Contact Center Sebagai Pendukung Organisasi Modern Dalam Persaingan Global





Peran Contact Center sebagai Pendukung Organisasi yang Modern dan Bersaing di Tingkat Nasional dan Global.

Contact Center Sebagai PEndukung Organisasi Modern

Siapa yang menyangka contact center yang kita kenal saat ini dalam membantu layanan pelanggan, dulu hanyalah sebuah fungsi yang dianggap sebelah mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, ketersediaan contact center sudah menjadi revenue center dan point of contact dalam memberikan pelayanan dan transaksi bisnis bagi perusahaan.

Banyaknya tuntutan masyarakat terhadap layanan publik yang ideal menjadikan PT VADS Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing (BPO) menyadari pentingnya contact center untuk dapat mewujudkan organisasi modern sesuai dengan tata kelola pemerintah yang baik dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun global.

Untuk itulah PT VADS Indonesia menyelenggarakan seminar dengan tema “Peran Contact Center sebagai Pendukung Organisasi Modern dan Bersaing di Tingkat Nasional dan Global”. Seminar yang diikuti oleh para eksekutif dari sektor pemerintah meliputi Public Sector dan BUMN ini diadakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Selasa, 15 September 2015.

Seminar bertujuan untuk menaikkan awareness pemerintah maupun perusahaan pemerintah. Sektor ini dipandang cukup strategis dalam menaikkan kualitas pemerintahan dengan menaikkan kualitas layanan yang ada pada masing-masing unit. Selain itu, PT VADS Indonesia ingin menunjukkan kepada sektor ini bahwa semua permasalahan yang terkait dengan contect center dapat dibantu oleh PT VADS Indonesia.

Seperti yang disampaikan Wardhani Soedjono, Presiden Direktur PT VADS Indonesia, solusi yang ditawarkan oleh PT VADS Indonesia adalah Convergent Customer Experience dimana layanan contact center maupun ICT digabung menjadi satu, sehingga customer bbisa mendapatkan layanan sekaligus. “Dan yang utama, kami ingin tetap menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan,” imbuh Dhani.

Dalam mendukung kinerja pemerintah menjadi organisasi modern dan bersaing di tingkat nasional dan global, contact center telah mengambil perannya dalam mewujudkan tujuan tersebut. Hal ini seperti disampaikan Ir. Woro Indah Widiastuty, M.T, Staf Ahli Kemenkominfo Bidang Teknologi, bahwa sektor IT memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi global, salah satunya keberadaan teknologi berbasis cloud dalam contact center.

Contact center  menjadi representasi perusahaan ke pelanggan dan tantangan kedepan yang harus dihadapi adalah bagaimana contact center, yang notabene masih cost center Transform menjadi Revenue center. “Untuk mendukung hal tersebut fungsi teknologi sangat dominan, dengan kombinasi antara profiling dan analitik, pelayanan di contact center akan dirasakan manfaatnya dan mendapatkan value of money,” ujar Woro.

Mahmoud Dasser, Vice President Partnership & Marketing VADS Berhard menambahkan bahwa contact center sangat mempengaruhi pelanggan di segala bidang karena merupakan interface pertama pelanggan dengan perusahaan. Berdasarkan pengalamannya mengelola contact center di regional, dengan teknologi yang tepat pelanggan dapat menyampaikan tingkat kepuasannya sehingga kepercayaan investor semakin tinggi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, peran contact center pun ikut berubah, karena orang dengan mudah terhubung dengan social media. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah mengelola saluran-saluran tersebut menjadi satu dan tetap konsisten, dan Customer Engagement Champion (CEC) yang dimiliki oleh PT VADS Indonesia, sudah berpengalaman mengelola tantangan tersebut.

Dengan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap layanan pemerintah maka kepercayaan investor terhadap negara ini juga meningkat, hal ini tentunya akan berdampak pada kemajuan ekonomi. PT VADS Indonesia sudah bersiap di sisi back end,dalam hal ini pengelolaan contact center untuk mendukung sekaligus memperbaiki image pemerintah dalam meningkatkan layanannya.

Menurut Deddy S. Hermansyah, Head of Business Development PT VADS Indonesia, kendala yang dihadapi dalam pengelolaan contact center dapat dilewati dengan baik karena PT VADS Indonesia sudah memiliki persiapan, pengalaman, pengetahuan, kompetensi, SOP, aturan dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Disamping capable, yang sangat penting layanan contact center pemerintah juga harus memiliki standar nasional dan end to end service. Dan PT VADS Indonesia siap menjawab tantangan tersebut.

Photo Galery

Contact Center Sebagai Pendukung Organisasi Modern Dalam Persaingan Global


Latest News