Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

03 Januari 2022

Image of Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah salah satu channel komunikasi yang kerap digunakan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan. Namun, perlu diketahui bahwa WhatsApp Business API berbeda dari WhatsApp Business biasa.

Bagi para pebisnis, baik WhatsApp Business API dan WhatsApp Business mungkin sudah tak asing lagi. Aplikasi yang tadinya hanya menjadi sarana berkomunikasi personal ini sudah melebarkan sayapnya dengan menghadirkan versi khusus untuk para pebisnis. Lantas, apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API?

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi yang diluncurkan secara resmi oleh WhatsApp untuk memudahkan pemilik bisnis atau UMKM berkomunikasi dengan pelanggannya. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Android atau iOS. Dari sisi penggunaan, kegunaannya sama dengan WhatsApp biasa, hanya saja WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur pesan otomatis dan pengaturan pesan.

Apa itu WhatsApp Business API?

Sementara itu, WhatsApp Business API adalah WhatsApp yang dirancang untuk bisnis menengah ke atas. Tujuannya agar perusahaan bisa memaksimalkan WhatsApp untuk berkomunikasi secara lebih efisien dengan pelanggan. API atau Application Program Interface merujuk pada perangkat yang berfungsi untuk membangun software. API berisi serangkaian kode yang terkoneksi dengan software perusahaan, yang nantinya akan terkoneksi pula dengan WhatsApp.

Sederhananya, WhatsApp Business API bukanlah aplikasi seperti WhatsApp Business, melainkan sebuah perangkat yang bisa dioptimalkan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan lewat WhatsApp.

Fitur-fitur pendukung keduanya

Fitur-fitur pendukung pada kedua aplikasi ini pun berbeda. Pada WhatsApp Business, Anda akan menemukan tiga fitur utama, yaitu profil bisnis, statistik, dan perangkat pesan. Pada fitur profil bisnis, Anda bisa memasukkan informasi mengenai perusahaan seperti alamat, website, dan alamat email.

Fitur statistik berfungsi untuk menganalisis jumlah pesan yang diterima, dibaca, dan dikirim. Anda bisa melihat seberapa banyak pesan yang masuk ke nomor WhatsApp Anda. Sedangkan fitur perangkat pesan berfungsi untuk memberikan respons cepat pada konsumen. Misalnya dengan mengatur Quick Reply, Greeting Message, Conversation Label, dan Broadcast Message.

Sedangkan salah satu fitur WhatsApp Business API adalah chatbot, yang tidak akan Anda temukan pada WhatsApp biasa maupun WhatsApp Business. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur jawaban atas pertanyaan umum yang sering diajukan pelanggan di WhatsApp Business. Fitur ini akan memberikan balasan otomatis ketika pelanggan mengajukan pertanyaan yang sifatnya umum.

 

Fitur lainnya adalah Multi-Agent Access yang memungkinkan aplikasi WhatsApp Business diakses oleh beberapa orang pada waktu bersamaan. Dengan begini, perusahaan akan semakin sigap memberikan balasan kepada pelanggan. Walaupun pesan yang masuk banyak, hal ini tidak akan menjadi masalah lagi. Respons yang cepat juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business dan WhatsApp Business API dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Pada bisnis skala kecil, WhatsApp Business sudah sangat membantu untuk berkomunikasi dengan pelanggan lewat berbagai fitur yang disediakan. Menggunakan WhatsApp Business juga akan membedakan penggunaan aplikasi untuk keperluan pribadi dan bisnis, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengelola kepentingan bisnis.

Di sisi lain fungsi WhatsApp Business API adalah untuk Customer Service Support Tool juga, di mana ketika disambungkan dengan chatbot, fitur respons otomatis akan berperan sebagai customer service 24 jam. Pelanggan bisa mendapatkan informasi kapan saja karena jawaban atas pertanyaan mereka sudah diatur secara otomatis. Fitur lainnya seperti profil, lencana, dan katalog juga bermanfaat dalam membangun brand presence yang berkesan pada pelanggan.

Manfaat lainnya dari WhatsApp Business API adalah mendukung pengguna membangun profil bisnis yang kokoh dan bebas dari penipuan. Dengan melakukan Masking, sistem akan menampilkan akun resmi dari WhatsApp Business yang sudah dilengkapi dengan label “Akun Bisnis” dan centang hijau. Tandanya, akun sudah terverifikasi oleh WhatsApp dan menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun bisnis yang aman.

Cara mengakses WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Cara mengakses WhatsApp Business sangatlah mudah. Anda cukup mengunduhnya dari App Store atau PlayStore, kemudian masukkan nomor baru. Anda tidak bisa menggunakan nomor yang sama dengan WhatsApp biasa. Setelah berhasil masuk, Anda perlu mengatur profil bisnis Anda dan cantumkan informasi mengenai perusahaan.

Berbeda dari WhatsApp Business, WhatsApp Business API tidak bisa diunduh melalui App Store atau PlayStore. WhatsApp Business API hanya bisa diakses setelah diintegrasikan dengan platform Business Solution Provider resmi WhatsApp.

 

Itulah perbedaan antara WhatsApp Business API dan WhatsApp Business. WhatsApp Business API adalah media komunikasi dengan pelanggan yang juga menjadi perangkat customer service melalui fitur chatbot. Sementara itu, WhatsApp Business lebih fokus pada pesan teks. Anda bisa mendapatkan layanan ini melalui VADS Indonesia. Cukup klik di sini dan Anda bisa segera menggunakan WhatsApp Business untuk meningkatkan layanan pelanggan!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik