Berita
- VADS
- Berita
- 6 Kemampuan Customer Service yang Wajib Dikuasai pada Era Digital
6 Kemampuan Customer Service yang Wajib Dikuasai pada Era Digital
19 Oktober 2021
Customer service adalah dukungan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, baik sebelum dan sesudah mereka membeli dan menggunakan produk atau layanan Anda, untuk membantu mereka mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan bersama bisnis Anda.Dukungan pelanggan lebih dari sekadar memberikan jawaban, namun juga merupakan bagian penting dari janji yang dibuat bisnis Anda kepada pelanggan.
Pada era digital ini, ada beberapa kemampuan customer service yang wajib dikuasai agar bisnis Anda bisa memberikan pelanggan layanan terbaik. Customer service terbaik artinya mampu memenuhi harapan pelanggan, dari kemampuan berbahasa yang baik hingga kemauan untuk terus belajar demi senantiasa meningkatkan kualitas layanan.
Kemampuan berbahasa dengan baik
Jika pelanggan menghubungi Anda, kemungkinan itu karena ia menemui masalah pada produk atau layanan Anda. Jadi, wajar apabila mereka merasa kecewa atau bahkan marah. Namun, terlepas dari kemarahan pelanggan, agen customer service harus tetap positif dan memiliki kemampuan berbahasa secara baik. Kemampuan mengarahkan percakapan ke arah hasil yang positif dengan penggunaan bahasa positif sangat penting untuk memberikan pelanggan layanan yang diharapkan.
Problem solving
Selanjutnya, kemampuan customer service yang wajib dikuasai adalah problem solving. Pemecahan masalah melibatkan banyak keterampilan layanan pelanggan, ditandai dengan pendekatan profesional dan komunikasi yang konstan dan jelas secara keseluruhan.
Salah satu kunci utama keberhasilan problem solving adalah identifikasi masalah secara jelas. Saat pelanggan menyampaikan keluhan, coba simpulkan kembali masalah yang dihadapi pelanggan untuk memastikan Anda menangkap cerita mereka dengan benar. Baru setelah itu Anda bisa menganalisis masalah dan menyediakan solusi sesuai kebutuhan.
Sabar dan berempati
Agen customer service sudah harus terbiasa dan sabar menghadapi pelanggan yang marah atau bahkan mungkin berkata kasar saat menyampaikan kendala dan keluhan. Menjaga ketenangan sangat penting untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Jika Anda tidak sabar dan justru tersulut emosi, akan lebih sulit untuk menghadapi pelanggan tersebut. Itulah kenapa sabar menjadi salah satu kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital.
Selain itu, daftar kemampuan customer service yang wajib dikuasai tidak akan lengkap tanpa empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan memahami sudut pandang mereka. Sebanyak 70% dari pengalaman pelanggan didasarkan pada bagaimana mereka merasa diperlakukan. Bukan soal apakah masalah telah terpecahkan atau apakah ada pengembalian uang, umumnya pelanggan lebih menghargai bantuan secara emosional. Hal ini menandakan bahwa Anda memahami perasaan mereka.
Cepat beradaptasi
Berikutnya, kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital adalah cepat beradaptasi. Bisnis Anda mungkin memiliki kebijakan standar atau skrip yang disusun untuk melayani pelanggan. Namun, perlu diingat kembali bahwa setiap pelanggan memiliki karakter yang unik. Karenanya, agen customer service harus siap beradaptasi dengan berbagai situasi. Di samping kemampuan beradaptasi yang kuat, fleksibilitas dalam menanggapi berbagai situasi dengan cara yang disukai pelanggan akan meningkatkan kepuasan mereka.
Product knowledge
Memiliki product knowledge juga merupakan kemampuan customer service yang wajib dikuasai dan tidak kalah penting. Pelanggan dapat menjadi sangat frustrasi ketika bertemu dengan agen customer service yang tidak memiliki informasi terkait produk yang diperlukan. Dalam situasi seperti itu, mengaku tidak tahu bisa membuat pelanggan semakin marah, sementara pura-pura tahu hingga memberikan informasi yang salah akan membuat situasi jadi lebih buruk.
Oleh karena itu, latih agen customer service untuk mampu menjawab semua pertanyaan terkait produk dan layanan agar bisa merespons dengan tepat. Agen customer service yang mempunyai product knowledge luas tak hanya akan menyediakan solusi atas masalah pelanggan, tapi juga pada akhirnya membantu bisnis mendapatkan penjualan maksimal.
Kemauan untuk terus belajar
Terakhir, kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital adalah kemauan untuk terus belajar. Terlalu cepat merasa puas setelah mencapai target atau menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan bisa menjadi masalah di kemudian hari. Pasalnya, akan selalu ada tantangan baru yang nantinya mungkin dihadapi. Customer service yang memiliki kemauan terus belajar dapat membantu mewujudkan pelayanan prima yang bisa ditawarkan bisnis Anda.
Itu tadi setidaknya enam kemampuan customer service yang wajib dikuasai pada era digital saat ini. Pastikan agen-agen Anda memiliki kemampuan customer service terbaik untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan Anda. VADS Indonesia dapat membantu Anda untuk mendapatkan customer service terbaik untuk mengoptimalkan layanan pelanggan perusahaan Anda, simak secara lengkap disini!
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020