Berita
- VADS
- Berita
- Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant
Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant
16 Februari 2021
Berbicara dengan virtual assistant menjadi salah satu cara para pelanggan berkomunikasi dengan perusahaan. Virtual assistant juga merupakan salah satu media yang digunakan perusahaan untuk memberikan respons yang tercepat kepada pelanggan dan juga kapanpun pelanggan menghubungi perusahaan. Chatbot dan Voicebot menjadi salah satu trend yang digunakan oleh perusahaan terutama dalam melayani pelanggan memang menjadi salah satu inovasi yang diminati baik oleh perusahaan maupun pelanggan.
Cara kerja Chatbot dan Voicebot memungkinkan komputer atau mesin dapat merespon percakapan dengan memahami, belajar, dan juga berinteraksi layaknya seorang agen contact center. Hal ini berkat kemampuan Chatbot dan Voicebot yang disisipkan Artificial Intelligence didalamnya sehingga dapat terus belajar dan berkembang dalam merespons percakapan pelanggan.
Berikut in merupakan beberapa terminologi umum terkait Chatbot dan Voicebot yang bisa Anda pahami ketika berhubungan dengan Chatbot dan Voicebot :
- Chatbot
Perangkat lunak yang secara otomatis menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan menggunakan bahasa yang alami sebagai komunikasi dan interaksi tersebut.
- Voicebot
Merupakan chatbot tingkat lanjut yang berinteraksi dengan pelanggan menggunakan suara atau lisan. Namun bisa juga menggunakan kombinasi suara dan text tertulis atau terkadang tanpa menggunakan grafis apapun atau hanya suara saja.
- Artificial Intelligence
Sistem komputer yang mampu melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia seperti pengenalan ucapan, pemahaman, penerjemah bahasa, hingga pengambilan keputusan.
- Machine Learning
Sistem ini didasarkan pada algoritma yang membuat komputer atau mesin mampu belajar secara mandiri dari data yang diberikan. Machine Learning dalam chatbot dan voicebot berfungsi untuk meningkatkan kemampuan chatbot dalam menjawab pertanyaan pelanggan yang kompleks dari waktu ke waktu sehingga dapat melatih mesin merekomendasi dan memberikan jawaban yang tepat saat pelanggan berbicara dengan bot.
- Natural Language Processing (NLP)
Dengan kata lain adalah pemrosesan bahasa alami adalah bidang dalam Artificial Intelligence yang berhubungan dengan pengajaran komputer bagaimana dapat memahami dan menghasilkan ucapan dalam bahasa secara alami sehingga seperti berkomunikasi dengan manusia.
- Natural Language Understanding (NLU)
NLU adalah subbidang NLP yang berfokus pada pemahaman ucapan manusia yaitu dengan menganalisis dan mengekstraksi informasi darinya. Ini digunakan pada chatbot dan voicebot yang didukung AI untuk memahami pertanyaan pelanggan dan menjawabnya dengan tepat.
- Deep Learning
Algortime yang digunakan dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan untuk mendapatkan wawasan.
- Image Recognition
Proses mengidentifikasi dan mendeteksi objek atau fitur gambar dan video digital untuk melakukan tugas visual berbasis mesin.
- Voice Recognition
Suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang disimpan di dalam perangkat. Hasil dari identifikasi pola tersebut akan terbaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah perintah untuk melakukan sesuatu.
- Human Takeover
Jika chatbot gagal, dapat dibackup oleh operator manusia yang mendukung dan mengendalikan percakapan. Faktanya memang chatbot dan voicebot tidak dapat menyelesaikan semua permasalahan terutama masalah yang belum diprogram atau yang lebih kompleks. Sehingga campur tangan manusia sangat membantu dan membuat pengalaman pelanggan tetap berjalan dengan baik (Human Augmented Bot)
Berbagai kemajuan dan perkembangan dalam kecerdasan buatan yang dimiliki Chatbot dan Voicebot membuat perannya semakin penting untuk perusahaan. Chatbot dan Voicebot juga dapat menghasilkan informasi dan juga data yang real time yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggannya dan menghasil produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Berbagai teknologi yang ada di dalam Chatbot dan Voicebot membuat keduanya dapat merespon dan menanggapi dengan cepat sehingga jumlah percakapan yang diterima semakin meningkat.
VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Chatbot dan Voicebot serta Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.
Source :
Chatbotsjournal.com
Ometrics.com
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020