Berita
- VADS
- Berita
- 3 Perbedaan Omnichannel dan Multichannel, Jangan Sampai Tertukar!
3 Perbedaan Omnichannel dan Multichannel, Jangan Sampai Tertukar!
07 Februari 2023
Ketatnya persaingan bisnis di era modern telah mendorong berbagai brand dan perusahaan untuk menemukan strategi marketing yang paling efektif. Semua sumber daya dimaksimalkan, berbagai kampanye disiapkan, namun terkadang pebisnis juga kebingungan; mana strategi marketing yang sebaiknya diterapkan?
Ada banyak sekali ragam solusi untuk meningkatkan penjualan, beberapa yang paling terkenal adalah omnichannel dan multichannel. Pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya? Sekilas, keduanya memang terdengar serupa, namun nyatanya mereka tidak sama. Untuk mengetahui pengertian dan perbedaan keduanya, simak penjelasan lengkap berikut ini!
Apa itu omnichannel?
Sebagai pembuka, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu omnichannel, Ditilik dari namanya, istilah ini berasal dari kata omni yang berarti universal dan channel yang berarti saluran. Secara sederhana, omnichannel adalah strategi untuk mengintegrasikan berbagai saluran penjualan yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat terhubung lebih dekat dengan pelanggan.
Anda mungkin pernah memerhatikan suatu brand memiliki toko di beberapa platform, baik secara online maupun offline. Namun, informasi detail semua platform tersebut dapat Anda dapatkan dalam satu tempat dan saling terhubung. Cara paling mudah untuk menyadarinya adalah buka akun media sosial dari brand favorit Anda, cek bagian bio, dan jika terdapat link, klik link tersebut.
Jika mereka menerapkan strategi omnichannel, maka Anda dapat menemukan website resmi atau pilihan tautan untuk menuju ke toko mereka di berbagai platform. Secara sederhana, apa yang dilakukan brand tersebut dapat dikatakan sebagai strategi omnichannel.
Apa itu multichannel?
Setelah memahami makna dari omnichannel, sekarang kita perlu mengetahui apa itu multichannel. Meski mirip dengan istilah sebelumnya, multichannel jelas berbeda. Istilah ini merujuk ke suatu model bisnis di mana perusahaan menggunakan sebanyak mungkin channel untuk menghasilkan penjualan.
Dari pengertian dan tujuannya saja sudah berbeda karena tidak ada integrasi pada strategi ini. Semua saluran akan berjalan masing-masing dan biasanya strategi ini dapat ditemukan di berbagai iklan, radio, televisi, dan masih banyak lagi.
Perbedaan omnichannel dan multichannel
Setelah memahami kedua istilah penting di atas, Anda mungkin masih bertanya-tanya soal apa perbedaan antara keduanya? Supaya lebih jelas, silakan simak penjelasannya berikut ini.
1. Jumlah channel
Pada strategi multichannel, jumlah saluran yang dimiliki oleh perusahaan adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan multichannel memandang kalau semakin banyak saluran yang dimiliki, maka semakin tinggi juga kemungkinan untuk mendapatkan pembeli.
Hal sebaliknya terjadi pada omnichannel. Alih-alih berorientasi pada jumlah, strategi ini lebih menekankan pada integrasi antar-salurannya. Hal ini dikarenakan setiap saluran punya karakteristik masing-masing dan tidak semuanya cocok dengan karakter perusahaan atau produk yang dijual.
2. Tujuan
Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan signifikan antara multichannel dengan omnichannel adalah tujuannya. Strategi multichannel lebih berfokus untuk memanfaatkan saluran penjualan sebanyak-banyaknya, entah itu melalui toko fisik hingga online. Dengan semakin banyaknya channel yang dimiliki, maka semakin banyak juga kebutuhan pelanggan yang dapat terjawab.
Hal ini lagi-lagi berbeda dari omnichannel; alih-alih jumlah, kenyamanan pengguna untuk mendapatkan informasi dan melakukan transaksi di setiap channel menjadi fokus utamanya. Pada brand yang menerapkan strategi ini, Anda akan menemukan kalau konten dan informasi yang dibagikan akan selalu konsisten dan memiliki kesamaan di setiap channel-nya.
3. Informasi yang diberikan
Pada strategi multichannel, biasanya informasi yang dibagikan oleh sebuah brand akan berbeda di setiap channel-nya. Karena tidak ada integrasi satu sama lain, setiap channel seolah berdiri masing-masing dan pengguna bisa saja mendapatkan informasi yang berbeda dari setiap channel tersebut.
Hal ini tentu berbeda dari omnichannel; karena setiap saluran penjualan sudah terintegrasi, maka perusahaan akan membagikan informasi yang sama pada semua channel yang diintegrasikan. Dengan begitu, semua pengguna mendapatkan informasi yang sama di saluran mana pun mereka melihatnya.
Lebih baik omnichannel atau multichannel?
Setelah mengetahui berbagai perbedaan antara multichannel dan omnichannel, lalu mana yang lebih baik di antara keduanya? Untuk layanan pelanggan yang lebih maksimal, tentu saja omnichannel jawabannya. Dengan integrasi yang baik di setiap channel penjualan, brand akan mampu memberikan pengalaman positif kepada pelanggan. Para pelanggan juga akan dimudahkan dalam menemukan informasi hingga melakukan transaksi. Karena pelanggan merasa puas, maka tidak sulit bagi bisnis yang menerapkan strategi omnichannel untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.
Kini, Anda telah memahami perbedaan antara omnichannel dan multichannel. Untuk penerapan strategi marketing dan layanan pelanggan yang terintegrasi di seluruh channel, segera terapkan omnichannel pada bisnis Anda dengan menghubungi PT VADS Indonesia.
Berbekal pengalaman selama lebih dari satu dekade dan portofolio lengkap hasil kerja sama dengan berbagai perusahaan besar, VADS Indonesia mampu menjawab tantangan bisnis Anda untuk menghasilkan dampak yang maksimal dari strategi omnichannel. Tertarik untuk mengintegrasikan semua channel penjualan dan layanan pelanggan Anda? Hubungi VADS sekarang juga!
Berita Terkait
15 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020