Berita
- VADS
- Berita
- Salah Satu Bagian Penting dalam Omni Channel Marketing Adalah Media Sosial, Mengapa?
Salah Satu Bagian Penting dalam Omni Channel Marketing Adalah Media Sosial, Mengapa?
18 Maret 2022
Ada berapakah akun media sosial yang Anda gunakan untuk keperluan promosi bisnis? Lebih dari satu, bukan? Mempunyai banyak akun media sosial di beragam platform tentunya membawa banyak pengalaman berbeda bagi pengguna media sosial. Hal ini juga sangat dibutuhkan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan. Perilaku pelanggan yang membutuhkan layanan serbacepat menuntut pelaku bisnis secara kompetitif melayani mereka di banyak saluran media sosial.
Dengan adanya kebutuhan tersebut, berbagai akun media sosial perlu saling terhubung agar dapat memberikan layanan yang optimal. Hal ini dapat diwujudkan lewat omni channel marketing. Omni channel marketing adalah strategi marketing yang menghubungkan berbagai saluran komunikasi dalam satu bentuk antarmuka.
Karena menghubungan berbagai saluran, omni channel marketing bertugas memudahkan interaksi antara pelaku bisnis dan pelanggannya. Misalnya, saat pelanggan melihat suatu produk di salah satu akun media sosial pelaku bisnis, ia dapat langsung melakukan pembelian produk tersebut melalui website. Tentunya hal ini membawa pengalaman yang baik dan menyenangkan bagi pelanggan. Lalu, mengapa media sosial begitu penting dalam omni channel marketing?
- Meningkatkan layanan konsumen
Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan strategi omni channel marketing, media sosial menjadi salah satu kuncinya. Saat ini, penggunaan media sosial menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak pengguna untuk mencari beragam informasi yang dibutuhkan. Jika pelanggan melihat penawaran produk di situs web promosi Anda, secara umum pelanggan akan mencari tombol Instagram, Whatsapp, ataupun media sosial lain untuk mencari informasi lebih lengkap.
Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat melayani pelanggan secara optimal dan intens. Hal ini juga didukung dengan kebiasaan perilaku pelanggan yang sehari-hari menggunakan media sosial dalam aktivitasnya.
- Brand awareness jadi lebih baik
Media sosial membawa pengalaman antara pelaku bisnis dan pelanggannya untuk lebih dekat dan akrab. Dengan mempertimbangkan perilaku pelanggan dalam menggunakan media sosialnya sebagai kebutuhan, pelanggan akan lebih tertarik untuk mendapatkan pelayanan interaksi yang baik dari pelaku bisnis. Lancarnya interaksi ini menjadi kunci utama keberhasilan penawaran produk. Pelanggan akan merasa dilayani dengan baik sehingga kesadaran terhadap merek Anda pun menjadi lebih kuat.
- Meningkatkan kepercayaan konsumen
Bukan tanpa alasan bahwa salah satu bagian penting dalam omni channel marketing adalah media sosial. Saat berselancar mencari produk yang dibutuhkan, pelanggan akan mencari secara detail tentang info produk tersebut, termasuk tentang perusahaan penyedianya di media sosial.
Kehadiran media sosial memudahkan mereka untuk bertanya langsung dan mencari tahu lebih lanjut tentang pelaku bisnis. Konsumen juga dapat dengan mudah membaca ulasan tentang produk yang ditawarkan. Dengan beragam kemudahan dan informasi yang lengkap tersebut, kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda pun akan meningkat.
- Sediakan data analitik relevan
Perilaku pelanggan dalam mengunjungi dan berinteraksi dengan akun media sosial pelaku bisnis akan direkap menjadi sebuah data analitik. Data analitik ini juga merangkum berbagai perilaku pengguna media sosial yang relevan dengan konten pelaku bisnis. Dengan adanya data analitik yang relevan, pelaku bisnis akan lebih mudah dalam menjaring konsumen dan memasarkan produknya secara tepat sasaran.
Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan layanan Social Media Analytics dari VADS Indonesia yang akan membantu Anda dalam mengoptimasi media sosial sebagai bagian dari omni channel marketing.
- Potensi untuk menciptakan konten viral
Alasan lain media sosial menjadi bagian penting dalam omni channel marketing adalah adanya potensi untuk viral. Dengan memanfaatkan data analitik, Anda bisa menciptakan konten menarik dan relevan sesuai target audiens. Jika Anda berhasil, bukan tidak mungkin konten tersebut akan dibagikan secara sukarela oleh followers Anda.
Semakin banyak yang mengetahui dan menyukai konten tersebut, tentunya konten Anda berpotensi untuk viral. Viralnya konten akan membuat audiens tertarik mengetahui lebih jauh tentang perusahaan Anda. Dari sini, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan promosi penjualan.
Dari berbagai alasan tersebut, tidak mengherankan jika salah satu bagian penting dalam omni channel marketing adalah media sosial. media sosial membawa banyak keuntungan bagi pelaku bisnis, terutama dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan layanan pelanggan, Anda juga bisa menghubungi marketing@vads.co.id. Konsultasikan kebutuhan Anda dan tim VADS Indonesia akan memberikan solusi sesuai kebutuhan tersebut!
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020