Berita
- VADS
- Berita
- Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center
Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Contact Center
02 April 2021
Dalam dunia layanan pelanggan, perusahaan harus bisa mengukur kepuasan pelanggan untuk mengetahui sejauh mana produk dan layanan perusahaan dapat memenuhi harapan pelanggan sehingga bisa menciptakan kesuksesan merek dan juga perusahaan. Kepuasan pelanggan berfokus pada hal yang sama yaitu bagaimana perusahaan dapat mengukur ekspektasi pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka akan semakin besar pelanggan akan bertahan dan meningkatkan pembelian kepada perusahaan tersebut.
Banyak contact center menggunakan survei kepuasan pelanggan di akhir panggilan. Pelanggan diminta untuk mengisi survei singkat setelah setiap panggilan dan menilai tingkat layanan yang mereka terima dan memahami bagaimana perasaan pelanggan tentang bisnis Anda. Survei kepuasan pelanggan membantu perusahaan menemukan masalah dengan layanan mereka secara tepat waktu. Mereka juga memberikan visibilitas ke kinerja setiap anggota tim Anda.
Kepuasan pelanggan adalah metrik penting bagi perusahaan karena memberikan wawasan tentang hal-hal seperti loyalitas pelanggan, kemungkinan churn, dan juga membantu mengidentifikasi masalah dengan produk atau layanan. Perusahaan yang memberikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi juga dapat menggunakannya untuk membedakan dirinya dari pesaingnya. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dijadikan pedoman untuk contact center Anda dalam menciptakan kepuasan pelanggan :
Memahami harapan pelanggan perusahaan Anda
Masih banyak pelanggan yang tidak puas terhadap layanan suatu perusahaan, ketidakpuasan tersebut harus dikumpulkan dan diberikan umpan balik untuk perusahaan memahami apa yang diharapkan pelanggan untuk perusahaan Anda. Mengadakan survey kepuasan pelanggan menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah pelanggan sudah puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Metode survey yang dilakukan bisa melalui telepon, email, IVR, online maupun tatap muka sehingga dapat memberikan insight yang dapat mengembangkan perusahaan.
Jangan membuat pelanggan menunggu
Layanan contact center perusahaan dapat menawarkan panggilan kembali selama periode waktu antrian yang lama ketimbang membuat pelanggan dipaksa menunggu. Solusi contact center yang baik dapat membuat pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan kepada perusahaan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review yang disebutkan dalam artikel Genesys mengatakan bahwa pelanggan yang keluhannya ditangani dalam waktu kurang dari lima menit membelanjakan lebih banyak uang dengan perusahaan Anda untuk pembelian di masa mendatang. Hal ini membuktikan bahwa semakin pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, maka akan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan tersebut.
Memberikan pelatihan dan pengembangan professional kepada tenaga contact center
Tim contact center yang terlatih dan professional membuat mereka lebih efisien dalam memberkan layanan yang lebih baik dan juga menjadi layanan pelanggan yang unggul sehingga akan berdampak menciptakan skor customer satisfaction atau kepuasan pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan Anda.
Memberikan dukungan di multichannel
Dengan menggunakan layanan contact center yayng lebih bervariasi dalam menggunakan media yang digunakan seperti media sosial, live chat, telepon, dan juga email yang menjadi semakin penting untuk pelanggan sehingga layanan contact center perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Dukungan multichannel dan juga omnichannel ini tidak hanya menawarkan banyak channel, namun juga hal ini menghindari pelanggan memberikan informasi yang berulang kepada agent contact center yang bebeda karena hal tersebut dapat mengganggu pelanggan dan berpotensi merusak reputasi perusahaan karena ketidakpuasan pelanggan.
Memberikan contact center yang proaktif
Menghubungi pelanggan sebelum mereka menelpon perusahaan Anda supaya lebih efektif, tepat waktu, personalisasi, dan juga relevan dengan konsumen perusahaan Anda. Strategi proaktif ini bisa diterapkan dengan telesales, telereminder, telecollection, dan juga teleretention yaitu contohnya sebagai pengingat pembayaran, skema loyalitas pelanggan yang dipersonalisasi, dan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru dari perusahaan Anda. Startegi ini dapat mengurangi panggilan masuk dan juga meningkatkan efisiensi dari agent contact center. Hal ini juga membuktikan bahwa menawarkan layanan pelanggan yang baik tidak hanya baik untuk pelanggan saja, namun juga baik untuk kelanjutan bisnis kedepannya sehinggan menghasilkan revenue untuk perusahaan.
Memberikan manfaat tambahan
Berikan pelanggan Anda dengan penawaran gratis atau potongan harga sehingga dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Diskon yang diberikan untuk produk yang selama ini menjadi incaran pelanggan Anda atau memberikan aksesori tambahan sebagai dukungan pasca pembelian akan membuat pelanggan merasa puas dan diperhatikan dengan kebutuhannya sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga membangun citra positif merek dan peruasahaan Anda.
Data yang dimiliki terkait dengan survey kepuasan pelanggan merupakan cerminan pengalaman pelanggan sebenarnya terhadapa perusahaan Anda. Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan Anda untuk mengambil tindakan. Penting untuk data tersebut diolah sehingga dapat dijadikan peluan untuk perusahaan Anda dalam meningkatkan kepuasa pelanggan terutama dengan menyediakan jasa atau produk sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
Menciptakan kepuasan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan
Berita Terkait
17 Desember 2024
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020