Berita
- VADS
- Berita
- Optimalkan Customer Service dengan Chatbot
Optimalkan Customer Service dengan Chatbot
22 Juli 2020
Chatbot sudah mulai digunakan oleh berbagai perusahaan terutama yang berbasis teknologi digital. Chatbot memang sangat berguna bagi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan dapat menghemat pengeluaran mereka terutama dalam merespons pelanggan. Sehingga banyak perusahaan mengadopsi chatbot. Berdasarkan artikel yang berjudul Chatbot Report 2019: Global Trends and Analysis yang dipublish oleh chatbotsmagazine.com mengatakan bahwa pada tahun 2020 ini diprediksi 80% dari perusahaan akan menggunakan chatbot. Sedangkan pada tahun 2022 bank dapat mengotomatisasikan interaksi nasabahnya hingga 90% dengan menggunakan chatbot.
Chatbot terdengar mirip dengan manusia sungguhan dan dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan cepat dikarenakan cara kerja yang menggunakan kata kunci (keyword) untuk membantu mendeteksi jawaban yang sudah diprogram sehingga dapat menjawab pertanyaan seperti manusia yang sedang berbicara dengan customer. Hal tersebut didukung dengan Artificial Intelligence seperti Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing.
Chatbot dapat digunakan untuk membantu customer service karena di era digital seperti saat ini, pelanggan memiliki ekspektasi tinggi terhadap perusahaan yaitu dengan dibutuhkannya respon yang cepat dan dapat menyelesaikan apa yang customer inginkan dengan cepat dan tepat. Sehingga dengan menggunakan chatbot, dapat meningkatkan sisi jam kerja yaitu dapat standby selama 24 jam. Selain itu, dengan menggunakan chatbot perusahaan dapat menghemat anggaran yang lebih efisien untuk meningkatkan customer service. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Spiceworks mengenai penggunaan chatbot oleh perusahaan yang dilakukan pada bulan Maret 2018 lalu bahwa 20% departemen customer service sudah menggunakan chatbot. Customer service menduduki urutan ke-3 dalam daftar bagian yang menggunakan chatbot untuk membantu dan meningkatkan pekerjaan mereka. Berikut ini merupakan manfaat chatbot yang dapat digunakan untuk customer service :
- Standby 24 Jam. Chatbot dapat digunakan agar selalu sedia melayani konsumen tanpa batas waktu tertentu. Sehingga chatbot merupakan solusi yang tepat untuk melayani customer kapan saja dan dimana saja.
- Menghemat Biaya Operasional. Chatbot dapat melakukan banyak tugas dengan cepat dan tepat. Chatbot dapat menjawab pertanyaan secara general, dengan optimisasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya seperti mengurangi jumlahh panggilan masuk dan dapat meningkatkan efisiensi.
- Meningkatkan Lead Generation. Chatbot dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan data pengunjung seperti nama, email, dan nomor telepon, dan kebutuhan customer tersebut, sehingga perusahaan dapat mengetahui potensial customer.
- Meningkatkan Customer Experience. Chatbot dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh customer dengan cepat dan tepat sehingga customer tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan respons dari perusahaan. Hal tersebut dapat membuat customer merasa senang karena merasa keluhan dan informasi yang dibutuhkan dapat ditanggapi dengan cepat.
Kegunaan chatbot lainnya dalam membantu customer service adalah dapat digunakan untuk mengurangi delay waktu tunggu saat customer menanyakan informasi atau produk kepada perusahaan yang mungkin dapat dilakukan pencarian secara manual oleh mesin seperti menanyakan produk atau menanyakan informasi jumlah stok karena chatbot dapat menjawab permiintaan-permintaan yang umum dan berulang ditanyakan seperti “Frequently Asked Questions”. Sehingga chatbot dapat membantu perusahaan menghemat waktu dan mengurangi kehilangan customer yang disebabkan karena terlalu lama dalam memberikan jawaban.
Keberadaan chatbot dalam dunia customer service menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan. Chatbot dapat membangun percakapan dengan customer secara proaktif dengan menggunakan berbagai rekomendasi dan bantuan yang ditawarkan sehingga customer merasa terbantu. Secara tidak langsung, fungsi tersebut dapat membuat chatbot dimanfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas customer experience pada perusahaan. Dengan adanya chatbot, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak calon customer sehingga dapat menghemat pengeluaran bisnis.
Bagaimanapun juga chatbot tidak bisa menangani masalah yang kompleks seperti tidak semua keluhan dapat dijawab dan diselesaikan hanya dengan menggunakan robot. Dibutuhkan customer service untuk melengkapi perusahaan dalam menjawab keluhan konsumen. Ketika customer memiliki sebuah masalah, hal terpenting lainnya yang dibutuhkan oleh customer adalah penyelesaian masalah yang dapat memahami mereka. Empati sangat penting ketika customer mengalami kekecewaan atau permasalahan yang mereka hadapi. Sehingga dibutuhkan customer service yang dapat memahami mereka dan juga mampu menunjukkan empati sebagai customer service.
VADS Indonesia dapat membantu perusahaan dalam mengaplikasikan chatbot untuk meningkatkan customer experience dengan produk yang mudah digunakan, hemat biaya, dan dapat merespon pelanggan lebih cepat selama 24 jam kapanpun dan jam berapapun. Selain itu, perusahaan juga dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dengan merespon cepat sehingga dapat membuat customer senang dan dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut dalam membantu perusahaan melengkapi customer service dengan chatbot.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020