Berita
- VADS
- Berita
- Apa Itu Call Center: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya
Apa Itu Call Center: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya
01 November 2021
Apa itu call center? Sebenarnya, apa fungsi call center di sebuah perusahaan? Bagi sebuah perusahaan, keberadaan klien atau pelanggan sangatlah penting. Tanpa adanya pelanggan, perusahaan mustahil bisa berkembang.
Maka dari itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah keharusan. Adanya call center akan membantu Anda menjalankan fungsi tersebut. Call center akan berperan sebagai jembatan yang menghubungkan Anda dengan para pelanggan. Untuk menjawab pertanyaan apa itu call center dan fungsinya di perusahaan, mari simak penjelasan berikut ini.
Apa yang dimaksud dengan call center?
Apa itu call center? Call center sendiri merupakan frasa dalam bahasa Inggris yang berarti “pusat panggilan”. Seperti namanya, call center merupakan suatu bagian dalam perusahaan yang menjadi pusat untuk menerima atau melakukan panggilan.
Umumnya, call center di sebuah perusahaan merupakan sebuah bentuk layanan kepada pelanggan. Melalui call center, pelanggan dapat berkomunikasi dengan perusahan. Entah itu memberikan feedback, melayangkan komplain, atau bahkan menanyakan informasi terkait produk yang dijual.
Pada model konvensional, call center dilakukan oleh internal perusahaan. Artinya, perusahaan merekrut karyawan yang diberi job desc sebagai call center. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, call center juga bisa dialihdayakan kepada pihak ketiga di luar perusahaan.
Fungsi call center di perusahaan
Lalu, apa fungsi dari call center itu sendiri? Fungsi call center berhubungan erat dengan komunikasi terhadap pelanggan, berikut rinciannya:
- Sebagai penghubung antara perusahaan dan pelanggan.
- Sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan terkait dengan produk perusahaan.
- Menjalankan aktivitas pemasaran (marketing) kepada calon pelanggan melalui sambungan telepon.
- Melakukan riset pasar dengan menganalisis data yang didapat dari komunikasi terhadap pelanggan.
Tugas dan tanggung jawab call center
Setelah membahas tentang apa itu call center berikut dengan fungsinya, sekarang mati membahas tentang tugas dan tanggung jawabnya. Tugas utama call center sendiri adalah menerima dan menjawab panggilan dari pelanggan sehingga terjadi komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban call center:
- Menerima dan menjawab panggilan yang masuk ke perusahaan.
- Mendengarkan keluhan yang diajukan oleh pelanggan dengan saksama.
- Memberikan solusi atas keluhan yang diajukan pelanggan.
- Menyampaikan informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Menanggapi seluruh panggilan pelanggan dengan layanan yang baik, cekatan, ramah, dan tentunya solutif.
Di samping tugas tersebut, ada kalanya call center juga harus melakukan panggilan keluar. Panggilan tersebut ditujukan kepada calon pelanggan dan merupakan salah satu bentuk marketing perusahaan.
Jenis-jenis call center
Call center sendiri ada bermacam-macam jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis call center yang umum ditemukan di perusahaan Indonesia:
- Pusat panggilan masuk (inbound call center) - Merupakan jenis call center yang paling umum diterapkan di perusahaan. Pusat panggilan masuk bertugas menerima seluruh panggilan yang masuk ke perusahaan.
- Pusat panggilan keluar (outbound call center) - Kebalikan dari pusat panggilan masuk. Fungsi call center jenis ini justru melakukan panggilan keluar. Umumnya, panggilan dilakukan untuk menghubungi calon pelanggan.
- Pusat panggilan domestik - Call center domestik memiliki tugas spesifik, yaitu untuk menerima panggilan masuk dengan nomor dari negara yang sama.
- Pusat panggilan internasional - Sama seperti namanya, pusat panggilan internasional bertugas untuk menerima panggilan dari nomor luar negeri. Call center jenis ini umum ditemukan pada perusahaan multinasional.
Alasan perusahaan membutuhkan call center
Mengapa sebuah perusahaan harus memiliki call center? Dengan adanya call center, maka Anda bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Anda bisa memastikan apakah pelanggan puas dengan produk atau justru menemukan kesulitan dalam menggunakan produk dari perusahaan.
Kualitas yang baik dengan pelanggan akan meningkatkan potensi repeat order dari pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pelanggan akan menjadi “marketing” perusahaan karena merasa puas dengan produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan dan bahkan mencapai efisiensi bisnis.
Dari ulasan mengenai apa itu call center dan fungsinya ini, bisa diketahui bahwa peran call center ternyata sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, call center adalah jembatan penghubung antara perusahaan dan pelanggan. Call center menjadikan komunikasi dengan pelanggan terjalin baik.
Ingin memiliki call center untuk bisnis Anda sendiri, tapi belum memiliki resources yang menjanjikan? Tak perlu khawatir, VADS Indonesia melalui Contact Center Services siap membantu Anda. Melalui layanan tersebut, Anda bisa memilih jenis call center yang sesuai dengan perusahaan saat ini. Klik di sini untuk konsultasi langsung mengenai Contact Center Services dari VADS Indonesia!
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020