Berita
- VADS
- Berita
- Memaksimalkan Contact Center dengan Smart Chat Assistant
Memaksimalkan Contact Center dengan Smart Chat Assistant
18 November 2020
Berbagai industri di Indonesia harus beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi disrupsi dan perkembangan teknologi yang cepat. Perkembangan tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk industri perusahaan Anda. Saat ini sudah banyak konsumen yang menggunakan media yang membutuhkan respons cepat untuk menjawab kebutuhan dan keluhan mereka. Sehingga perusahaan harus bisa menyesuaikan layanannya terutama dengan memasukkan lebih banyak teknologi untuk menarik lebih banyak pelanggan, belum lagi perusahaan Anda yang harus menarik konsumen dengan penawaran yang menggiurkan untuk meningkatkan customer awareness maupun untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu teknologi terbaik dan juga lebih murah dalam menarik pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi chatbot atau smart chat assistant.
Penggunaan smart chat assistant di Indonesia semakin marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak smart chat assistant yang dapat membantu melayani berbagai macam industri misalnya dalam bidang telekomunikasi, retail, otomotif, financial services, kesehatan, e-commerce, pendidikan, bahkan UMKM. Berbagai macam industri tersebut berusaha untuk dapat merespon dengan cepat kebutuhan konsumennya sehingga kecepatan dan efisiensi saat ini sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan layanan pelanggan.
Apa itu Smart Chat Assistant?
Smart chat assistant adalah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mensimulasikan percakapan manusia secara interaktif karena didalamnya terdapat Machine Learning dan Natural Language Processing sehingga dapat diprogram secara interaktif dan dapat memahami bahasa yang digunakan sehari-hari. Smart Chat Assistant adalah program kecerdasan buatan (AI) yang mensimulasikan percakapan manusia interaktif menggunakan frasa pengguna kunci yang dihitung sebelumnya dan sinyal auditori, visual, dan berbasis teks.
Fitur Smart Chat Assistant
Smart chat assistant akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih saat sedang chatting bersama dengan chatbot. Smart chat assistant dapat berbahasa Indonesia menggunakan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga seolah akan terjawab secara personal. Apabila terdapat permasalahan yang lebih kompleks, smart chat assistant akan mengarahkan kepada agen contact center untuk dieskalasikan dan menyelesaikan permasalahan yang kompleks tersebut. Selain itu, beberapa fitur smart chat assistan lainnya adalah sebagai berikut :
- Memberikan reward/point kepada pelanggan
- Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
- Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
- Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
- Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
- Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement
Manfaat Smart Chat Assistant
Di era keterbukaan informasi saat ini, pelanggan tentunya memiliki keluhan dan berbagai pertanyaan yang menginginkan jawaban dengan cepat dan tepat. Tentunya dengan menggunaan smart chat assistant, Anda dapat terbantu dalam menangani keluhan setiap saat bahkan di luar jam kerja sekalipun. Disinilah peran besar smart chat assistant dalam hal menanggapi pelanggan dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan smart chat assistant, Anda dapat menghemat waktu dalam menjawab seluruh respons pelanggan baik itu keluhan maupun pertanyaan dari pelanggan setiap harinya. Smart chat assistant dapat membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan juga mengurangi anggaran pengeluaran perusahaan Anda. Manfaat lainnya yang dirasakan dengan menggunakan smart chat assistant untuk contact center perusahaan Anda adalah sebagai berikut :
- Mengurangi beban kerja operasional
Smart chat assistant dapat melakukan banyak tugas dengan cepat dan tepat. Smart chat assistant dapat menjawab pertanyaan secara general, dengan automatisasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya seperti mengurangi jumlah panggilan masuk dan dapat meningkatkan efisiensi.
- Meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pengalaman pelanggan
Smart chat assistant dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan dengan cepat dan tepat sehingga pelanaggan tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan respons dari perusahaan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan merasa senang karena merasa keluhan dan informasi yang dibutuhkan dapat ditanggapi dengan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang baik.
- Meningkatkan lead generation
Smart chat assistant dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan data pengunjung seperti nama, email, dan nomor telepon, dan kebutuhan pelanggan tersebut, sehingga perusahaan dapat mengetahui potensial pelanggan terbaru dan menambahkan lead dengan tujuan penjualan dan meningkatkan revenue perusahaan.
- Memberikan insight tentang pelanggan
Dengan smart chat assistant memiliki data pengunjung seperti nama, email, nomor telepon, kebutuhan pelanggan, maka perusahaan memiliki data terkait tentang insight pelanggan sehingga data tersebut dapat dijadikan oleh perusahaan untuk memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan target pasar nya.
- Selalu setia melayani pelanggan selama 24 jam
Smart chat assistant dapat digunakan agar selalu sedia melayani pelanggan tanpa batas waktu tertentu. Sehingga smart chat assistant merupakan solusi yang tepat untuk melayani pelanggan kapan saja dan di platform mana saja.
Apakah perusahaan Anda sudah menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan kinerja contact center Anda? Smart chat assistant dapat memberikan efisiensi untuk perusahaan Anda terutama untuk pekerjaan yang dapat diautomisasi terutama yang sifatnya berulang. Selain itu, smart chat assistant memiliki jam kerja yang tidak terbatas. Smart chat assistant dapat melayani konsumen selama 24 jam dan juga di berbagai platform seperti FB Messenger, Telegram, Line, Webchat, Mobile, Twitter, dan WhatsApp.
Sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda serta menciptakan kepuasan pelangggan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan customer experience perusahaan Anda. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience Anda dengan memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant yang mudah digunakan, hemat biaya, dan dapat merespon pelanggan lebih cepat selama 24 jam kapanpun dan jam berapapun. Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan smart chat assistant di perusahaan Anda.
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020