Membangun Customer Experience dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Publik





Perkembangan teknologi dan dunia digital yang pesat membawa banyak perubahan ke dalam sektor kehidupan manusia, termasuk dalam jasa layanan contact center.

Ok _MG_4545_r

Perkembangan teknologi dan dunia digital yang pesat membawa banyak perubahan ke dalam sektor kehidupan manusia, termasuk dalam jasa layanan contact center.

PT VADS Indonesia, yang berfokus kepada layanan outsourcing contact center, sangat menyadari hal tersebut. Terbukti PT VADS sukses mengembangkan terobosan baru dengan model Omni-Channel. Diharapkan sistem baru yang lebih lengkap ini mampu memuaskan semua stake holder PT VADS Indonesia.

Untuk memperkuat sosialisasi dan produk yang dimiliki oleh PT VADS Indonesia, tanggal 15 Agustus 2017 yang lalu, PT VADS Indonesia mengadakan seminar sehari dengan tajuk: Membangun Customer Experiencedalam Meningkatkan Kualitas Layanan Publik, di Hotel JW Marriot Mega Kuningan Jakarta. Acara ini sendiri dikhususkan mengundang peserta dari pemerintahan dan BUMN.

“Lewat Omni-Channel ini kami bisa melihat profil customer lebih mendalam. Di era digital ini customer bukan hanya voice, tapi juga aktif dalam digital channel,” ujar Deddy Hermansyah, Chief Marketing Officer dari PT VADS Indonesia.

Salah satu sistem baru yang diperkenalkan pada acara tersebut adalah crawling. “Sistem ini bisa menampilkan aktivitas customer di social media dengan detil. Dan diharapkan dengan inovasi ini mampu merespon keluhan dengan lebih cepat, dengan solusi yang tepat,” jelas Deddy Hermansyah.

Banyaknya inovasi baru yang dikembangkan oleh PT VADS Indonesia diakui oleh salah satu klien mereka, BPJS Ketenagakerjaan. Dengan total peserta 49,1 juta jiwa, BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan servis yang berbeda untuk menyapa customer mereka. PT VADS Indonesia memberikan servis khusus yang disebut 3C (Collection Contact Center), dengan tiga channel: voice, email dan SMS.

“Tidak mungkin kami layani one by one. Contact center yang baik : mudah diakses, responnya cepat, dan memberi solusi saat itu juga. Berkat PT VADS Indonesia, collection kami meningkat, terutama di sektor usaha mikro,” ujar Zainudin, Kepala Divisi Pengelolaan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan pelayanan yang prima, membuat PT VADS Indonesia dipercaya banyak perusahaan baik swasta maupun pemerintahan. Total ada 50 klien dan 69 projects yang ditangani oleh PT VADS Indonesia.

Pujian datang dari salah satu pembicara yang hadir pada seminar tersebut. Bapak Rela Ginting, Deputi Direktur Pelayanan Konsumen Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada layanan PT VADS Indonesia. “PT VADS Indonesia memberikan komitmen untuk mengajak perusahaan mengelola contact center dengan lebih baik,” Rela Ginting memberi pujian.

Pengakuan sebagai perusahaan pemberi layanan contact center nomor satu juga datang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Ada dua hal yang harus dilihat dari kerja sama Kominfo dengan PT VADS Indonesia. Pertama Kominfo sebagai pemberi izin regulasi, dan yang kedua sebagai klien PT VADS Indonesia, setelah memenangkan tender lelang resmi dari Kominfo,” jelas Iskandar, Kasubdit Penomoran Call Center Telekomunikasi dan Informatika Kominfo.

Untuk ke depannya, PT VADS Indonesia akan selalu terus memberikan layanan terbaiknya untuk para klien dan customer. “Kami siap go international. SDM Indonesia tidak kalah dengan negara lain,” tutup Deddy Hermansyah.  (*)

Photo Galery

Membangun Customer Experience dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Publik


Latest News