Berita
- VADS
- Berita
- Omni Channel adalah Saluran Komunikasi yang Berbeda dari Multi Channel
Omni Channel adalah Saluran Komunikasi yang Berbeda dari Multi Channel
28 Januari 2022
Omni channel adalah salah satu metode yang digunakan pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnis. Selain omni channel, ada juga metode multi channel. Jika dilihat sekilas, keduanya tampak serupa. Namun, pada kenyataannya, omni channel adalah metode yang berbeda dari multi channel.
Baik omni maupun multi channel berhubungan dengan saluran komunikasi yang menghubungkan sebuah bisnis dan para pelanggannya. Secara harfiah, omni channel adalah semua saluran. Sedangkan, multi channel adalah banyak saluran. Untuk memahami perbedaan di antara kedua metode tersebut, simak penjelasannya berikut.
Perbedaan omni channel dan multi channel
Dalam penerapannya, omni channel adalah saluran komunikasi yang benar-benar berbeda dari multi channel. Berikut adalah beberapa perbedaan omni channel dan multi channel secara mendasar.
- Konsistensi layanan
Jika dibandingkan dari segi konsistensi layanan, omni channel adalah juaranya. Sama seperti namanya, saluran komunikasi yang ada pada omni channel telah dibuat menyeluruh dan terintegrasi. Hasilnya, para pelanggan bisa mendapatkan pelayanan yang sama baiknya meski mereka menghubungi bisnis lewat channel yang berbeda.
Di sisi lain, saluran komunikasi yang ada dalam multi channel berbeda-beda dan tidak terintegrasi. Artinya, tiap saluran yang ada tidak saling berkaitan satu sama lain. Dampaknya kepada pelanggan, layanan dan interaksi di setiap saluran komunikasi menjadi tidak konsisten. Beda saluran, maka beda lagi pengalaman pelanggan.
- Fokus layanan
Perbedaan antara omni channel dan multi channel pun terlihat dari fokusnya. Omni channel fokus pada pelayanan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi. Sementara itu, multi channel fokus pada banyaknya jenis saluran komunikasi yang bisa disediakan kepada pelanggan.
Tujuan utama multi channel adalah menyediakan sebanyak mungkin jenis saluran komunikasi untuk pelanggan. Semakin banyak saluran yang tersedia, maka diharapkan akan semakin banyak calon pelanggan yang datang. Sedangkan, omni channel lebih fokus pada pengalaman konsumen dalam berbagai channel yang disediakan. Dengan begitu, peluang konsumen untuk melakukan transaksi pun akan lebih besar.
- Kemudahan layanan
Dari segi kemudahan layanan pun omni channel dan multi channel berbeda. Seperti yang sudah Anda ketahui, omni channel menerapkan saluran komunikasi yang saling terintegrasi. Seluruh layanan pelanggan pun dikendalikan melalui satu customer service yang terpusat. Jadi, komunikasi antara pelanggan dan perusahaan pun lebih lancar.
Pada multi channel, tersedia banyak saluran komunikasi yang berbeda tapi tidak saling terkait. Hal ini terkadang bisa membuat pelanggan merasa bingung. Sebab, bentuk layanan atau solusi yang diberikan antar saluran komunikasi bisa saja berbeda.
- Informasi yang dibagikan
Saluran komunikasi multi channel yang tidak saling terhubung juga berdampak kepada informasi untuk pelanggan. Katakanlah pelanggan menghubungi perusahaan melalui e-mail sekaligus media sosial. Namun, karena kedua saluran tersebut tidak terintegrasi, informasi yang diberikan bisa berbeda
Berbeda dengan saluran omni channel yang sudah saling terhubung satu sama lain. Apa pun jenis saluran komunikasi yang dipilih oleh pelanggan, informasi yang mereka terima akan tetap sama dan konsisten. Ini karena omni channel telah diatur oleh sebuah sistem khusus agar bisa memberikan informasi yang seragam meski pelanggan mengakses saluran komunikasi yang berbeda.
- Customer insight
Customer insight adalah salah satu elemen yang bisa membantu pengembangan perusahaan. Dengan menerapkan metode multi channel, Anda bisa lebih mudah mendapatkan customer insight. Sebab, multi channel berkembang dengan memperhatikan data serta perilaku pelanggan. Dengan memperhatikan kedua faktor tersebut, maka perusahaan pun bisa memberikan pengalaman dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.
Sedangkan, multi channel menitikberatkan pada jumlah saluran komunikasi. Pengembangan metode saluran komunikasi ini hanya fokus pada lokasi calon pelanggan. Penambahan saluran komunikasi semata-mata dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas pelanggan, bukan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Dari pembahasan ini, bisa diketahui bahwa omni channel adalah metode komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan yang terintegrasi. Sedangkan perbedaan omni channel dan multi channel bisa dilihat dari beberapa faktor seperti fokus layanan, informasi yang diberikan, hingga customer insight.
Tertarik untuk mulai menerapkan metode omni channel pada perusahaan Anda? VADS Indonesia siap membantu. Dengan metode komunikasi omni channel yang saling terintegrasi, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Informasi selengkapnya, klik di sini!
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020