Berita
- VADS
- Berita
- Kenapa Harus Menggunakan BPO Contact Center?
Kenapa Harus Menggunakan BPO Contact Center?
28 Oktober 2020
Persaingan di era teknologi yang serba cepat seperti sekarang ini membuat berbagai perusahaan saling berkompetisi untuk menujukkan produk dan layanan terbaiknya. Perusahaan membutuhkan bantuan pihak ketiga dalam mengelola beberapa kegiatan yang dapat membantu perusahaan untuk lebih fokus terhadap bisnis utama mereka. Hal ini disebut dengan istilah Business Process Outsourcing (BPO) yaitu proses outsourcing atau pengalihdayaan beberapa fungsi bisnis oleh pihak ketiga khusus. Beberapa layanan yang dapat didukung oleh BPO diantaranya adaah duungan layanan penjualan, dukungan pelanggan, dan juga dukungan teknis seperti keuangan, hukum, pengembangan, marketing, desain produk, sumber daya manusia, dan juga contact center.
Era kompetisi seperti yang dijelaskan sebelumnya membuat perusahaan harus semakin optimal dalam memberikan pelayanannya kepada para konsumennya. Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh Zendesk Customer Experience Trends Report 2020, sebanyak 51% konsumen memiliki ekspektasi terhadap respons yang dilakukan oleh perusahaan dibawah 5 menit ketika mereka sedang menghubungi perusahaan melalui contact center. Oleh sebab itu, BPO dibutuhkan dalam bidang pelayanan pelanggan ini salah satunya adalah BPO contact center untuk membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang optimal.
Apa itu BPO Contact Center?
BPO contact center adalah layanan alihdaya yang menangani pelayanan kepada pelanggan melalui panggilan masuk (inbound) dan panggilan keluar (outbound). Jika perusahaan ingin fokus pada bisnis inti nya dan meningkatkan produktivitas serta efisiensi terutama dalam melayani pelanggan, menggunakan BPO contact center dapat menjadi salah satu pertimbangan. Sebagai contoh, apabila perusahaan Anda menjual produk atau layanan, maka vendor outsourcing atau BPO contact center ini akan menangani tugas seperti menjawab panggilan dari pelanggan Anda atau dapat menjalankan tugas sebagai telemarketing untuk menawarkan produk dan layanan dari perusahaan Anda.
Jenis-jenis BPO Contact Center
Aktivitas BPO contact center terdiri dari dua jenis pusat panggilan, yaitu :
1. Inbound Contact Center Outsourcing
Inbound contact center outsourcing adalah menjawab panggilan masuk dari pelanggan seperti pelanggan yang melakukan pemesanan, memberikan informasi terkait kebutuhan pelanggan, dan menangani keluhan pelanggan.
2. Outbound Contact Center Outsourcing
Outbound contact center outsourcing adalah melakukan panggilan keluar kepada panggilan dan prosesk yang ada seperti menawarkan produk dan layanan perusahaan dan memberikan informasi terbari terkait produk dan layanan perusahaan.
Selain melakukan dan menerima panggilan, aktivitas yang dilakukan BPO contact center juga mencakup seperti entri data dan pekerjaan back end lainnya, layanan service desk, front dan back office, dukungan teknis, dan juga riset pasar sesuai kebutuhan pelanggan perusahaan.
Kenapa Menggunakan BPO Contact Center?
Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan dapat memilih untuk lokasi outsourcing baik di luar kota maupun di negara lain dengan begitu memberi bisnis akses ke tenaga kerja yang terdidik dengan biaya yang rendah menyesuaikan dengan permintaan perusahaan. Perusahaan dapat memilih sejumlah opsi dengan mitra BPO contact center seperti memilih opsi secara full outsource, manage services, atau hanya dengan job supply.
BPO contact center dapat memberikan fleksibilitas kepada perusahaan untuk membentuk fungsi layanan dalam memenuhi kebutuhan bisnis perusahan terutama dalam menggunakan teknologi contact center yang semakin canggih dan serbaguna. Berikut ini merupakan beberapa alasan lainnya yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menggunakan BPO contact center :
- Hemat Biaya. Karena memiliki contact center secara inhouse tidaklah murah. Dibutuhkan biaya untuk tempat, infrastruktur, peralatan, biaya pelatihan, gaji karyawan, dan lainnya yang bisa dilakukan dengan outsourcing untuk biaya yang lebih hemat. Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan tidak perlu melakukan biaya apapun seperti IT infrastructure dan pusat data, perusahaan tidak perlu melatih tenaga kerja atau agen mereka sendiri karena BPO contact center dapat membantu Anda dengan biaya yang lebih hemat.
- Hemat Waktu. Perusahaan dapat menghemat waktu untuk merekrut tenaga kerja dan menjalankan contact center secara keseluruhan. Karena merekrut tenaga kerja membutuhkan banyak waktu dan akan memakan waktu yang berharga dari kegiatan bisnis perusahaan Anda. Selain itu, perusahaan juga akan menghabiskan waktu untuk pelatihan dan mengelola karyawan baru sehingga apabila menggunakan BPO contact center semuanya akan terbantu dalam mengelola tenaga kerja yang berkualitas dan berpengalaman.
- Mengembangkan Bisnis Perusahaan. Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan dapat fokus pada bisnis inti perusahaan sehingga perusahaan dapat mengembangankan bisnisnya. Hal ini meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena perusahaan lebih fokus pada operasional dan kegiatan lainnya yang berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan perusahaan dan fokus dalam memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan perusahaan.
Gunakan BPO Contact Center untuk Memberikan Layanan Pelanggan yang Optimal
Kemampuan perusahaan untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang positif dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang. Dibutuhkan respons yang cepat, tepat, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Dlam hal itu, cara paling tepat adalah dengan melakukan outsourcing kepada ahlinya. VADS Indonesia adalah market leader dalam menyediakan customer experience dan layanan outsourcing contact center. Dengan menggunakan VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendaatkan layanan pelanggan yang berkualitas tanpa harus membuang waktu dan sumber daya dari fungsi bisnis utama Anda. Beberapa manfaat menggunakan layanan dari VADS Indonesia adalah :
- Memiliki headquarter di Malaysia. Selain itu, lokasi kantor yang dimiliki oleh VADS Indonesia ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.
- Memiliki sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan data dan infrastruktur
- Memiliki sertifikasi Metodologi Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL) dalam meningkatkan kualitas secara efisien dan efektif.
- Melayani 24/7 selama 365 hari
- Memiliki tenaga ahli yang tersertifikasi
Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana BPO contact center dapat memaksimalkan layanan pelanggan di perusahaan Anda, Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkat layanan pelanggan, contact center, dan customer service untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan Anda.
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020