PT VADS Indonesia Penyedia Solusi Business Process Outsourcing Unggulan





Dalam tempo singkat sejak berdiri 6 tahun lalu, PT VADS Indonesia telah menjadi pemain utama di bidang business process outsourcing (BPO) di Indonesia.

Hal itu disebabkan PT VADS Indonesia memberi layanannya dengan standar Internasional. Tidak mengherankan, jika sejumlah perusahaan terkemuka di negeri ini telah mempercayakan pengelolaan contact center mereka kepada PT VADS Indonesia. Sejumlah penghargaan di tingkat lokal maupun bertaraf internasional pun telah diraih perusahaan ini.

Sebagai bagian dari komitmennya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan setianya sekaligus dalam upaya merangkul klien baru, PT VADS Indonesia menggelar CEO Golf Event pada 17 Januari 2015 di Sentul Highlands Golf Bogor. Dalam ajang penuh keakraban itu, hadir Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa (Group CEO Telekom Malaysia Bhd), Ahmad Azhar Yahya (Chief Customer Advocacy Telekom Malaysia), Massimo Migliuolo (Acting CEO VADS Bhd), Wardhani Soedjono (Presiden Direktur PT VADS Indonesia). Para eksekutif dari berbagai perusahaan pelanggan setia PT VADS Indonesia pun turut berpartisipasi, di antaranya Hasnul Suhaimi (CEO PT XL Axiata Tbk), dan Michael Wanandi (CEO Combiphar). “Kegiatan ini merupakan bagian dari customer engagement,” ujar Wardhani menegaskan.

Bagi PT VADS Indonesia, memberikan kepuasan kepada klien merupakan hal yang utama sehingga mampu mendorong peningkatan kinerja kliennya. Itu sebabnya, perusahaan ini memiliki sejumlah layanan berstandar internasional dengan level layanan bintang 5 sehingga mampu memberikan solusi bagi kebutuhan mereka. Berbagai solusi yang disediakan PT VADS Indonesia, yakni contact center services solution, customer services learning center, social media, human capital management, dan data center.

Untuk mendukung semua itu, perusahaan yang berdiri 1 Desember 2008 ini mempekerjakan SDM yang berpengalaman dan berpengetahuan setelah melalui beragam pelatihan. Seperti di garda terdepan, pelanggan dari klien PT VADS Indonesia akan dilayani oleh customer engagement champion (CEC) yang terlatih. “Saat ini total karyawan PT VADS Indonesia lebih dari 3.000 orang, sudah termasuk di kantor cabang Yogyakarta,” Wardhani menjelaskan.

Sama seperti PT VADS Indonesia, SDM bagi VADS Bhd Malaysia memegang peranan penting untuk membangun kepercayaan klien. “Saya kira tumbuhnya trust dan confidence dari klien menjadi sebuah keberhasilan bagi kami,” kata Ahmad Azhar Yahya, Chief Customer Advocacy Telekom Malaysia.

Untuk mencetak SDM unggulan, diperlukan pelatihan dengan mengunakan standar customer operations performance center (COPC). “Ini standar internasional yang dicari para klien karena mengusung layanan kelas dunia,” Ahmad Azhar menambahkan.

Kemudian untuk menggarap klien baru diperlukan pendekatan yang baik dengan berupaya memahami kebutuhannya. Pada prinsipnya semua klien menginginkan peningkatan kualitas layanan meningkat namun dengan biaya yang lebih efisien. Namun demikian, ekspektasi setiap klien berbeda-beda. Dan apa pun yang diinginkan kliennya, VADS Bhd akan berupaya mewujudkannya.

VADS Bhd yang telah berdiri sejak 25 tahun lalu, selain memberikan layanan contact center juga mengembangkan layanan information and communication technology (ICT). “Jadi itu dua bisnis utama kami. Ini menjadi kekuatan bagi VADS Bhd untuk membawa bisnis ICT ke pasar yang sedang berkembang. Bersamaan dengan itu, kemampuan melayani klien dalam layanan contact center terus ditingkatkan untuk memberikan nilai lebih pada klien,“ ujar Massimo Migliuolo, Acting CEO VADS Bhd.

Massimo lebih lanjut memaparkan, Indonesia ialah negara yang ekonominya terus berkembang sehingga perusahaan-perusahan di Indonesia akan memasuki dunia baru melalui layanan ICT dan Cloud Services.

Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairami Mohd Isa juga memiliki pandangan yang sama dengan Massimo bahwa Indonesia adalah pasar yang prospek bagi VADS. “Peluang di Indonesia ini sangat besar dan kami senang bisa membantu sektor bisnis di sini untuk menghemat biaya dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya.

Itu sebabnya, baik VADS Bhd maupun PT VADS Indonesia memiliki posisi penting bagi Telekom Malaysia, sebagai induk perusahaannya. “Kinerja PT VADS Indonesia sangat bagus dan saya bangga dengan pencapaiannya seperti dengan diraihnya penghargaan Internasional,” ungkap Tan Sri Dato.

Pelayanan prima yang diberikan PT VADS Indonesia sangat dirasakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL). Sebagaimana dipaparkan oleh Hasnul Suhaemi, CEO XL yang perusahaannya sudah 6 tahun menggunakan layanan contact center PT VADS Indonesia. Setelah menggunakan layanan tersebut, kinerja layanan XL terhadap pelanggannya secara bertahap terus meningkat dan biaya yang dikeluarkan semakin menurun.

“Dalam waktu 6 tahun terjadi penghematan cost mencapai 25%-27% dan kualitas layanan naik dari standar lokal menjadi standar dunia standar COPC,” ujarnya. Contact Center XL bahkan mendapatkan sejumlah penghargaan. Salah satunya penghargaan dalam Contact Center World Asia Pacific 2014.

Ke depan, meski sudah banyak kliennya yang merasa puas, PT VADS Indonesia akan tetap meningkatkan pelayanannya hingga menjadi yang terbaik di industrinya. “Kami juga akan mencoba bergerak di bidang ICT dan data analytics,” ujar Wardhani, memaparkan rencana bisnis PT VADS Indonesia selanjutnya, di Indonesia.

Photo Galery

PT VADS Indonesia Penyedia Solusi Business Process Outsourcing Unggulan


Latest News