perusahaan. Solusi perangkat lunak yang menawarkan rangkaian alat dan aplikasi komprehensif ini memungkinkan Anda memberikan tingkat layanan pelanggan yang luar biasa di berbagai channel, termasuk suara, SMS, email, dan media sosial.
Masih banyak contact center yang saat ini beroperasi menggunakan teknologi lama dan software pusat panggilan yang tidak up-to-date dengan cara komunikasi antara pelanggan dan bisnis saat ini. Cloud contact center bisa jadi solusi karena menggunakan teknologi komunikasi terbaru dan merupakan alternatif modern untuk contact center tradisional. Hal ini menawarkan banyak manfaat bagi bisnis yang ingin terus memenuhi dan melampaui harapan layanan pelanggan.
Jika bisnis Anda masih bergantung pada teknologi contact center lama, Anda mungkin merasakan kerugian akibat keterbatasan sistem. Meskipun telah mengadopsi satu atau dua solusi cloud, solusi tersebut tidak bisa terhubung satu sama lain. Outsourcing cloud contact center hadir sebagai solusi untuk mengatasi semua masalah ini.
Pentingnya cloud contact center bagi bisnis
Bukan tanpa alasan outsourcing contact center berbasis cloud dapat menjadi solusi bagi bisnis. Berikut beberapa keunggulannya:
1. Meningkatkan pengalaman pelanggan sementara Anda memaksimalkan produktivitas agen
Penggunaan beberapa aplikasi dan harus berurusan dengan perangkat keras yang “jadul” dapat mengurangi kinerja agen. Namun, dengan teknologi call center modern, produktivitas bisa ditingkatkan. Dengan fungsi seperti pe-rute-an berbasis keterampilan, pemantauan panggilan, dan dialer prediktif, cloud contact center memberdayakan agen untuk memberikan layanan terbaik.
2. Memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat
Bisnis kerap menerima telepon dari pelanggan yang merasa frustrasi akibat buruknya kualitas layanan sebelumnya. Kondisi ini dapat mempersulit pekerjaan agen, dan semakin parah jika agen dipaksa untuk berulang kali beralih di antara banyak sistem lama pada backend. Dengan menggunakan cloud contact center, Anda bisa menghilangkan rasa frustrasi, human error, hingga waktu tunggu yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
3. Menyesuaikan keterampilan agen dengan kebutuhan pelanggan
Pelanggan kini memiliki banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan perusahaan, termasuk web, seluler, obrolan, suara, tanggapan suara interaktif, email, dan media sosial. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan akses ke kumpulan data besar soal pelanggan yang dapat ditindaklanjuti.
Dengan menggunakan cloud contact center, Anda bisa mengumpulkan dan menyalurkan data pelanggan untuk dianalisis. Alhasil, Anda dapat menggunakan informasi pelanggan berdasarkan perilaku, demografis, dan lokasi untuk mencocokkan agen yang tepat dengan pelanggan yang tepat.
Perbedaan cloud contact center dan call center
Dalam praktiknya, cloud contact center kerap disamakan dengan call center. Walau terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut penjelasannya.
- Sarana komunikasi
Perbedaan mendasar cloud contact center dan call center adalah sarana komunikasi dengan pelanggan yang dipakai. Sementara call center fokus pada saluran telepon lewat berinteraksi dengan pelanggan dan secara langsung menuntaskan masalah, outsourcing contact center berbasis cloud memakai media digital yang lebih variatif (memanfaatkan email, media sosial, hingga aplikasi chat).
- Prosedur pelaksanaan
Umumnya, call center “memaksa” pelanggan untuk menunggu keluhannya diterima dan diselesaikan oleh agen call center. Tidak begitu halnya dengan layanan cloud contact center yang memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan. Bisnis yang memanfaatkan outsourcing contact center memberi pelanggan opsi untuk menyampaikan keluhan mereka via email atau chatbot.
Dengan demikian, pelanggan bisa terlebih dulu menganalisis sendiri permasalahan yang mereka hadapi. Tersedia juga opsi bagi pelanggan untuk bercakap dengan agen contact center bila memang ada hal yang ingin diketahui.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa cloud contact center adalah fasilitas yang dibutuhkan bisnis jika ingin meningkatkan layanan pelanggan. Bisnis yang menggunakan layanan outsourcing contact center berbasis cloud tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan berupa layanan pelanggan yang meningkat, tapi juga pemberian informasi yang on-time dan penyesuain agen dengan kebutuhan pelanggan.
Jika tertarik menggunakan cloud contact center, Anda bisa menghubungi PT VADS Indonesia yang menyediakan layanan outsourcing contact center berbasis cloud. Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai cara meningkatkan layanan pelanggan untuk bisnis dengan menghubungi marketing@vads.co.id. Lakukan konsultasi tentang layanan pelanggan dan berbagai layanan PT VADS Indonesia lainnya untuk membantu berbagai kebutuhan perusahaan Anda.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020