Berita
- VADS
- Berita
- Inbound Contact Center Automation: Pengertian dan Contoh Penerapannya
Inbound Contact Center Automation: Pengertian dan Contoh Penerapannya
02 Februari 2023
Tingkat kesuksesan perusahaan saat ini tidak hanya didasarkan pada angka penjualan produk. Di samping itu, kepuasan pelanggan juga menjadi faktor lain yang dapat menentukan sukses atau tidaknya perusahaan dalam memberikan pelayanan. Karena itulah, diperlukan layanan inbound contact center automation yang prima untuk menerima setiap keluhan dan permintaan konsumen.
Namun, belum semua perusahaan mengerti tentang layanan inbound contact center dan fungsi pentingnya dalam meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Biasanya, perusahaan seperti ini masih dalam tahap merintis sehingga belum memiliki tim contact center dan peralatan yang memadai. Lantas, bagaimana cara penerapan contact center yang efektif?
Apa itu inbound contact center?
Inbound contact center adalah layanan yang menerima panggilan masuk dari pelanggan atau calon pelanggan perusahaan. Layanan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti komplain, pertanyaan tentang produk atau jasa, atau permintaan lainnya, dengan respons yang cepat. Selain itu, perusahaan yang memiliki layanan contact center juga dapat memberikan penanganan konsumen yang baik serta melakukan penjualan atau cross selling kepada pelanggan.
Pada layanan inbound contact center, ketika ada panggilan masuk dari pelanggan, ia akan langsung berbicara kepada agen yang bertugas. Staf inbound contact center kemudian menangani panggilan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Dalam beberapa kasus, panggilan masuk dapat dialihkan secara otomatis ke agen berikutnya berdasarkan faktor tertentu, seperti waktu dan jenis panggilan. Dalam kasus lain, pelanggan dapat diminta untuk on hold sebentar sampai agen tersedia.
Selain itu, inbound contact center juga biasanya menggunakan berbagai program dan software untuk membantu mengelola aliran panggilan dan melacak informasi pelanggan. Alat ini dapat mencakup perangkat lunak perutean panggilan, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM), alat pelaporan, dan analitik.
Manfaat menerapkan inbound contact center
Terdapat sejumlah manfaat yang perusahaan dapat rasakan begitu menerapkan layanan inbound contact center. Beberapa manfaat penerapan layanan ini di antaranya adalah;
- Meningkatkan pengalaman pelanggan
Perusahaan yang menerapkan layanan inbound contact center automation dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tidak hanya mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa yang disediakan perusahaan. Namun, mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan tidak terlupakan, sehingga menarik mereka untuk menjadi pelanggan tetap.
Pengalaman tersebut dapat berupa layanan support yang responsif, tentunya dengan teknologi kecerdasan buatan untuk memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi. Sehingga, pelanggan akan mendapatkan kesan positif dan merekomendasikan perusahaan kepada relasi mereka.
- Operasional bisnis jadi lebih efisien
Penerapan layanan inbound contact center automation juga dapat menjadikan operasional bisnis lebih efisien. Hal ini bisa terjadi karena semua kebutuhan konsumen dapat disampaikan dengan cepat melalui contact center. Selain itu, kebutuhan yang menuntut respons dari divisi terkait dapat dihubungkan langsung oleh tim contact center. Sehingga, tidak terjadi penundaan dalam proses operasional perusahaan.
- Kelola traffic panggilan lebih mudah
Layanan inbound contact center automation juga dapat mempermudah perusahaan dalam mengelola traffic panggilan. Hal ini sangat penting untuk perusahaan yang memiliki traffic panggilan cukup tinggi karena layanan ini dibuat untuk menangani panggilan dalam jumlah besar tanpa mengorbankan kualitas. Artinya, pelanggan Anda masih bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, bahkan di saat traffic panggilan sedang tinggi.
- Bantu tingkatkan leads bisnis Anda
Meskipun prospek penjualan biasanya dilakukan oleh layanan outbound contact center, ternyata layanan inbound juga dapat membantu meningkatkan prospek penjualan. Hal ini terjadi karena mereka dapat memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih tinggi.
Artinya, pelanggan akan cenderung melakukan pembelian berulang dengan Anda jika mereka merasa diperhatikan. Pelanggan yang senang juga cenderung berbagi pengalaman baik mereka dengan orang lain, sehingga menghasilkan lebih banyak pemasaran dari mulut ke mulut untuk bisnis Anda.
Inbound vs. outbond contact center, apa bedanya?
Seperti yang sempat disinggung di atas, terdapat layanan outbound contact center dengan perbedaan yang cukup signifikan dari layanan inbound. Beberapa hal yang membedakan keduanya adalah;
- Inbound contact center berfokus pada layanan konsumen, sementara layanan outbound berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada pelanggan.
- Software yang digunakan layanan inbound biasanya berfungsi untuk menerima panggilan, sementara software dari layanan outbound terfokus untuk melakukan panggilan ke luar.
Mengenal inovasi inbound contact center automation
Saat ini, layanan contact center dapat dilakukan secara otomatis dengan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI, yang disebut sebagai inbound contact center automation. Perbedaan signifikan dari layanan konvensional jelas terlihat, di mana contact center satu ini dilakukan oleh komputer yang sudah dimasukkan program kecerdasan buatan.
Sehingga, kecerdasan buatan inilah yang akan menjawab seluruh permintaan pelanggan. Nah, Anda dapat memenuhi kebutuhan akan inbound contact center automation ini dengan mengandalkan PT VADS Indonesia (VADS).
Layanan yang disediakan VADS Indonesia dapat menjadikan layanan pelanggan bisnis Anda lebih efektif karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan. Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, layanan inbound contact center automation dari VADS Indonesia dapat menjawab seluruh pertanyaan konsumen, dari yang umum sampai spesifik, dalam waktu singkat. Terlebih lagi, layanan ini dapat menghemat pengeluaran operasional karena Anda tidak memerlukan tenaga contact center yang bersiaga 24 jam untuk menjawab pertanyaan konsumen yang berulang.
Penerapan inbound call center automation harus disiapkan secara baik dan tepat untuk menunjang kepuasan pelanggan. VADS Indonesia menyediakan inbound contact center yang layanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, bahkan sudah tersedia automation juga. Seluruh kebutuhan seperti customer service, service desk, hingga walk in center dapat dipenuhi lewat layanan satu ini.
Alhasil, perusahaan Anda tetap dapat melakukan layanan contact center untuk pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Untuk menggunakan inbound contact center automation dan layanan lain dari PT VADS Indonesia, silakan klik di sini.
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020