Berita
- VADS
- Berita
- 6 Tips Meningkatkan Kemampuan Tim Customer Service
6 Tips Meningkatkan Kemampuan Tim Customer Service
28 Desember 2021
Customer service adalah salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang berperan penting dalam melakukan pelayanan kepada pelanggan secara langsung. Posisi ini bisa dikatakan sebagai jembatan antara perusahaan dan pelanggan. Kepercayaan dan kesetiaan pelanggan bisa diraih lewat pelayanan customer service yang baik. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kemampuan customer service. Simak enam tips berikut ini untuk membantu tim customer service memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan.
Pahami betul skill dasar yang harus dikuasai
Sebagai seorang customer service, pada dasarnya ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki, yakni kemampuan untuk mengatur dan memilah apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan bisa puas dengan pelayanan atau informasi yang diberikan. Tim customer service harus memiliki beberapa keahlian untuk menunjang pekerjaannya.
Pertama, kesabaran dan perhatian. Kedua hal ini wajib dimiliki oleh customer service karena mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Pelanggan memiliki sifat yang berbeda-beda, mereka juga melakukan komplain dengan cara yang berbeda-beda. Jika customer service tidak memiliki kesabaran yang besar, akan besar pula kemungkinan perusahaan kehilangan pelanggan.
Selain itu, customer service juga harus memahami apa yang pelanggan butuhkan. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu memahami apa yang dibutuhkan konsumennya. Hal ini bisa dimulai dari pihak yang langsung berhubungan dengan pelanggan, yaitu tim customer service. Jika pelanggan merasa dipahami dan didengar, mereka akan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Mereka pun akan menunjukkan loyalitas mereka dengan kembali membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda.
Kemampuan customer service lain yang harus dimiliki adalah komunikatif dan responsif. Customer service harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan memberikan layanan yang responsif, ramah, serta menggunakan bahasa yang positif. Usahakan jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama dan berikan respons sesegera mungkin.
Aktif ikut training session
Ada baiknya tim customer service aktif mengikuti sesi training dan sharing. Kedua sesi ini bisa membantu meningkatkan kemampuan customer service. Dengan mengikuti sesi-sesi ini, tim customer service akan mendapatkan wawasan baru yang bisa diaplikasikan dalam pekerjaannya. Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas tertentu atau mengikuti webinar untuk menambah wawasan terkait pekerjaan Anda.
Up-to-date dengan informasi terkini
Sebagai orang yang selalu berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan pelanggan, customer service harus selalu mengetahui informasi terkini tentang hal yang terkait dengan perusahaan. Jika Anda bekerja untuk perusahaan yang menjual produk, pastikan untuk selalu tahu detail produk yang dijual dan menguasai setiap elemen cara kerja yang ada dan yang terjadi di dalam perusahaan.
Salah satu tujuan pelanggan menghubungi customer service adalah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang dijual. Dengan mengetahui segala informasi secara detail, Anda bisa menyampaikan informasi tersebut kepada pelanggan dan hal ini juga yang akan memengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian.
Fokus pada tujuan
Tujuan utama dari tim customer service adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Saat pelanggan menghubungi customer service, terutama ketika mereka mengalami pengalam tidak menyenangkan mengenai produk perusahaan Anda, berusahalah untuk mengendalikan situasi dengan tenang dan fokus pada tujuan utama.
Rutin mengevaluasi Key Performance Indicators (KPI)
Tips meningkatkan kemampuan customer service berikutnya adalah rutin mengevaluasi Key Performance Indicators (KPI). KPI adalah alat ukur kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya. Mengevaluasi KPI dengan rutin akan membantu untuk memperjelas tujuan dan niat Anda dalam meningkatkan kinerja.
Sering bertukar pikiran dengan sesama rekan kerja atau atasan
Berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan sesama customer service atau atasan dapat membantu meningkatkan kemampuan customer service. Anda bisa belajar dari pengalaman rekan kerja dan mempelajari kesalahan orang lain agar tidak terjadi kepada Anda. Dengan bertukar pikiran, ilmu baru juga bisa didapatkan.
Meningkatkan kemampuan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Fokuslah pada tujuan dan evaluasi kinerja Anda untuk tahu bagian mana yang perlu ditingkatkan. Tim customer service yang memiliki pelayanan memuaskan bisa membuat pelanggan membeli produk yang Anda tawarkan. Terlebih lagi, mereka bisa merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
Maka dari itu, penting untuk menguasai kemampuan customer service yang baik. Tak kalah penting adalah membekali tim customer service dengan sistem perangkat terbaik yang bisa Anda dapatkan dari VADS Indonesia. Klik di sini untuk mendapatkannya sekarang juga!
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020