Berita
- VADS
- Berita
- Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?
Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?
12 Maret 2021
Dalam setiap layanan/produk yang kita berikan, tentunya kepuasan pelanggan menjadi target utama agar bisnis yang kita lakukan akan selalu berkembang. Dari segala pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan sendiri, nantinya mereka akan memberikan timbal balik seperti memberikan review positif ataupun negatif terhadap layanan/produk yang kita berikan. Dengan begitu kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik kita agar memiliki image yang baik dimata pelanggan.
Feedback sendiri merupakan suatu umpan balik berupa tanggapan untuk mengukur seberapa baik dan buruknya layanan/produk yang kita berikan berdasarkan pengalaman pelanggan. Lalu, seberapa pentingkah feedback itu? Mengapa kita harus memaksimalkan segala timbal balik dari pelanggan ?
Timbal balik yang diberikan oleh pelanggan dapat menjadi suatu aspek untuk Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dari layanan/produk yang diberikan, mengetahui kemauan yang dimiliki oleh pelanggan, dan tentunya untuk mengetahui tanggapan dari pelanggan mengenai kualitas layanan/produk Anda. Maka dari itu, bagaiman cara kita untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan? Berikut merupakan beberapa metode yang dapat Anda gunakanan untuk memperoleh timbal balik yang sempurna.
Metode Ampuh untuk Mendapatkan Timbal Balik Pelanggan
- Melakukan Survey
Survey sendiri merupakan salah satu metode yang sudah sering digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Ada berbagai macam tools atau media yang dapat Anda gunakan untuk membuat survey yang menarik seperti Microsoft Form, Google Form, Survey Monkey, Zoho Survey, dan masih banyak lagi.
Nantinya, survey akan berisi pertanyaan-pertanyaan yang tentunya dapat memberikan informasi tentang tanggapan pelanggan akan layanan/produk yang Anda berikan. Dengan begitu, berikanlah pertanyaan yang bersifat kolektif agar memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Buatlah juga konsep pertanyaan yang lebih menarik dan bervariasi seperti Multiple choice, Short answer dan Linear scale agar para pelanggan lebih berinisiatif dalam proses pengisian survey tersebut.
- Menggunakan Media Sosial
Yang sudah kita ketahui bersama bahwa media sosial merupakan salah satu kunci utama untuk memasarkan layanan/produk yang kita berikan. Media sosial sendiri dapat memungkinkan untuk Anda mendapatkan timbal balik dari para pelanggan mengenai bisnis yang kita miliki. Terdapat beberapa metode seperti menggunakan Polling, melalui kolom komentar/Reply dari postingan yang Anda sebarkan ataupun dengan Direct Message.
Polling
Platform seperti Instagram dan Twitter dapat menjadi media utama untuk Anda mendapatkan feedback dari para pelaggan. Instagram sendiri memiliki fitur yang bernama Stories yang nantinya Anda dapat menambahkan kolom polling disetiap stories yang Anda buat. Twitter memungkinkan Anda untuk menambahkan kolom polling disetiap tweet yang ingin dipublish.
Comment/Reply
Disetiap postingan yang Anda berikan dalam Instagram maupun Twitter, akan selalu tercantum kolom komentar agar pengikut/pelanggan Anda dapat memberikan ulasan ataupun pAndangan terhadap pengalaman yang mereka punya mengenai layanan/produk yang mereka terima. Dengan begitu Anda dapat membaca setiap komentar yang sudah ada dan menjadikannya sebagai timbal balik untuk layanan/produk Anda.
Direct Message
Tidak sedikit para pelanggan yang lebih memilih berinterakasi melalui pesan langsung lantaran informasi yang diberikan lebih jelas dan lebih terinci. Dengan begitu Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah informasi yang diberikan sudah jelas dan apakah mereka puas dengan informasi tersebut. Nantinya dengan jawaban yang mereka berikan, dapat dijadikan feedback untuk Anda. Alhasil Anda dapat mengevaluasi layanan Anda dari setiap jawaban yang sudah terkumpul.
- Sediakan Feedback Box
Banyak dari pelanggan ataupun calon pelanggan yang tidak terlalu sering menggunakan media sosial dan tentunya mereka akan mencari informasi melalui website resmi. Anda dapat menyediakan feedback box dalam website Anda seperti kolom Saran/Komentar ataupun kolom Emoji yang memperlihatkan ekspresi happy atau sad akan informasi yang sudah Anda berikan.
- Mengontak dengan email
Tentunya email menjadi salah satu data utama apabila pelanggan ingin menggunakan layanan yang Anda sediakan. Selain untuk menginformasikan tentang perkembangan layanan yang Anda berikan, email sendiri menjadi wadah untuk mendapatkan timbal balik dari pelanggan.
Anda dapat mengirimkan email berupa menanyakan apakah layanan yang mereka terima sesuai dengan keinginan ataupun juga menanyakan apakah mereka puas dengan layanan yang didapat. Dengan menggunakan email memungkinkan mereka untuk memberikan tanggapan dapat berupa teks ataupun lampiran berupa gambar/video.
- Tawarkan dan Sediakan Reward
Memberikan reward atau penawaran menarik seperti potongan harga , gratis ongkos kirim, free trial, ataupun memberikan sampel dapat menjadi salah solusi untuk Anda mendapatkan feedback dari pelanggan. Berikan akses untuk mendapatkan penawaran-penawaran tersebut kepada mereka dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar tanggapan pelanggan mengenai layanan/produk yang Anda berikan.
Demikian beberapa metode yang dapat Anda praktikan untuk memperoleh feedback yang memuaskan dari para pelanggan. Metode-metode ini diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat layanan/produk yang disediakan menjadi lebih baik lagi. VADS Indonesia tentunya menyediakan layanan yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk mengkonsultasikan rencana bisnis Anda dan informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan pelanggan perusahaan Anda.
Berita Terkait
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020