Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Meningkatkan Customer Retention dengan Contact Center

Meningkatkan Customer Retention dengan Contact Center

15 Maret 2021

Image of Meningkatkan Customer Retention dengan Contact Center

Dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dijalankan, tentunya memiliki customer yang berlimpah menjadi suatu impian yang ingin selalu terealisasikan. Dengan memiliki skala customer yang terbilang besar, pastinya perusahaan atau bisnis yang dijalankan akan lebih mudah mendapatkan partnership,channel, dan tentunya profit dikarenakan sudah terpercayanya produk atau jasa tersebut oleh banyak individu. Tetapi, apabila hal tersebut sudah terealisasikan, bagaimana cara perusahaan untuk mempertahankan para customer yang mereka miliki agar selalu menggunakan dan loyal terhadap produk atau jasa mereka? Kemampuan untuk mempertahankan para customer tersebut dikatakan sebagai Customer Retention 

Apa yang di Maksud Dengan Customer Retention? Apakah Contact Center Dapat Membantu Untuk Meningkatkan Customer Retention? 

Singkatnya, Customer Retention memiliki pengertian sebagai suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer yang mereka miliki agar tetap menggunakan produk dan layanan yang sudah mereka sediakan dan mencegah agar para customer tidak beralih ke perusahaan/kompetitor lain. Lalu, bagaiman cara meningkatkan customer retention? Apakah dengan menggunakan contact center dapat membantu untuk meningkatkan customer retention? Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan contact center untuk meningkatkan customer retention. 

1. Meningkatkan Customer Relationship 

Hubungan yang kita miliki dengan pelanggan, menjadi salah satu aspek utama akan keberhasilan dalam menjual suatu jasa ataupun produk. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan anda, disitulah customer retention dapat dijalankan dengan baik lagi. Contact Center sendiri menjadi salah satu cara agar anda dapat meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. Contact Center dapat memberikan pengalaman berinteraksi ataupun bertransaksi menjadi lebih baik dan lebih mudah yang nantinya para pelanggan akan lebih nyaman akan apa yang sudah anda berikan. Dengan begitu mereka akan lebih loyal dan tentunya akan selalu menggunakan produk/jasa yang anda sediakan. 

2. Mengetahui Customer Needs 

Banyak sekali bisnis ataupun perusahaan yang memili target konsumen yang tinggi dan ingin para konsumennya selalu menggunakan produk/layanan yang mereka berikan tetapi tidak mengatahui apa yang sebenarnya para konsumen butuhkan. Contact Center sendiri diketahui memiliki banyak media ataupun cara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Dengan melakukan interaksi melalui Social MediaEmail,Chatbot ataupun Call Center Agent sendiri mereka dapat mendapatkan feedback berupa informasi akan apa yang sebenarnya customer butuhkan. Contact Center sendiri juga dapat mengetahui informasi tentang apa-apa saja yang dapat mereka tingkatkan terhadap jasa atau produk yang sudah diberikan. Nantinya informasi-informasi yang sudah ada tersebut akan dijadikan acuan oleh perusahaan agar selalu mengembangkan produk/jasa yang ada dan dapat selalu memaintain customer mereka. 

3. Pengelolaan Data Customer 

Pengalaman interaksi yang baik dan kemudahan dalam melalukan transaksi pastinya selalu diinginkan oleh setiap pelanggan apabila ingin menggunakan suatu produk ataupun jasa. Pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa anda tentunya tidak ingin membuang-buang waktu untuk memberikan informasi lagi tentang profile customer yang mereka miliki. Maka dari itu dengan adanya Contact Center yang memiliki sistem seperti Customer Data Analysis (CDA) dapat membantu untuk mempermudah mengetahui database tentang para pelanggan yang sudah anda miliki. Hal seperti ini tentunya menjadi point plus yang menjadikan pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan diprioritaskan yang nantinya mereka akan selalu menjadikan layanan/produk anda sebagai pilihan utama. 

4. Mengantisipasi Resiko Pelanggan dengan Ragam Solusi 

Kehilangan dan juga berkurangnya pelanggan yang anda miliki tentunya tidak bisa kita hindari dikarenakan semua itu merupakan keputusan pribadi dari setiap pelanggan. Dengan Contact Center sendiri, anda dapat mengantisipasi akan terjadi hal-hal tersebut dengan selalu tersedianya solusi seperti layanan Call Center Agent yang selalu mendengarkan keluhan dari para pelanggan dan memberikan solusi secara instan. Selain itu, layanan seperti Chatbot sendiri sangatlah membantu untuk memberikan solusi cepat terhadap masalah yang dimiliki oleh para pelanggan. Anda juga dapat memberikan opsi layanan lain yang memungkinkan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Contact Center tentunya juga  memiliki operasi seperti Quality Assurance(QA) yang diamana perusahaan dapat menjamin segala kualitas akan produk/jasa yang mereka berikan. Dengan begitu dapat diketahui bahwa resiko pelanggan dapat datang kapan saja dan anda harus bisa memberikan solusi dan juga layanan yang optimal untuk mencegah hal tersebut terjadi. 

Itulah beberapa keuntungan yang dapat anda raih dengan menggunakan Contact Center untuk meningkatkan Customer Retention. VADS Indonesia sendiri tentunya menawarkan layanan Contact Center yang terintegrasi dengan berbagai macam media dan juga agen yang selalu menyediakan pelayanan yang memuaskan yang tentunya dapat membantu mengembangkan rencana bisnis anda. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Contact Center yang kami miliki. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik