Berita
- VADS
- Berita
- 5 Tips Memilih Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Perusahaan
5 Tips Memilih Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Perusahaan
09 Desember 2021
Pembeli adalah raja, karenanya sebuah bisnis harus memberikan pelayan terbaik untuk pelanggan mereka. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan pelanggan atau customer service yang baik. Survei menunjukkan bahwa 80% pelanggan menyatakan bahwa respons cepat dari customer service tidak hanya penting, tetapi juga memengaruhi kesetiaan mereka kepada suatu perusahaan. Dari sini, semakin terlihat bahwa customer service adalah elemen penting dalam membangun sebuah perusahaan.
Pada era digital ini, di mana komunikasi semakin beragam, bentuk customer service juga ikut berkembang. Jika tadinya customer service hanya dilakukan lewat telepon, kini pelanggan bisa menghubungi perusahaan dengan mudah lewat media sosial atau email. Ada pula aplikasi customer service yang bisa dipakai untuk menunjang pelayanan Anda. Namun, sebelum memilih aplikasi customer service, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips di bawah ini.
Kenali pelanggan bisnis Anda
Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup berdampingan dengan teknologi. Teknologi begitu memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Namun, dalam memilih aplikasi untuk customer service, Anda perlu memperhatikan bahwa tidak semua pelanggan Anda familiar dengan teknologi.
Kenali terlebih dahulu pelanggan bisnis Anda. Jika sebagian besar pelanggan Anda adalah orang tua, umumnya mereka lebih senang menggunakan telepon. Namun, jika pelanggan Anda adalah anak muda, mereka umumnya cenderung menyukai layanan self-service di mana mereka bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dengan sedikit bantuan dari customer service.
Dengan mengenali pelanggan, Anda bisa memutuskan aplikasi customer service seperti apa dan fitur apa saja yang penting untuk dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut. Pada aplikasi customer service, Anda bisa mengombinasikan beberapa fitur seperti call center yang cocok untuk pelanggan berusia tua, fitur live chat, email, media sosial, dan frequently asked questions (FAQs) untuk pelanggan yang lebih muda.
Identifikasi juga kebutuhan bisnis
Sebelum Anda menentukan aplikasi untuk customer service, identifikasi terlebih dahulu apa yang bisnis Anda butuhkan sehingga Anda bisa memilih aplikasi dengan fitur yang tepat. Misalnya, Anda perlu meningkatkan kecepatan customer service perusahaan Anda dan ingin pelayanan 24 jam. Maka, pilihlah aplikasi dengan fitur chatbot atau live chat di mana pelanggan bisa dengan cepat mendapat jawaban dari pertanyaan mereka kapan saja.
Tulis daftar kriteria aplikasi customer service
Buatlah daftar kriteria aplikasi customer service yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi untuk customer service memiliki banyak fitur yang mendukung pelayanan suatu perusahaan. Namun, harus disesuaikan juga dengan kebutuhan dan budget perusahaan.
Apakah Anda menginginkan aplikasi yang tersambung dengan beberapa channel? Aplikasi seperti ini biasanya bisa tersambung dengan Facebook, Twitter, call center, live chat, dan email. Ada pula aplikasi yang berorientasi pada self-service dan pusat bantuan, di mana pelanggan dapat mencari informasi mengenai masalahnya dengan asistensi dari customer service.
Pelajari fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi
Tips berikutnya adalah sesuaikan fitur dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pelajari terlebih dahulu fitur yang ditawarkan aplikasi. Umumnya, fitur yang sering dibutuhkan adalah fitur untuk menghubungkan beberapa saluran layanan cepat tanggap seperti SMS, telepon, media sosial, email, dan lain-lain. Namun, banyak aplikasi yang menawarkan fitur lain yang mungkin saja Anda perlukan.
Salah satunya adalah fitur untuk mengunggah konten terbaru dalam bentuk artikel untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Fitur seperti ini ideal untuk membantu pelanggan karena mereka tidak perlu langsung menghubungi agent call center, tetapi bisa mencari tahu sendiri solusi dari permasalahannya lewat konten yang disediakan perusahaan.
Cek testimoni dari pelanggan sebelumnya
Untuk memastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan bagus dan terpercaya, Anda bisa melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya. Anda bisa melihatnya dari blog atau website lain yang membahas tentang produk tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada sesama pebisnis yang sebelumnya sudah menggunakan aplikasi customer service tersebut. Jangan sampai salah memilih aplikasi yang justru menjauhkan hubungan Anda dengan pelanggan.
Menggunakan aplikasi customer service yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga kepuasan pelanggan pun terpenuhi. Lakukanlah tips-tips di atas, maka Anda mampu memilih aplikasi untuk customer service yang tepat. Contohnya seperti solusi customer service yang disediakan oleh VADS Indonesia. Baik untuk komunikasi inbound atau outbound, Anda bisa klik di sini untuk mendapatkannya sekarang juga!
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020