Berita
- VADS
- Berita
- WhatsApp Business API untuk Memaksimalkan Customer Service
WhatsApp Business API untuk Memaksimalkan Customer Service
08 Juli 2020
Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business untuk Customer Service
Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat aktif berbelanja secara daring. Produk yang dibeli secara daring lebih memberikan banyak pilihan baik itu produk maupun platform belanja daring tersebut. Penerapan pembatasan fisik dan sosial guna menghindari penularan Covid-19 membuat banyak masyarakat seminimal mungkin untuk keluar rumah. Sehingga belanja daring menjadi solusi di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. Peningkatan aktivitas belanja daring juga didorong oleh kemudahan akses berbelanja melalui internet. Platform belanja daring tidak hanya terdiri dari aplikasi e-commerce saja namun juga melalui aplikasi percakapan yaitu WhatsApp. WhatsApp dipilih sebagai media komunikasi karena banyak pelanggan yang lebih mudah dalam menggunakan WhatsApp dibanding menggunakan aplikasi belanja lainnya. Berdasarkan data dari Harian Kompas (3/7), penggunaan WhatsApp sebagai sarana komunikasi dimanfaatkan untuk menghubungkan pembeli dan penjual pasar tanpa harus pergi ke lokasi terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Fenomena tersebut merupakan peluang transaksi digital yang terjadi secara global dan dapat dimanfaatkan pemilik usaha.
Ilustrasi belanja online | unsplash.com
Di masa pandemi seperti saat ini, perusahaan berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan untuk dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan memanfaatkannya untuk customer service. WhatsApp Business dapat digunakan untuk meningkatkan customer experience dan mengurangi biaya dalam penggunaannya. Saat ini WhatsApp Business mulai dilirik oleh berbagai perusahaan sebagai marketing tool mereka. WhatsApp Business dapat digunakan untuk perusahaan dapat lebih dekat dengan customer. Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat menjangkau customer lebih cepat dengan cara yang efisien. WhatsApp sendiri dapat digunakan di Android, iPhone, Mac, Windows, dan Tablet sehingga banyak customer di berbagai platform tersebut dengan mudah menghubungi perusahaan. Sehingga banyak customer cenderung memiliki ekspektasi tinggi bahwa percakapan mereka akan segera dijawab oleh customer service.
Lalu apa bedanya dengan WhatsApp Business API? API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memungkinkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan begitu, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan sistem lain dalam bisnis yang perusahaan sudah miliki, misalnya CRM dan customer service. Versi ini berbeda dengan Whatsapp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau modifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.
Whatsapp Business API membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan calon klien, pelanggan, dan karyawan. Integrasi Whatsapp dengan sistem CRM akan mempermudah pengelolaan dalam mengirimkan notifikasi dan mengatasi customer service, di antaranya yaitu memudahkan customer untuk berinteraksi dengan perusahaan, dapat meningkatkan respon terhadap keluhan customer, dan dapat dengan cepat merespon customer dalam hal pertanyaan umum lainnya. Berbagai fitur yang dimiliki WhatsApp Business API diantaranya adalah :
- Akun Dilihat Sebagai WhatsApp Business. Ketika melakukan chat kepada customer, di bagian paling atas chat konsumen akan mendapatkan pemberitahuan bahwa customer sedang melakukan chat dengan akun bisnis. Dengan adanya pemberitahuan ini, maka customer akan lebih percaya kepada perusahaan. Keuntungan lainnya WhatsApp Business adalah perusahaan dapat mengoptimalkan profil bisnis seperti foto profil dengan menggunakan logo perusahaan, alamat lengkap, kategori bisnis, deskripsi bisnis, hari dan jam operasional perusahaan, email bisnis dan juga website bisnis sehingga customer dapat mengetahui profil perusahaan melalui WhatsApp Business perusahaan dan akun WhatsApp perusahaan terlihat lebih profesional.
- Integrasi dengan layanan customer service seperti CRM. Jika aplikasi atau website perusahaan ingin dapat mengirimkan pesan WhatsApp otomatis by system, seperti kode OTP, pesan pemberitahuan nomor resi, informasi tagihan, dan lain lain, bisa koneksikan melalui WhatsApp Business API.
- Terdapat Analisis Data Interaksi Pelanggan. WhatsApp Business menyediakan informasi detail terkait dengan interaksi customer untuk perusahaan, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan juga dibaca. Sehingga statistik data tersebut dapat berguna untuk perusahaan mengetahui seberapa pesan dapat tersampaikan kepada customer.
- Bisa Pakai Nomor Perusahaan/Kantor. Fitur selanjutnya yang dapat dirasakan yang WhatsApp Business API miliki yaitu fitur penggunaan telepon perusahaan selain nomor seluler sehingga akan membuat akun WhatsApp Business perusahaan terlihat lebih profesional. Dengan menggunakan nomor dan profil perusahaan dengan lebih jelas, maka customer dapat lebih percaya dengan akun WhatsApp Business perusahaan.
- Pesan Otomatis (Auto Response). Perusahaan harus dapat melayani customer dengan sepenuh hati setiap saat. Salah satunya adalah dengan menjawab pertanyaan dari customer yang terkadang datang di luar jam kerja. Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat dipermudah dalam berkomunikasi dengan customer dengan menggunakan fitur Auto Response (Pesan Otomatis). Perusahaan dapat menciptakan pesan balasan apapun dan mengirimnya secara otomatis ketika tidak dapat menjawab atau membalas pesan customer. Pesan tersebut akan langsung terkirim kepada konsumen yang mengontak secara personal.
Whatsapp Business API memberikan pengalaman interaksi dengan bisnis bagi customer yang aman dan bebas spam. Fitur-fitur yang dimilikinya memudahkan pemilik bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Sebaliknya, customer juga dipermudah dalam menjangkau bisnis. Inilah yang menjadi keunggulan Whatsapp Business untuk customer service.
Penggunaan WhatsApp untuk berkomunikasi | unsplash.com
WhatsApp Business API bertujuan untuk mempermudah komunikasi perusahaan dengan customer sehingga dengan adanya WhatsApp Business API dapat meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat customer melakukan repurchase intention apabila mendapatkan pengalaman membeli yang baik. Sehingga dibutuhkan pelayanan yang baik untuk dapat mengambil hati konsumen. WhatsApp Business API merupakan salah satu solusi tepat untuk dapat meningkatkan repurchase intention tersebut sehingga dapat meningkatkan bisnis perusahaan
Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol dan memegang kendali pada customer service untuk memuaskan pelanggan Anda, VADS Indonesia hadir untuk membantu anda dalam mengaplikasikan dan mengintegrasikan WhatsApp Business API. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi digital tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun konsumen bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda menggunakan WhatsApp Business API.
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020